Jumat, 03 Juli 2020

DOSAMU TELAH DIAMPUNI









KAMIS, 2 JULI 2020

AMOS 7:10-17 

Amos menyampaikan pesan Tuhan pada Amazia, imam di Betel bahwa: 

Isterimu akan bersundal di kota, dan anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan tewas oleh pedang; tanahmu akan dibagi-bagikan dengan memakai tali pengukur, engkau sendiri akan mati di tanah yang najis, dan Israel pasti pergi dari tanahnya sebagai orang buangan 

MAZMUR 19:8-11 

Titah Tuhan itu tepat, menyukakan hati; perintah Tuhan itu murni, membuat mata bercahaya. Takut akan Tuhan itu suci, tetap ada untuk selamanya; hukum-hukum Tuhan itu benar, adil semuanya

MATIUS 9:1-8 

Yesus berkata kepada orang lumpuh bahwa dosanya telah diampuni, lalu Yesus menyembuhkan orang lumpuh itu. 

RENUNGAN 

Bacaan Injil hari ini, Yesus sembuhkan seorang sakit lumpuh namun sebelum itu Yesus katakan dosa orang lumpuh itu telah diampuni. 

Matius 9:2 
Maka dibawa oranglah kepadaNya seorang lumpuh yang terbaring di tempat tidurnya. Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: "Percayalah, hai anakKu, dosamu sudah diampuni." 

Biasanya penyakit disebabkan ada virus atau bakteri lainnya di dalam tubuh kita tetapi penyebab lainnya bisa karena stres atau gangguan jiwa (pikiran, perasaan) dan bisa juga akibat dosa, seperti yang terjadi pada orang lumpuh tersebut. 

Itu sebabnya Yesus mengampuni terlebih dahulu dosa orang lumpuh itu sebelum Yesus menyembuhkan kelumpuhan fisik orang lumpuh tersebut. 

Dalam diri kita ada tubuh alamiah atau tubuh jasmani dan ada tubuh rohaniah. 

1 Korintus 15:44 
Yang ditaburkan adalah tubuh alamiah, yang dibangkitkan adalah tubuh rohaniah. Jika ada tubuh alamiah, maka ada pula tubuh rohaniah. 

Sakit pada tubuh jasmani biasa kita alami namun sakit pada tubuh rohani kita lebih berbahaya karena dampaknya ke tubuh jasmani dan roh kita. 

Seperti kita ketahui bahwa
1 Tesalonika 5:23 
Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita. 

Sakit pada jiwa berarti yang sakit adalah pikiran, perasaan dan keinginan. 
pikiran sakit = kepala pusing, stres, dll 
perasaan sakit = sedih, minder, dsbnya 
roh sakit = rohani sakit, iman bermasalah 
tubuh sakit = anggota tubuh bermasalah 

Roh, Jiwa, Tubuh merupakan kesatuan tak dipisahkan sebab bila salahsatu sakit maka yang lainnya juga sakit. 

Tubuh sakit, pada umumnya ada obatnya tetapi bila roh yang sakit, berpotensi akan berbuat dosa kepada Tuhan sebab akan mengganggu jiwa dan tubuh kita. 

Pertanyaannya adalah: mengapa rohani atau roh seseorang sakit? 

Pertama 
Pikiran seseorang lebih mengandalkan pikiran dunia dan kekuatan akalbudinya daripada pikiran Kristus & Firman Allah 

Amsal 3:5 
Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. 

Kedua 
Perasaan seseorang lebih dikuasai oleh sifat kedagingannya daripada perasaan Kristus yang dipenuhi belas kasihan 

Efesus 4:19 
Perasaan mereka telah tumpul, sehingga mereka menyerahkan diri kepada hawa nafsu dan mengerjakan dengan serakah segala macam kecemaran. 

Ketiga 
Keinginan seseorang lebih menuruti keinginan kedagingannya daripada keinginan rohaninya 

Roma 8:6-7 
Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera. Sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah, karena ia tidak takluk kepada hukum Allah; hal ini memang tidak mungkin baginya. 

Keinginan dan perbuatan daging 

Galatia 5:19-21  
Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu — seperti yang telah kubuat dahulu — bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah. 

Keinginan roh menghasilkan buah roh 

Galatia 5:22-23a  
Buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. 

Keempat 
Tubuh jasmani tidak dijaga kekudusan karena larut dalam pemuasan hawa nafsu kedagingan daripada menjaga kekudusan tubuhnya 

1 Korintus 6:19 
Tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, — dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? 

JADI 

Roh kita mesti diberi asupan makanan rohani supaya sehat berupa Firman Tuhan dan minuman rohani berupa air Surgawi  melalui doa dan saat teduh bersama Tuhan. 

Jika kekurangan makanan dan minuman rohani akan menyebabkan rohani dan jiwa kita sakit atau setidaknya terganggu roh dan jiwa kita sehingga akhirnya berbuat dosa sebab kita tidak mampu menguasai tubuh, jiwa, dan roh kita. 

1 Yohanes 3:4 
Setiap orang yang berbuat dosa, melanggar juga hukum Allah, sebab dosa ialah pelanggaran hukum Allah. 

Jangan sampai rohani kita lumpuh sebab akibatnya dosa semakin membelenggu diri kita dan bila kita membiarkan hal ini maka pada akhirnya kita mementingkan hidup saat ini di dunia daripada hidup kekal di Surga. 

Yesus datang ke dunia ini karena manusia terbelenggu dosa dan Yesus menebus dosa manusia dengan mati di salib agar manusia diselamatkan dan beroleh hidup kekal di Surga. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com