Sabtu, 06 Mei 2017

PERKATAAN YESUS MENGGONCANGKAN











Sabtu, 6 Mei 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
KISAH 9:31-42 

Setelah Saulus bertobat maka jemaat di seluruh Yudea, Galilea, Samaria hidup damai dan takut kepada Tuhan sehingga jemaat semakin bertambah oleh pertolongan, penghiburan Roh Kudus. 

Petrus menyembukan Eneas lumpuh selama 8 tahun di Lida dan bangkitkan Dorkas/Tabita yang telah mati. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 116:12-17 

Aku mempersembahkan kurban syukur kepada Tuhan dan bersyukur kepadaNya telah melepaskan belenggu dan atas kebajikan Tuhan di dalam hidupku. 

C. BACAAN INJIL 
YOHANES 6:60-69 

Banyak orang mundur dan tidak mau ikut Yesus lagi setelah mendengar ajaran tentang roti dan hidup yang menurut mereka sangat keras. 

Yesus bertanya kepada Petrus mengapa ia tidak pergi meninggalkan diriNya dan Petrus menjawab : 

Ayat 68-69 
Jawab Simon Petrus kepadaNya: "Tuhan, kepada siapakah kami akan pergi? PerkataanMu adalah perkataan hidup yang kekal; dan kami telah percaya dan tahu, bahwa Engkau adalah Yang Kudus dari Allah." 

RENUNGAN HARI INI 

Perkataan Yesus menggoncangkan murid-murid yang mendengarnya adalah ketika Yesus mengatakan bahwa : 

Yohanes 6:54-56 
Barangsiapa makan dagingKu dan minum darahKu, ia mempunyai hidup yang kekal dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman. Sebab dagingKu adalah benar-benar makanan dan darahKu adalah benar-benar minuman. Barangsiapa makan dagingKu dan minum darahKu, ia tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia. 

Kita mesti membayangkan situasi jaman itu saat Yesus membawa ajaran baru yang menyempurnakan hukum Taurat yang menjadi kitabsuci orang Yahudi. 

Perkataan Yesus tentang hidup kekal jika orang bersedia makan daging dan darah Yesus (ayat 54) ...wow, tentu mereka terkejut dan berpikir ajaran sesat ini dan mereka meninggalkan Yesus. 

Yohanes 6:66 
Mulai dari waktu itu banyak murid-muridNya mengundurkan diri dan tidak lagi mengikut Dia. 

Jaman sekarang katanya pikiran orang makin maju ternyata masih banyak yang tidak percaya kepada Yesus. 

Bahkan sebagian umat katolik tidak mengerti betapa pentingnya makan daging dan minum darah Yesus berupa Hosti, setiap misa Ekaristi disajikan. 

Banyak kesaksian orang mengalami penyembuhan dan pemulihan ketika ia mengimani Hosti adalah Tubuh dan Darah Yesus karena ia yakin Kuasa Tuhan menjamah dirinya. 

Anda umat Katolik khususnya dan anda umat Kristen non Katolik sepantasnya menghargai dan menghormati Hosti sebagai makanan-minuman rohani yang menguatkan iman percaya pada Yesus. 

Dalam perjamuan terakhir Yesus dengan kedua-belas muridNya berpesan : 

Lukas 22:19-20 
Yesus mengambil roti, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka, kataNya: "Inilah tubuhKu yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku." 
Demikian juga dibuatNya dengan cawan sesudah makan; Ia berkata: "Cawan ini adalah perjanjian baru oleh darahKu, yang ditumpahkan bagi kamu

Kita maklum para murid meninggalkan Yesus karena berpikiran mana mungkin makan dan minum darah Yesus maka akan memperoleh hidup kekal. 

Karena mereka belum tahu bahwa kelak kemudian hari perkataan Yesus digenapi saat Yesus mengorbankan diriNya. 

Kita yang percaya kepada Yesus tahu arti perkataan Yesus tentang Hosti yaitu makan daging dan minum darah Yesus. 

Sungguh menyedihkan kebiasaan jelek sebagian umat Katolik meninggalkan Yesus sepanjang tahun tidak mengikuti misa Ekaristi kecuali Paskah dan Natal. 

Hal ini terlihat dari perbedaan jumlah umat hadir hampir 2x lipat dari misa Ekaristi setiap hari sabtu/minggu. 

Artinya mereka kurang menghargai betapa mulia pengorbanan Yesus yang mati demi menghapus dosa-dosa manusia termasuk dosa-dosa mereka. 

Kepada orang lain yang berbuat baik dan menolong diri kita, betapa kita bersyukur berterimakasih dan berusaha berbuat baik juga untuk menyenangkan orang tersebut...demikian hendaknya kepada Yesus, seharusnya kita lebih berusaha menyenangkan hati Yesus. 

Pertanyaannya adalah : 
Hal-hal apa saja yang menyenangkan hati Yesus? kita mesti tahu lho... 

Yohanes 14:21 
Barangsiapa memegang perintahKu dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh BapaKu dan Akupun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diriKu kepadanya

Perintah Yesus ada dua hal utama: 

Yohanes 15:12 
Inilah perintahKu, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. 

Matius 28:19-20 
Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman. 

Dengan makan daging dan minum darah Yesus berupa Hosti Kudus berarti kita bersatu bersama Yesus; bukan hanya Anugerah BerkatNya tetapi juga bersatu dalam SalibNya. 

Kebanyakan umat kristiani hanya mau meminta BerkatNya saja tetapi menolak Salib Yesus padahal Yesus berkata : 

Lukas 9:23 
KataNya kepada mereka semua: 
Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku. 

Rasul Paulus bersaksi tentang dirinya mengikuti Yesus : 

Filipi 3:10-11 
Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitanNya dan persekutuan dalam penderitaanNya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematianNya, supaya aku akhirnya beroleh kebangkitan dari antara orang mati. 

Memang kenyataan yang terjadi adalah pada umumnya kita manusia tidak mau ada masalah dalam hidupnya sebab kita cenderung menginginkan hidup senang dan bahagia bersama keluarga serta tidak peduli sama keadaan orang lain apalagi menyangkal diri dan memanggul Salib serta mengikuti ajaran Yesus. 

Semoga iman kita tidak tergoncang oleh perkataan Yesus pada Injil hari ini yang mengingatkan kita umat kristiani akan pengorbanan Yesus menebus dosa kita dan mengAnugerahlan hidup kekal. 

Yohanes 14:1-3 
Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepadaKu. 
Di rumah BapaKu banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. 
Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempatKu, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com