Kamis, 09 Juli 2020

YESUS MEMANGGIL DAN MENGUTUS MURIDNYA (BAGIAN-1)









RABU, 8 JULI 2020

HOSEA 10:1-3,7-8,12 

Sungguh, sekarang mereka berkata: "Kita tidak mempunyai raja lagi, sebab kita tidak takut kepada Tuhan. Apakah yang dapat dilakukan raja bagi kita?" 

Menaburlah bagimu sesuai dengan keadilan, menuailah menurut kasih setia! Bukalah bagimu tanah baru, sebab sudah waktunya untuk mencari Tuhan, sampai Ia datang dan menghujani kamu dengan keadilan. 

MAZMUR 105:2-7 

Bermegahlah di dalam namaNya yang kudus, biarlah bersukahati orang-orang yang mencari Tuhan! Dialah Tuhan, Allah kita, di seluruh bumi berlaku penghukumanNya. 

MATIUS 10:1-7 

Yesus memanggil keduabelas muridNya dan mengutus mereka beritakan Injil dan sembuhkan orang sakit. 

RENUNGAN 

Dari bacaan injil hari ini, dapat kita ketahui bahwa sesungguhnya Tuhan terlebih dulu memanggil setiap orang untuk percaya kepadaNya namun ternyata tidak banyak yang menanggapi panggilanNya. 

Hal ini disebabkan Tuhan tidak memaksa tetapi berikan pilihan pada setiap orang; menjawab panggilanNya. 

Yohanes 15:16a 
Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. 

Ke-12 murid Yesus menjawab panggilan Yesus dan mengikuti Yesus; diutus untuk memberitakan Injil. 

Matius 10:1 
Yesus memanggil keduabelas muridNya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan. 

Bagaimana dengan kita umat kristiani? 
Apakah bersedia menjawab panggilan Tuhan untuk memberitakan Injil dan mau melakukan tugas pelayanan rohani? 

Realitanya tidak banyak yang menjawab panggilan untuk beritakan Injil dan tugas pelayanan sebab sebagian besar merasa itu tanggung-jawab Pastor. 

Banyak umat kristiani tidak tertarik pada Firman Tuhan sehingga tidak tahu bahwa Yesus menghendaki kita memberitakan Injil dan melakukan pelayanan. 

Matius 28:19-20 
Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman. 

Perintah Yesus haruslah kita laksanakan namun karena tidak mau baca Firman Tuhan maka tidak tahu ada perintah ini atau bisa juga sudah tahu tetapi tidak mau menuruti perintah beritakan Injil. 

Mengapa demikian? 

Karena lebih tertarik mencari uang dan menimbun harta dunia daripada beritakan Injil dan pelayanan. 

Coba perhatikan dan temukan motivasi dan tujuan para Rasul dan jemaat mula2 yang begitu giat mendalami Firman Allah dan melakukan pelayanan. 

Kisah 2:42 
Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa. 

Sekarang tinggal kita, apakah bersedia mengerjakan seperti Yesus lakukan dan seperti Yesus perintahkan untuk kita kerjakan. 

Yohanes 14:12 
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepadaKu, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu

Banyak diantara umat kristiani berpikir dan berpendapat bahwa cukuplah pergi ke Gereja seminggu sekali, menyambut Hosti serta memberi kolekte, sumbangan uang buat keperluan Gereja, berdevosi kepada Bunda Maria, dan ikut Adorasi. 

Semua itu memang baik adanya namun Tuhan tidak menghendaki kita berhenti sampai disitu saja tanpa berbuat kasih kepada sesama sebab yang dilakukan hanya untuk kepentingan diri sendiri. 

Buat apa Tuhan memberi perintah kepada kita agar saling mengasihi artinya kita berbuat kasih kepada sesama. 

Yohanes 15:12 
Inilah perintahKu, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. 

Dan buat apa Tuhan sediakan Karunia Roh dan mengAnugerahkan kuasaNya agar kita melakukan pekerjaan seperti yang Yesus lakukan. 

Berarti, selain kita menjaga kekudusan diri kita, disisi lain Tuhan menghendaki kita melakukan perbuatan kasih (=menyembuhkan penyakit, mengusir setan/roh jahat, melawan Iblis, menolong sesama) dan memberitakan Injil. 

Hal ini yang banyak dilupakan umat yang beriman kepada Yesus Kristus sehingga ketimpangan, ketidak-adilan, kejahatan, terjadi di segala pelosok dunia. 

Mereka pikir cukup memberi sumbangan dan beribadah kepada Tuhan tetapi tak peduli kepada sesama dan mari kita dengarkan apa kata Tuhan jika kita hanya melakukan seperti ini. 

Matius 9:13 
Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa. 

Yesaya 1:13, 17 
Jangan lagi membawa persembahanmu yang tidak sungguh, sebab baunya adalah kejijikan bagiKu. Kalau kamu merayakan bulan baru dan sabat atau mengadakan pertemuan-pertemuan, Aku tidak tahan melihatnya, karena perayaanmu itu penuh kejahatan. belajarlah berbuat baik; usahakanlah keadilan, kendalikanlah orang kejam; belalah hak anak-anak yatim, perjuangkanlah perkara janda-janda! 

Semoga permenungan ini menyadarkan betapa pentingnya melakukan perintah Tuhan dan hidup di dalam Firman Tuhan. 

Asalkan kita mau melakukan perintah Tuhan maka tak perlu khawatir segala rintangan dan hambatan dalam jalankan tugas pelayanan. 

Tuhan mengAnugerahkan karunia Roh pada saat kita mengerjakan pelayanan kasih (1 Korintus 12:5-11). 

Tuhan akan menyertai kita dan KuasaNya akan bantu kita mengatasi kesulitan saat menjalankan tugas perutusan beritakan Injil dan melakukan pelayanan. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com