Selasa, 21 April 2020

DILAHIRKAN DARI AIR DAN ROH (BAGIAN-1)










SENIN, 20 APRIL 2020

KISAH 4:23-31 

Sekarang, ya Tuhan, lihatlah bagaimana mereka mengancam kami dan berikanlah kepada hamba-hambaMu keberanian untuk memberitakan firmanMu. Ulurkanlah tanganMu untuk menyembuhkan orang, dan adakanlah tanda-tanda dan mujizat-mujizat oleh nama Yesus, HambaMu yang kudus. 

Ketika mereka sedang berdoa, goyanglah tempat mereka berkumpul itu dan mereka semua penuh dengan Roh Kudus, lalu mereka memberitakan firman Allah dengan berani.  

MAZMUR 2:1-3,4-6,7-9 

Aku mau menceritakan tentang ketetapan Tuhan; Ia berkata kepadaku: "AnakKu engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini. Mintalah kepadaKu, maka bangsa-bangsa akan Kuberikan kepadamu menjadi milik pusakamu, dan ujung bumi menjadi kepunyaanmu. Engkau akan meremukkan mereka dengan gada besi, memecahkan mereka seperti tembikar tukang periuk." 

YOHANES 3:1-8 

Yesus berkata pada Nikodemus seorang pemimpin Yahudi datang menemui Yesus di waktu malam bahwa: jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat dan masuk ke dalam Kerajaan Allah. 

RENUNGAN 

Ada yang menarik perkataan Yesus pada Nikodemus yakni: 

Yohanes 3:5-6 
Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah. Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh. 

Apa maksud dilahirkan dari air dan Roh? 

Air disini tidak terbatas pengertiannya hanya sebagai baptisan dalam nama Bapa, Putera, dan Roh Kudus melainkan pemurnian dan penyegaran rohani yang dikerjakan Roh Kudus di dalam diri kita. 

Yang dimaksud dengan dilahirkan dari air dan Roh yakni seseorang mengalami hidup baru yang dikehendaki Kristus bila  membiarkan dirinya dikuasai Roh Kudus atau dengan katalain ia menyerahkan seluruh hidupnya kepada Tuhan Allah. 

Bila seseorang dibaptis namun tidak ada perubahan dalam dirinya karena hati dan pikiran masih terikat dengan pemikiran berdasarkan pikiran dunia dan keinginan segala hal dari dunia maka ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah. 

Roma 14:17 
Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus. 

Kebenaran dimaksud ialah kebenaran yang berdasarkan perintah dan kehendak Allah yang dinyatakan secara tertulis di Alkitab maupun melalui  Roh Kudus. 

2 Timotius 3:16 
Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. 

Yohanes 16:13-14 
Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diriNya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengarNya itulah yang akan dikatakanNya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari padaKu. 

Untuk mengetahui kebenaran Allah maka harus bergaul karib dengan Firman Allah dan berrelasi intim dengan Tuhan Allah lewat doa dan saat teduh bersamaNya. 

Mazmur 119:105 
FirmanMu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku. 

Mazmur 84:11 
Sebab lebih baik satu hari di pelataranMu dari pada seribu hari di tempat lain; lebih baik berdiri di ambang pintu rumah Allahku dari pada diam di kemah-kemah orang fasik. 

Suatu peringatan keras bagi setiap orang yang telah dibaptis dan menjadi umat kristiani bahwa: 

Bila seseorang telah dibaptis tetapi tidak hidup di dalam kebenaran Allah maka ia tidak mengalami hidup dalam damai sejahtera dan sukacita dari Allah sebab yang dikejarnya adalah damai sejahtera dan sukacita dari dunia yang sifatnya hanya sementara dan sarat dengan hawa nafsu kedagingan belaka. 

Itu sebabnya Yesus katakan: 
Yohanes 3:6-7 
Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh. Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com