Selasa, 28 April 2020

ROTI HIDUP (BAGIAN-2)












SELASA, 28 APRIL 2020

KISAH 7:51-8:1a 

Stefanus mengatakan orang Israel keras kepala dan menentang Roh Kudus bahkan membunuh nabi-nabi dan orang-orang yang memberitakan tentang kedatangan orang benar dan menyalibkan Yesus. 

Stefanus dilempari batu hingga mati tetapi ia mengampuni mereka dan Saulus setuju Stefanus mati dibunuh. 

MAZMUR 31:3cd-4,6ab,7b,17,21ab 

Jadilah bagiku gunung batu tempat perlindungan, kubu pertahanan untuk menyelamatkan aku!  Sebab Engkau bukit batuku dan pertahananku, dan oleh karena namaMu Engkau akan menuntun dan membimbing aku. Ke dalam tanganMulah kuserahkan nyawaku 

YOHANES 6:30-35 

Maka kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya bukan Musa yang memberikan kamu roti dari sorga, melainkan BapaKu yang memberikan kamu roti yang benar dari sorga. Karena roti yang dari Allah ialah roti yang turun dari sorga dan yang memberi hidup kepada dunia." 

RENUNGAN 

Selanjutnya Yesus menjelaskan kepada Nikodemus tentang roti dari sorga yang memberikan kekuatan untuk hidup

Kita tahu roti dari sorga itu Firman Allah maka seharusnya tidak diragukan lagi bahwa Firman Allah memberikan kita kekuatan untuk hidup di dunia ini dan menuntun kita kepada kehidupan kekal di Sorga bila kita hidup di dalam kebenaran Firman Allah atau kebenaran Allah. 

Tetapi mengapa masih banyak diantara kita umat kristiani tidak memilih roti dari sorga sebagai makanan utama hidupnya melainkan memilih makan roti dari dunia. 

Ada tiga penyebabnya
1. Tidak tahu kegunaan roti dari sorga 
2. Tahu tetapi tidak mengerti manfaatnya 
3. Tidak mau makan roti dari sorga 

Kita tidak usah menghakimi mereka yang tidak tahu kegunaan roti dari Sorga dan tidak usah berdebat pada yang tidak mau makan roti dari sorga sebagai makanan utama bagi dirinya. 

Bagian Kita adalah memberitahukan tentang roti dari sorga dan kegunaannya, lalu setelah itu kita doakan mereka. 

Bangsa Israel selama di padang gurun telah menerima roti dari sorga berupa manna yang menjadi makanan utama setiap hari selama 40 tahun...wow. 

Yohanes 6:31 
Nenek moyang kami telah makan manna di padang gurun, seperti ada tertulis: Mereka diberiNya makan roti dari sorga. 

Artinya ada dua jenis roti dari sorga yakni berupa manna atau roti sebagai makanan bagi tubuh jasmani dan makanan rohani. 

Apa maksudnya? mari kita simak berikut ini yang dikatakan Musa kepada bangsa Israel tentang roti dari sorga. 

Ulangan 8:3 
Jadi Allah merendahkan hatimu, membiarkan engkau lapar dan memberi engkau makan manna, yang tidak kaukenal dan yang juga tidak dikenal oleh nenek moyangmu, untuk membuat engkau mengerti, bahwa manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi manusia hidup dari segala yang diucapkan Tuhan

Roti yang dimakan untuk tubuh jasmani diberikan Allah kepada kita berupa rejeki atau berkat materi (keuangan) supaya dapat membiayai keperluan hidup kita. 

Namun ada sebagian orang mengklaim rejeki yang diperolehnya adalah hasil dari jerih payahnya dari kemampuan dirinya. 

Eitt ... nanti dulu, coba perhatikan Firman Allah yang merupakan makanan rohani: 

Ulangan 8:17-18 
Maka janganlah kaukatakan dalam hatimu: Kekuasaanku dan kekuatan tangankulah yang membuat aku memperoleh kekayaan ini. 
Tetapi haruslah engkau ingat kepada Tuah Allahmu, sebab Dialah yang memberikan kepadamu kekuatan untuk memperoleh kekayaan, dengan maksud meneguhkan perjanjian yang diikrarkanNya dengan sumpah kepada nenek moyangmu, seperti sekarang ini. 

Selanjutnya, 

Ada yang masih penasaran tentang roti dari sorga memberikan kekuatan untuk hidup dengan mengatakan mengapa Stefanus mati dirajam di bacaan pertama hari ini sebab menurutnya apa gunanya makan roti dari sorga jika mati konyol. 

Atau ada yang bilang begini: 
Mengapa orang baik cepat mati dan orang jahat hidupnya lama? 

Mengapa orang yang rajin berdoa dan rajin beribadah ke Gereja bahkan aktif pelayanan di lingkungan dan komunitas rohani malah hidupnya pas-pasan dan serba kekurangan sedangkan orang yang jarang ke gereja yang sibuk kerja, malah hidupnya kaya serba berkelebihan? 

Mana itu katanya Tuhan Allah benteng hidup kita seperti kata Mazmur hari ini bila keadaan hidup susah dan menderita. 

Mazmur 31:4-5 
Sebab Engkau bukit batuku dan pertahananku, dan oleh karena namaMu Engkau akan menuntun dan membimbing aku. Engkau akan mengeluarkan aku dari jaring yang dipasang orang terhadap aku, sebab Engkaulah tempat perlindunganku. 

Menurut pendapatnya hal tersebut diatas menjadi penyebab kenapa banyak orang tidak mengandalkan Firman Tuhan, roti dari sorga itu makanan utama hidupnya? 

Jawabannya sederhana saja yaitu orang ini belum memahami apa itu roti dari sorga dan kegunaannya sehingga ia tidak dapat memahami apa arti memberikan kekuatan hidup. 

Sebab pengertian hidup menurutnya ialah sebatas hidup banyak harta dunia yang diyakini membuat hidupnya bahagia di dunia saat ini dan tidak mempersiapkan diri hidup kekal di Sorga. 

Adalah baik baginya intropeksi diri
1. Apa tujuan utama hidup di dunia ini? 
2. Apa saja telah dilakukannya selain cari 
    duit dan kumpulkan harta dunia? 
3. Apakah rohnya sudah diberi makanan 
    rohani bergizi berupa Firman Allah? 
4. Apa pendapatnya menilai orang baik 
    dan orang jahat, apa ukurannya? 

Dari jawaban orang ini maka kita akan mengetahui apakah ia memahami atau belum tentang roti dari sorga memberikan kekuatan untuk hidup di dunia ini dan untuk hidup kekal di Sorga. 

Mari renungkan Firman Allah berikut ini sampai meresap kedalam hati nurani kita, setelah itu masihkah kita bertanya apa gunanya makan roti dari sorga? 

Matius 16:26 
Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya? 

1 Timotius 6:7 
Sebab kita tidak membawa sesuatu apa ke dalam dunia dan kitapun tidak dapat membawa apa-apa ke luar. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com