Kamis, 23 Juli 2020

MARIA MAGDALENA












RABU, 22 JULI 2020

KIDUNG 3:1-4a 

Di atas ranjangku pada malam hari kucari jantung hatiku. Kucari, tetapi tak kutemui dia. Baru saja aku meninggalkan mereka, kutemui jantung hatiku; kupegang dan tak kulepaskan dia, sampai kubawa dia ke rumah ibuku, ke kamar orang yang melahirkan aku. 

MAZMUR 63:2-6,8-9 

Demikianlah aku memandang kepadaMu di tempat kudus, sambil melihat kekuatanMu dan kemuliaanMu. Sebab kasih setiaMu lebih baik dari pada hidup; bibirku akan memegahkan Engkau. 

YOHANES 20:1-2,11-18 

Yesus menampakan diri di hadapan Maria Magdalena yang menangis sedih karena Yesus mati di salib dan dikubur. 

RENUNGAN 

Gereja Katolik menetap hari ini pesta St Maria Magdalena. 

Siapakah Maria Magdalena? 
Dia berasal dati desa Magdala. 

Maria Magdalena menyaksikan peristiwa penyaliban Yesus; melihat Yesus dipukuli, dipermalukan dimuka banyak orang dan ia berada disitu saat Yesus disalib. 

Yohanes 19:25 
Dan dekat salib Yesus berdiri ibuNya dan saudara ibuNya, Maria, isteri Klopas dan Maria Magdalena. 

Maria Magdalena adalah saksi pertama menyaksikan kebangkitan Yesus. 

Yohanes 20:11,17 
Maria berdiri dekat kubur itu dan menangis. Sambil menangis ia menjenguk ke dalam kubur itu, Kata Yesus kepadanya: "Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudaraKu dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada BapaKu dan Bapamu, kepada AllahKu dan Allahmu." 

Lalu Maria Magdalena beritakan Yesus bangkit kepada para murid lainnya. 

Yohanes 20:18 
Maria Magdalena pergi dan berkata kepada murid-murid: "Aku telah melihat Tuhan!" dan juga bahwa Dia yang mengatakan hal-hal itu kepadanya. 

Maria Magdalena melakukan semua itu karena sebelumnya Yesus menolongnya dari kerasukan tujuh roh jahat. 

Lukas 8:2 
dan juga beberapa orang perempuan yang telah disembuhkan dari roh-roh jahat atau berbagai penyakit, yaitu Maria yang disebut Magdalena, yang telah dibebaskan dari tujuh roh jahat 

Setelah dibebaskan dari tujuh roh jahat, lalu Maria Magdalena mengikuti Yesus dalam pelayanan memberitakan Injil Kerajaan Allah. 

Lukas 8:1 
Tidak lama sesudah itu Yesus berjalan berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa memberitakan Injil Kerajaan Allah. Kedua belas muridNya bersama-sama dengan Dia 

Inilah riwayat perjalanan iman dari Maria Magdalena yang setia sebagai pengikut Yesus, bersama para Rasul, Bunda Maria, dan para murid lainnya melanjutkan misi pemberitaan Injil Kerajaan Allah. 

Kisah 1:14 
Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama, dengan beberapa perempuan serta Maria, ibu Yesus, dan dengan saudara-saudara Yesus

Pertanyaannya adalah bagaimana dengan kita umat kristiani, apakah terlibat dalam pelayanan dan pengInjilan seperti Maria Magdalena lakukan? 

Bukankah kita juga pernah mengalami pertolongan Tuhan dalam hidup kita? 
Mengapa sebagian kita tidak mengikuti teladan Maria Magdalena yang tahu membalas budi setelah ditolong Yesus? 

Pertanyaan ini, mari kita renungkan dan refleksikan pada diri kita masing-masing. 

Semoga mulai saat ini kita semua turut ambil bagian dalam pelayanan dan juga dalam pemberitaan Injil seperti dilakukan oleh Maria Magdalena. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com