Kamis, 23 April 2020

BEROLEH HIDUP KEKAL (BAGIAN-2)














KAMIS, 23 APRIL 2020

KISAH 5:27-33 

Petrus dan rasul-rasul kembali dibawa kepada Mahkamah Agama yang memang bermaksud membunuh mereka karena memberitakan tentang Yesus bangkit dari mati di salib berulangkali. 

MAZMUR 34:2,9,17-20 

Kemalangan orang benar banyak, tetapi Tuhan melepaskan dia dari semuanya itu; Apabila orang-orang benar itu berseru-seru, maka Tuhan mendengar, dan melepaskan mereka dari segala kesesakannya. 

YOHANES 3:31-36 

Yohanes Pembatptis bersaksi tentang Yesus, Anak Allah diutus menyampaikan Firman Allah dan barangsiapa percaya pada Yesus maka beroleh hidup kekal. 

RENUNGAN 

Bacaan Injil hari ini Yohanes Pembaptis menjelaskan tentang siapa diri Yesus sesungguhnya. 

Yohanes 3:32-33  
Ia memberi kesaksian tentang apa yang dilihatNya dan yang didengarNya, tetapi tak seorangpun yang menerima kesaksianNya itu. Siapa yang menerima kesaksianNya itu, ia mengaku, bahwa Allah adalah benar. 

Salahsatu penyebab utama seseorang tidak percaya kepada Yesus adalah Yesus itu sungguh manusia, sungguh  Allah, Pribadi Allah Putera dari Allah Tritunggal MahaKudus. 

Termasuk umat kristiani masih banyak ragu-ragu mengakui Yesus adalah Tuhan di dalam hati dan pikirannya karena hanya mendengar saat katekese dan sekali-kali dengar atau baca renungan tentang Allah Tritunggal Maha Kudus. 

Ada yang berpendapat lebih baik berdoa menyebut nama BAPA karena keraguan menyebut nama TUHAN YESUS. 

Sebagian umat Katolik lebih intim berdoa dengan Bunda Maria daripada berdoa kepada TUHAN YESUS. 

Padahal Allah meninggikan nama Yesus diatas segala nama yakni Nama Yesus penuh Kuasa Allah dimana segala yang ada di langit, diatas bumi, dibawah bumi bertekut lutut sebab Yesus Kristus adalah Tuhan. 

Filipi 2:9-11 
Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepadaNya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa! 

Ironi bila ada seorang kristiani tidak mau atau alergi berdoa dalam nama Yesus !!! 

Ingatlah apa yabg dikatakan Yesus bila ada orang tidak mengakuiNya maka Yesus tidak akan mengakuinya juga. 

Matius 10:32-33 
Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Aku juga akan mengakuinya di depan BapaKu yang di sorga. Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, Aku juga akan menyangkalnya di depan BapaKu yang di sorga." 

Dalam bacaan pertama, imam-imam di Mahkamah Agama melarang Petrus dan rasul-rasul lainnya mengajar dalam nama Yesus sebab mereka tidak mengakui Yesus adalah Mesias, dan tidak mengakui Yesus adalah Allah. 

Kisah 5:27-28 
Mereka membawa keduanya dan menghadapkan mereka kepada Mahkamah Agama. Imam Besar mulai menanyai mereka, katanya: "Dengan keras kami melarang kamu mengajar dalam Nama itu. Namun ternyata, kamu telah memenuhi Yerusalem dengan ajaranmu dan kamu hendak menanggungkan darah Orang itu kepada kami." 

Imam Besar saja bersikukuh tidak mau mengakui Yesus adalah Allah padahal mereka beriman kepada Allah. 

Bukankah sama halnya seorang kristiani beriman kepada Yesus tetapi ragu-ragu atau tidak mengakui Yesus adalah Tuhan 

Oleh sebab itu, mari saudara/i-ku dalam Yesus Kristus; rendahkan dirimu dan janganlah mengandalkan pendapatmu sendiri berdasarkan kepintaranmu saja tetapi baca, renungkan Firman Tuhan agar pikiranmu dikosongkan dari pikiran berdasarkan pendapat dunia tentang siapa Yesus sesungguhnya? 

Banyak orang kristiani membaca filsafat dan pendapat para ahli dunia terkenal dna dikaguminya sehingga mengabaikan Firman Tuhan tertulis di Alkitab karena beranggapan tidak ada gunanya dibaca. 

Rasul Paulus menyadari akan hal ini dan beliau menasehati bahwa: 

2 Korintus 10:5 
Kami mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Allah. Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus 

Tidak mau belajar memahami Firman Tuhan, lalu menjelek-jelekan ajaran yang tertulis di Alkitab, selanjutnya memuji diri sendiri banyak belajar pengetahuan dan filsafat orang yang reputasinya hebat diakui dunia. 

Sedangkan nama Yesus diremehkan dan tidak sedikit menghina Yesus bagi yang belum beriman kepada Yesus dan bagi yang beriman kepada Yesus malah mulai ragu bahkan menyangkal Yesus secara diam-diam dalam hati dan pikirannya meski statusnya agama kristen/katolik. 

Bila orang kristiani ini tidak bertobat maka jangan menyesal dia kehilangan Anugerah hidup kekal yang diterimanya pada saat ia dibaptis dan akibatnya ia akan menerima hukuman dari Allah. 

Yohanes 3:16 
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. 

Yohanes 3:36 
Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya. 

Hiduplah di dalam kebenaran Tuhan sebab tidak cukup mengaku percaya pada Yesus tetapi tidak memahami siapa Yesus sesungguhnya di dalam hidupnya. 

Matius 7:21 
Bukan setiap orang yang berseru kepadaKu: Tuhan, Tuhan! Akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak BapaKu yang di sorga.

Sudahlah tinggalkan cara hidup duniawi 
Sudah saatnya mengarahkan pikiran dan hati kepada hal-hal rohani serta hiduplah di dalam kebenaran Tuhan maka niscaya akan sampai pada hidup kekal di Sorga. 

Hari telah senja dan sebentar lagi malam diliputi kegelapan maka hendaklah kita menyongsong esok hari memancar sinar terang benderang yang menuntun kita ke jalan kehidupan abadi, kekal selamanya. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com