Kamis, 30 Juli 2020

PENGALAMAN IMAN ST MARTA














RABU, 29 JULI 2020

1 YOHANES 4:7-16 

Dalam hal inilah kasih Allah dinyatakan di tengah-tengah kita, yaitu bahwa Allah telah mengutus AnakNya yang tunggal ke dalam dunia, supaya kita hidup olehNya. Barangsiapa mengaku, bahwa Yesus adalah Anak Allah, Allah tetap berada di dalam dia dan dia di dalam Allah. 

MAZMUR 34:2-11 

Aku telah mencari Tuhan, lalu Ia menjawab aku, dan melepaskan aku dari segala kegentaranku. Malaikat Tuhan berkemah di sekeliling orang-orang yang takut akan Dia, lalu meluputkan mereka. Marilah anak-anak, dengarkanlah aku, takut akan Tuhan akan kuajarkan kepadamu! 

YOHANES 11:19-27 

Yesus datang setelah saudara Maria dan Marta mati dan berkatalah Marta kepada Yesus bahwa sekiranya Yesus ada disini maka saudaranya tidak mati. 

Yesus menjawab bahwa barangsiapa percaya padaNya maka ia tidak akan mati dan Marta percaya Yesus adalah Mesias sanggup membangkitkan orang mati. 

RENUNGAN 

Gereja Katolik menetapkan hari ini untuk memperingati St. Marta. 

Marta adalah saudara Maria dan Lazarus tinggal di Betania telah 4 hari di kubur (Yohanes 11:17-18) saat Yesus tiba di rumahnya dan Marta menyesali Yesus terlambat datang sehingga saudaranya Lazarus mati. 

Yohanes 11:21 
Maka kata Marta kepada Yesus: "Tuhan, sekiranya Engkau ada di sini, saudaraku pasti tidak mati. 

Bukankah kita juga mengatakan seperti ini kepada Tuhan bila yang kita inginkan tidak dikabulkan Tuhan. 

Kita berandai-andai sekiranya Tuhan mau segera menolong maka kita tidak akan mengalami kesulitan atai penderitaan. 

Setiap orang pasti tahu Tuhan mengasihi kita manusia (Kejadian 1:26-28) tetapi kita tidak yakin Tuhan masih mengasihi kita setelah kita berbuat dosa. 

1 Yohanes 3:21-22 
Saudara-saudaraku yang kekasih, jikalau hati kita tidak menuduh kita, maka kita mempunyai keberanian percaya untuk mendekati Allah, dan apa saja yang kita minta, kita memperolehnya dari padaNya, karena kita menuruti segala perintahNya dan berbuat apa yang berkenan padaNya. 

Ketidak-percayaan kepada Tuhan terjadi akibat dosa dan tidak tahu apa kehendak Tuhan atas diri kita yang seharusnya bisa kita ketahui dari Firman Tuhan. 

Marta tahu Yesus ada kuasa dari Allah  tetapi ia beranggapan Yesus tidak akan sanggup membangkitkan saudaranya meski untuk hal-hal lain Yesus sanggup melakukan mukjizat. 

Yohanes 11:22 
Tetapi sekarangpun aku tahu, bahwa Allah akan memberikan kepadaMu segala sesuatu yang Engkau minta kepadaNya. 

Yohanes 11:23-24 
Kata Yesus kepada Marta: "Saudaramu akan bangkit." Kata Marta kepadaNya: "Aku tahu bahwa ia akan bangkit pada waktu orang-orang bangkit pada akhir zaman." 

Kitapun sering membatasi karya Tuhan; kita pikir Tuhan tidak mengerti tehnologi, perekonomian padahal segala sesuatu termasuk hal kecil sekalipun akan Tuhan kerjakan untuk menolong kita. 

Roma 8:28 
Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. 

Marta mengetahui bahwa orang mati memang akan bangkit pada akhir jaman dan ini pengetahuan umum dimana setiap orang sehingga perkataan Yesus tidak dimengerti olehnya. 

Yohanes 11:25-26 
Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepadaKu, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepadaKu, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini? 

Pengetahuan Marta tentang orang mati akan dibangkitkan pada akhir jaman itu menunjukkan Marta mengenal kitab Taurat namun sayangnya tidak mengerti bahwa Yesus adalah Sang Mesias yang sanggup melakukan segala hal termasuk yang mustahil bagi manusia. 

Yohanes 11:27 
Jawab Marta: "Ya, Tuhan, aku percaya, bahwa Engkaulah Mesias, Anak Allah, Dia yang akan datang ke dalam dunia." 

Namun paling tidak Marta mengakui Yesus adalah Mesias daripada ahli Taurat dan orang Farisi tidak mengakui Yesus adalah Sang Mesias. 

Semoga kita mendapat pelajaran dari pengalaman iman Marta kepada Yesus dan kita semakin mau mengenal Yesus lebih dalam lagi agar kita semakin yakin dengan iman percaya kita pada Yesus. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com