Rabu, 15 April 2020

YESUS BANGKIT (BAGIAN-2)









SELASA, 14 APRIL 2020

KISAH 2:36-41 

Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus. 

Jawab Petrus kepada mereka: Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus. 

MAZMUR 33:4-5,18-22 

Sesungguhnya, mata Tuhan tertuju kepada mereka yang takut akan Dia, pada mereka yang berharap akan kasih setiaNya, untuk melepaskan jiwa mereka dari pada maut dan memelihara hidup mereka pada masa kelaparan. 

YOHANES 20:11-18 

Maria Magdalena menangis tatkala ia melihat kubur kosong dan ia mengira Yesus diambil orang. 

Ketika Yesus menampakan diri dihadapan Maria Magdalena, lalu menyapanya maka barulah ia menyadari itu adalah Yesus. 

Kemudian ia mengabarkan bahwa Yesus telah bangkit kepada para murid lainnya sesuai yang dipesan Yesus kepadanya. 

RENUNGAN 

Maria Magdalena menangis menunjukkan kesedihan hatinya merasa ditinggalkan Yesus, penyelamatan hidupnya yakni dibebaskan dari belenggu tujuh roh jahat. 

Lukas 8:2 
dan juga beberapa orang perempuan yang telah disembuhkan dari roh-roh jahat atau berbagai penyakit, yaitu Maria yang disebut Magdalena, yang telah dibebaskan dari tujuh roh jahat 

Markus 16:9 
Setelah Yesus bangkit pagi-pagi pada hari pertama minggu itu, Ia mula-mula menampakkan diriNya kepada Maria Magdalena. Dari padanya Yesus pernah mengusir tujuh setan. 

Maria Magdalena juga yang meminyaki Yesus dengan rempah-rempah. 

Markus 16:1 
Setelah lewat hari Sabat, Maria Magdalena dan Maria ibu Yakobus, serta Salome membeli rempah-rempah untuk pergi ke kubur dan meminyaki Yesus. 

Apa yang dilakukan Maria Magdalena menunjukkan kepada kita tentang sikap seorang yang bersyukur dan terimakasih kepada Tuhan telah menolong dirinya dan telah menyelamatkan hidupnya. 

Demikian juga orang yang telah diampuni dosanya biasanya lebih mendekatkan diri di hadapan Tuhan karena bersyukur dan terimakasih telah diampuni dosanya

Mazmur 32:1-2 
Berbahagialah orang yang diampuni pelanggarannya, yang dosanya ditutupi! Berbahagialah manusia, yang kesalahannya tidak diperhitungkan Tuhan, dan yang tidak berjiwa penipu! 

Tidak heran, Yesus menampakan diriNya pertamakali di hadapan Maria Magdalena dan bukan di hadapan ke-11 muridNya sebab Maria Magdalena hancur hatinya melihat Yesus disiksa, mati dan di kubur menunjukan betapa Maria Magdalena sungguh mengasihi Yesus. 

Mazmur 34:19 
Tuhan itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya. 

Kita tahu makna kebangkitan Yesus ialah hidup baru atau kehidupan baru bagi kita maka dari itu hendaknya pertobatan sejati kita lakukan agar kita hidup baru di dalam Tuhan dan hidup dalam KasihNya. 

Jangan sampai hari ini bertobat, lalu esok kumat berdosa lagi artinya kembali pada kehidupan lama penuh dosa. 

2 Petrus 2:20,22 
Sebab jika mereka, oleh pengenalan mereka akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus, telah melepaskan diri dari kecemaran-kecemaran dunia, tetapi terlibat lagi di dalamnya, maka akhirnya keadaan mereka lebih buruk dari pada yang semula. Bagi mereka cocok apa yang dikatakan peribahasa yang benar ini: "Anjing kembali lagi ke muntahnya, dan babi yang mandi kembali lagi ke kubangannya." 

Kita tidak cukup di baptis, kemudian kita menjalani hidup seperti kehidupan lama sebelum dibaptis dan baru datang pada Yesus tatkala membutuhkan pertolongan atau meminta berkat materi dunia. 

Kita hendaknya tahu berterimakasih dan bersyukur seperti Maria Magdalena yang mendatangi kubur Yesus pagi-pagi sekali artinya kita datang kepada Yesus dengan kerinduan hati berjumpa dengan Yesus. 

Kita rindu setiap hari datang menghadap Yesus sebagaimana dikehendakiNya agar kita bersekutu dan berrelasi intim denganNya. 

Mazmur 84:11 
Sebab lebih baik satu hari di pelataranMu dari pada seribu hari di tempat lain; lebih baik berdiri di ambang pintu rumah Allahku dari pada diam di kemah-kemah orang fasik. 

Yohanes 4:24 
Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembahNya dalam roh dan kebenaran. 

Inilah sikap hidup baru dikehendaki Tuhan dan semoga kita bangkit dari sikap hidup menjauh dari Tuhan dengan datang pada Yesus mengungkapkan kerinduan kita berjumpa dengan Yesus seperti Maria Magdalena merindukan Yesus. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com