Senin, 01 Mei 2017

HIKMAT TUHAN MENYERTAI KITA










Senin, 1 Mei 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
KISAH 6:8-15 

Stefanus penuh dengan karunia dan kuasa Tuhan mengadakan mukjizat sehingga jemaat Libertini dan beberapa orang Yahudi dari Kilikia bersoal-jawab dengan Stefanus namun mereka tidak sanggup melawan hikmat Roh Kudus yang menaungi Stefanus. 

Lalu mereka memfitnah Stefanus telah menghujat Musa dan Allah sehingga Stefanus ditangkap dan diadili oleh Mahkamah Agama. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 119:23-30 

Mazmur ini menyatakan seseorang telah memilih jalan kebenaran Tuhan sebagai pedoman hidupnya dan ia terus bertekun memahami ketetapan, perigatan, dan hukum Taurat. 

C. BACAAN INJIL 
YOHANES 6:22-29 

Banyak orang mencari Yesus setelah peristiwa mukjizat penggandaan roti memberi makan 5000 laki-laki. 

Yesus tahu tujuan mereka mencariNya dan ada dua hal Yesus menasehati mereka, yakni : 

Yohanes 6:27 
Bekerjalah, bukan untuk makanan yang akan dapat binasa, melainkan untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal, yang akan diberikan Anak Manusia kepadamu; sebab Dialah yang disahkan oleh Bapa, Allah, dengan meteraiNya.  

Yohanes 6:29 
Jawab Yesus kepada mereka: "Inilah pekerjaan yang dikehendaki Allah, yaitu hendaklah kamu percaya kepada Dia yang telah diutus Allah." 

RENUNGAN HARI INI 

Perkataan Yesus pada Yohanes 6:27 bekerjalah untuk makanan yang bertahan sampai kepada kehidupan kekal patut mendapat perhatian kita umat kristiani. 

Jaman para rasul telah membuktikan kesungguhan hati mereka memberitakan Injil tentang Yesus Kristus sampai rela mati demi mempertobatkan orang agar mereka percaya kepada Yesus. 

Stefanus adalah salah seorang yang rela mati dilempari batu karena pertahankan imannya dan mengabarkan Injil supaya banyak orang percaya kepada Yesus. 

Pertanyaannya ialah bagaimana dengan kita; apakah mau beritakan Injil kepada orang lain agar nereka mengalami hidup di dalam Yesus Kristus? 

Kita hendaknya belajar dari Stefanus yang gigih beritakan Injil sebab memang merupakan perintah Yesus kepada orang yang percaya kepadaNya. 

Tuhan Allah pasti memperlengkapi kita dengan karunia dan kuasaNya supaya kita mampu melakukan tugas perutusan dan tugas pelayanan rohani. 

Hikmat Tuhan mengurapi kita di saat sedang beritakan Injil dan hal ini sudah banyak kesaksian yang dialami orang2 yang terlibat dalam pelayanan rohani. 

Penulispun tidak mampu menuliskan renungan harian ini setiap hari jika tidak diurapi hikmat Tuhan yang membuka wawasan dan cakrawala pikiran dan akal-budi mengenai hal-hal rohani yang disingkapkan Tuhan. 

Banyak bentuk pengInjilan yang dapat kita kerjakan dan tidak selalu secara oral langsung melalui perkataan tetapi bisa melalui tulisan dan kesaksian hidup kita sehari-hari yang mencerminkan Yesus hidup dalam tingkah laku dan perbuatan kita. 

Percayalah Tuhan memberkati orang yang memberikan dirinya untuk orang lain, seperti Stefanus dan orang lain yang memandang Stefanus terlihat bercahaya wajahnya sebagai tanda Tuhan hadir memberkati dirinya; begitupun yang akan terjadi pada diri kita. 

Kisah 6:15 
Semua orang yang duduk dalam sidang Mahkamah Agama itu menatap Stefanus, lalu mereka melihat muka Stefanus sama seperti muka seorang malaikat. 

Apalagi yang kita tunggu... mari langkah kaki dan gerakan tangan serta suarakan kabar sukacita Tuhan kepada banyak orang termasuk mengobarkan kembali iman dari sebagian uat kristiani yang telah sekian lama tertidur dan diselimuti oleh gemerlap duniawi yang meracuni dirinya dan menjauhkannya dari kasih Tuhan  di dalam hidupnya. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com