Jumat, 03 Juli 2020

PERCAYALAH MESKI BELUM MELIHAT










JUMAT, 3 JULI 2020

EFESUS 2:19-22 

Orang yang memberitakan Injil dan yang melakukan pelayanan adalah anggota keluarga Allah dimana Yesus sebagai batu penjuru dan dibangun diatas dasar para rasul. 

MAZMUR 117:1-2 

Pujilah Tuhan, hai segala bangsa, megahkanlah Dia, hai segala suku bangsa! Sebab kasihNya hebat atas kita, dan kesetiaan Tuhan untuk selama-lamanya. Haleluya! 

YOHANES 20:24-29 

Yesus menampakan diri di hadapan para rasul termasuk rasul Tomas yang semula ia tidak percaya Yesus bangkit namun akhirnya Tomas percaya. 

RENUNGAN 

Gereja Katolik menetapkan hari ini hari Pesta St Tomas, Rasul. 

Tomas adalah salahsatu dari ke-11 rasul, murid utama dari Yesus yang semula ia tidak percaya Yesus telah bangkit. 

Memang tidak mudah percaya sesuatu diluar logika atau akalbudi kita namun hendaknya kita harus mengetahui bahwa ada hal-hal yang tidak dapat dianalisa oleh pikiran/akalbudi/logika sebab otak kita kapasitasnya terbatas. 

Banyak orang sebenarnya tahu akan hal ini tetapi anehnya tetap saja meremehkan dan mengabaikan sesuatu diluar logika padahal sesuatu itu biasanya dari Tuhan. 

Meskipun tidak selalu dari Tuhan namun sebaiknya kita percaya terlebih dahulu, lalu kita berdoa memohon hikmat dari Tuhan untuk memahami sesuatu yang terjadi diluar logika/akalbudi kita. 

Ulangan 29:29 
Hal-hal yang tersembunyi ialah bagi Tuhan, Allah kita, tetapi hal-hal yang dinyatakan ialah bagi kita dan bagi anak-anak kita sampai selama-lamanya, supaya kita melakukan segala perkataan hukum Taurat ini. 

Hal-hal tertulis di kitabsuci saja masih banyak orang tidak percaya padahal amat jelas dapat dicerna oleh pikiran kita tetapi karena keangkuhan dan kecongkakan hati menolak Firman Tuhan di Alkitab. 

Banyak alasan bagi seseorang untuk tidak mau memperbaharui pikiran atau pendapat atau prinsip hidupnya karena meyakini pikiran/pendapatnya adalah yang terbaik bagi dirinya dan tidak heran terjadi konflik dengan orang lain yang berbeda pendapat/prinsip hidupnya. 

Tomas tak percaya Yesus bangkit sebab menurut pikirannya tidak mungkin terjadi pada orang mati bisa hidup kembali. 

Kitapun seperti Tomas, menilai sesuatu berdasarkan: 
* apa yang kita lihat, dengar 
* apa yang kita pikir, pendapat, prinsip 
terkadang berdasarkan pendapat orang lain yang kita anggap benar. 

Padahal yang kita lihat, kita dengar, kita yakini adalah benar menurut pendapat kita seringkali adalah tidak benar karena kesombongan diri yang tidak mau terima pendapat orang lain. 

Tadi sudah disebutkan bahwa ada hal-hal diluar logika/pikiran kita yang terjadi itu sesuai rencana Allah tetapi tidak bisa kita pikirkan karena Allah berkuasa segala hal di dunia ini bahkan di alam semesta ini. 

Efesus 3:20 
Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com