Rabu, 08 April 2020

JANGAN MENGKHIANATI YESUS









RABU, 8 APRIL 2020

YESAYA 50:4-9a 

Tuhan Allah menolong aku; sebab itu aku tidak mendapat noda. Sebab itu aku meneguhkan hatiku seperti keteguhan gunung batu karena aku tahu, bahwa aku tidak akan mendapat malu. Dia yang menyatakan aku benar telah dekat. Siapakah yang berani berbantah dengan aku? Marilah kita tampil bersama-sama! Siapakah lawanku berperkara? Biarlah ia mendekat kepadaku! 

MAZMUR 69:8-10,21-22,31-34 

Aku telah menjadi orang luar bagi saudara-saudaraku, orang asing bagi anak-anak ibuku; sebab cinta untuk rumahMu menghanguskan aku, dan kata-kata yang mencela Engkau telah menimpa aku. Aku meremukkan diriku dengan berpuasa, tetapi itupun menjadi cela bagiku; 

MATIUS 26:14-25 

Ketika mereka sedang makan, Ia berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya seorang di antara kamu akan menyerahkan Aku." Ia menjawab: "Dia yang bersama-sama dengan Aku mencelupkan tangannya ke dalam pinggan ini, dialah yang akan menyerahkan Aku. 

RENUNGAN 

Yudas melangkah lebih jauh dari semula mengingkari imannya, akhirnya 'menjual' Yesus dengan imbalan 30 uang perak rela mengkhianati Yesus. 

Matius 26:14-16 
Kemudian pergilah seorang dari kedua belas murid itu, yang bernama Yudas Iskariot, kepada imam-imam kepala. Ia berkata: "Apa yang hendak kamu berikan kepadaku, supaya aku menyerahkan Dia kepada kamu?" Mereka membayar tiga puluh uang perak kepadanya. Dan mulai saat itu ia mencari kesempatan yang baik untuk menyerahkan Yesus. 

Coba renungkan masing-masing pribadi kita; apakah aku 'menjual Yesus' untuk keuntungan diriku? apakah aku khianati Yesus dengan meninggalkan Yesus dari kehidupanku karena beralih kepada yang lain diluar Yesus? 

Memang tidak persis seperti dilakukan Yudas yang menyerahkan Yesus kepada imam kepala tetapi bisa sama artinya bila kita mengabaikan Yesus karena sibuk mencari uang atau sampai kita lepaskan iman percaya kepada Yesus. 

Berbohong termasuk dosa mengkhianati Yesus seperti dilakukan Yudas: 

Matius 26:25 
Yudas, yang hendak menyerahkan Dia itu menjawab, katanya: "Bukan aku, ya Rabi?" Kata Yesus kepadanya: "Engkau telah mengatakannya." 

Bukankah banyak orang berdalih atau cari alasan ketika ia fokus mengutamakan uang daripada setia kepada Yesus??? 

Tahukah anda, apa yang Yesus kehendaki agar kita lakukan? 

Pertama 
Kita berbuat seperti Yesus perbuat 

Yohanes 14:12 
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepadaKu, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. 

Lukas 4:43 
Yesus berkata kepada mereka: "Juga di kota-kota lain Aku harus memberitakan Injil Kerajaan Allah sebab untuk itulah Aku diutus." 

Kedua 
Kita menjadi sahabatNya dan melakukan yang dikehendakiNya 

Yohanes 15:14 
Kamu adalah sahabatKu, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu. 

Ketiga 
Kita mengasihi Yesus 

Yohanes 14:15,21 
"Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintahKu. Barangsiapa memegang perintahKu dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh BapaKu dan Akupun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diriKu kepadanya." 

Dengan melakukan kehendak Yesus maka kita tidak akan mengkhianati Yesus meskipun harus menderita bahkan harus mati demi Yesus. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com