Kamis, 09 April 2020

YESUS MEMBASUH KAKI MURID2NYA










KAMIS, 9 APRIL 2020

KELUARAN 12:1-8,11-14 

Paskah bagi orang bangsa Israel adalah mengenang penyelamatan Tuhan yang membebaskan mereka sebagai budak di Mesir dimana malam sebelum mereka keluar dari Mesir di setiap rumah diberi tanda darah di pintu rumah mereka. 

Tuhan Allah berpesan pada bangsa Israel 
Hari ini akan menjadi hari peringatan bagimu. Kamu harus merayakannya sebagai hari raya bagi Tuhan turun temurun. Kamu harus merayakannya sebagai ketetapan untuk selamanya. 

MAZMUR 116:12-18 

Bagaimana akan kubalas kepada Tuhan segala kebajikanNya kepadaku? 
Aku akan mempersembahkan korban syukur kepadaMu, dan akan menyerukan nama Tuhan, akan membayar nazarku kepada Tuhan di depan seluruh umatNya. 

YOHANES 13:1-15 

Lalu bangunlah Yesus dan menanggalkan jubahNya. Ia mengambil sehelai kain lenan dan mengikatkannya pada pinggangNya, kemudian Ia menuangkan air ke dalam sebuah basi, dan mulai membasuh kaki murid-muridNya lalu menyekanya dengan kain yang terikat pada pinggangNya itu. 

Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamupun wajib saling membasuh kakimu; sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu. 

RENUNGAN 

Malam perpisahan bangsa Israel akan keluar dari Mesir sungguh menegangkan karena ancaman Firaun raja Mesir akan menangkap mereka bila esok hari mereka meninggalkan rumah di Mesir menuju tanah terjanji dan peristiwa ini dikenang sebagai Paskah bagi bangsa Israel. 

Malam perpisahan Yesus dengan ke-12 muridNya sungguh mengharukan dimana Yesus membasuh kaki murid-muridNya sebelum esok hari Yesus ditangkap dan di salib dan bangkit yang dikenang umat kristiani sebagai hari Paskah. 

Kedua peristiwa Paskah ini bermakna bagi umat kristiani menunjukkan Tuhan Allah menyelamatkan kita manusia dari perbudakan yakni budak dosa yang membelenggu kebebasan diri kita untuk mendekat kepada Tuhan Allah. 

Oleh pengorbanan Yesus maka kita tidak lagi menjadi budak dosa tetapi menjadi anak-anak Allah. 

Roma 8:15 
Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: "ya Abba, ya Bapa!" 

Dosa mengakibatkan hubungan kita dengan Tuhan Allah terputus dan juga merusak hubungan kita kepada sesama manusia sehingga tidak ada lagi kasih kepada Allah dan kepada sesama. 

Yesus membasuh kaki murid-muridNya hendak menunjukkan Kasih Tuhan Allah kepada manusia dengan membersihkan noda dosa manusia. 

Yesus berpesan agar mereka saling membasuh kaki mereka artinya supaya mereka saling mengasihi. 

Semoga kita selalu mengingat  makna pembasuhan kaki yang Yesus lakukan kepada para muridNya dan melakukan pembasuhan kaki kepada sesama kita dengan melakukannya setiap hari. 

Jangan sampai makna pembasuhan kaki ini hanya dilakukan pada saat perayaan kamis putih mengenang perjamuan Yesus terakhir kali dengan murid-muridNya. 

Sebab setiap hari kita berjumpa dengan orang lain yang membutuhkan uluran tangan kita menolong kesusahan mereka, artinya kita membasuh kaki sesama. 

Filipi 2:4 
Janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga. 

Semoga kita saling membasuh kaki dan tidak hanya membebani orang lain basuh kaki kita sedangkan kita tidak mau basuh kaki orang lain sebab Yesus menghendaki kita saling membasuh kaki kita. 

Artinya kita saling tolong menolong dalam segala bidang kehidupan ini. 

2 Korintus 8:14 
Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan. 

Yakobus 5:16 
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com