Sabtu, 18 Juli 2020

SIAPAKAH YESUS BAGIMU?








SABTU, 18 JULI 2020

MIKHA 2:1-5 

Celakalah orang-orang yang merancang kedurjanaan dan yang merencanakan kejahatan di tempat tidurnya; yang melakukannya di waktu fajar 

MAZMUR 10:1-4,7-8,14 

Mengapa Engkau berdiri jauh-jauh, ya Tuhan, dan menyembunyikan diriMu dalam waktu-waktu kesesakan? 

Engkau memang melihatnya, sebab Engkaulah yang melihat kesusahan dan sakit hati, supaya Engkau mengambilnya ke dalam tanganMu sendiri. KepadaMulah orang lemah menyerahkan diri; untuk anak yatim Engkau menjadi penolong. 

MATIUS 12:14-21 

Nubuatan Yesaya tentang hamba Tuhan tergenapi di dalam diri Yesus. 

RENUNGAN 

Nabi Yesaya nubuatkan seorang hamba Tuhan akan datang untuk menyelamatkan umat manusia. 

Yesaya 42:1 
Lihat, itu hambaKu yang Kupegang, orang pilihanKu, yang kepadanya Aku berkenan. Aku telah menaruh RohKu ke atasnya, supaya ia menyatakan hukum kepada bangsa-bangsa. 

Nubuat tersebut tergenapi di dalam diri Yesus namun orang farisi dan ahli taurat tidak mengakui Yesus ialah Hamba Tuhan yang dimaksud nubuatan nabi Yesaya. 

Padahal buanyak hal menunjukkan Yesus adalah Hamba Tuhan yang diutus, bahkan Yesus itu Tuhan menjadi manusia untuk menyelamatkan manusia dari alam maut akibat dosa. 

Yohanes 1:10-11 
Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan olehNya, tetapi dunia tidak mengenalNya. Ia datang kepada milik kepunyaanNya, tetapi orang-orang kepunyaanNya itu tidak menerimaNya. 

Bagi orang belum percaya pada Yesus adalah wajar bila mereka tidak mengikuti ajaran Yesus tetapi bila seorang mengaku percaya kepada Yesus namun tidak mau mengikuti ajaran Yesus maka orang ini hanya dimulut saja mengakui Yesus. 

Memang ada berbagai motivasi/tujuan seseorang mengaku percaya pada Yesus, misalnya karena perlu surat baptis untuk keperluan anaknya sekolah, untuk dapat fasilitas lain, atau untuk menikah, dsbnya 

Mari saudara/i-ku dalam Yesus Kristus, 

Kita ingat kembali, apa motivasi/tujuan kita dibaptis sebagai umat kristiani yang beriman kepada Yesus Kristus? 

Apakah saat ini kita mengenal siapakah Yesus sesungguhnya bagi hidup kita yang telah mengaku beriman kepada Yesus? 

Sudahkah kita mengikuti ajaran Yesus dan menuruti serta melakukan perintah dan kehendak Yesus? 

Jangan-jangan kita termasuk orang yang mengaku Yesus di mulut saja tetapi hati dan pikiran tidak fokus pada Yesus tetapi pada hal-hal keduniawian dan hidup kita menjauh dari Kebenaran Tuhan. 

Tanyakan pada diri kita sendiri, sudahkah berdoa, renungkan Sabda Tuhan setiap hari dan tidak melakukan perbuatan jahat saat bekerja di kantor, saat berbisnis? 

Setelah itu tanyakan lagi pada diri sendiri, sudahkah berbagi kepada sesama, atau menolong orang lain selain keluarga? 

Kedua pertanyaan pada diri sendiri adalah tahap pertama untuk mengecek apakah kita mengenal Yesus sesungguhnya di dalam hidup kita. 

Percaya pada Yesus itu bukan sekedar percaya di mulut saja tetapi keseharian hidup  terbenam kesibukan bisnis/kerja dan urusan pribadi lainnya tetapi tak ada waktu atau waktunya sedikit sekali untuk berdiam diri berelasi dengan Tuhan. 

Percaya pada Yesus yang sesungguhnya adalah menyerahkan kendali hidup kita kepada Tuhan supaya keseharian hidup kita sesuai dengan kehendak Tuhan. 

Sepertinya teoritis banget, rohani banget tetapi memang seharusnya seperti itu. 
Kita harus serahkan diri kita karena diri kita telah ditebus oleh Darah Yesus yang disalib untuk selamatkan kita

1 Petrus 1:18-19 
Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat 

Sebagai umat kristiani yang beriman pada Yesus Kristus hendaknya mengerti hal-hal seperti ini yaitu percaya kepada Yesus dengan segenap pikiran, akalbudi dan segenap hati supaya kita mau berserah diri padaNya dan menjalani hidup seperti yang dikehendakiNya dan bukan hidup atas kehendak diri kita. 

Oleh sebab itu sekali lagi tanyakan pada diri kita; siapakah Yesus bagimu? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com