Selasa, 02 Mei 2017

SIKAP PERCAYA KEPADA YESUS










Selasa, 2 Mei 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
KISAH 7:51-8:15 

Stefanus membuat anggota Mahkamah Agama tertusuk hatinya sebab membuka kebusukan hati mereka tidak menuruti hukum Taurat. 

Mereka marah dan melempari Stefanus dengan batu sampai mati tetapi sebelum mati, Stefanus mendoakan mereka yang menganiaya dirinya. 

Saat itu Saulus menyetujui pembunuhan atas diri Stefanus bahkan penganiayaan kepada umat kristen semakin merajalela 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 31:3-8,17,21 

Tuhanlah kekuatan hidup kita sebab IA senantiasa menuntun dan membimbing serta melindungi hidup kita. 

Ayat 8  
Aku akan bersorak-sorak dan bersukacita karena kasih setiaMu, sebab Engkau telah menilik sengsaraku, telah memperhatikan kesesakan jiwaku 

C. BACAAN INJIL 
YOHANES 6:30-35 

Banyak orang meminta tanda kepada Yesus supaya mereka percaya kepada Yesus karena mereka tidak mengerti siapakah Yesus itu. 

Lalu Yesus mengatakan bahwa diriNya adalah roti hidup yang turun dari Sorga yang memberi hidup kepada dunia. 

RENUNGAN HARI INI 

Kita perlu membangun sikap hidup yang semakin baik setiap hari menurut sudut pandang rohani yang berpedoman pada kebenaran Tuhan. 

Tak mudah menanamkan sikap percaya kepada Tuhan ditengah kemelut hidup yang semakin hari kian menyesakkan

Jika anda masih memiliki uang dan harta dunia yang bisa membiayai kehidupan sehari-hari maka paling banter hanya perasaan khawatir, gelisah, resah  dan hanya berkisar masalah perasaan saja. 

Namun jika anda kesulitan membiayai kehidupan sehari-hari karena uang dan harta semakin menipis maka kesesakan hidup menghimpit diri anda. 

Paling utama kebutuhan kita manusia adalah kebutuhan perut; jika tidak ada makanan maka tubuh menjadi lemas, perasaan kacau dan pikiran kacau. 

Kejahatan pada umumnya timbul

Pertama 
ketika perut lapar dan tidak punya uang untuk membeli makanan. 

Kedua 
ketika nafsu serakah ingin menguasai sebanyak mungkin uang dan harta dunia 

Ketiga 
ketika dikuasai keinginan kedagingan menikmati kesenagan duniawi sebagai tujuan utama hidup 

Keyakinan iman terlihat seberapa kuat ketika menghadapi ketiga kondisi diatas dan ketaatan/kesetiaan teruji bila iman kita mampu mengatasi masalah hidup. 

Lalu bagaimana caranya supaya kita memiliki iman yang mampu mengatasi berbagai masalah hidup kita? 

Satu-satunya solusi mendapatkan cara terbaik memiliki iman yang kokoh adalah bangunlah sikap percaya kepada Tuhan seperti yang Yesus katakan bahwa : 

Yohanes 6:35 
Kata Yesus kepada mereka: 
"Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepadaKu, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepadaKu, ia tidak akan haus lagi." 

Perkataan Yesus ini sebelumnya sudah pernah disampaikan melalui nabi Yesaya kepada bangsa Israel yang saat itu berada dalam pembuangan dan dijajah bangsa Babelonia dan bangsa Asyur. 

Yesaya 55:1-2 
Ayo, hai semua orang yang haus, marilah dan minumlah air, dan hai orang yang tidak mempunyai uang, marilah! Terimalah gandum tanpa uang pembeli dan makanlah, juga anggur dan susu tanpa bayaran! Mengapakah kamu belanjakan uang untuk sesuatu yang bukan roti, dan upah jerih payahmu untuk sesuatu yang tidak mengenyangkan? Dengarkanlah Aku maka kamu akan memakan yang baik dan kamu akan menikmati sajian yang paling lezat. 

Sampai saat ini kita manusia masih saja mencari roti di tempat lain dan tidak mencari Tuhan Allah yang sediakan roti secara gratis asalkan kita terus percaya dengan sungguh kepadaNya walaupun seberat apapun tekanan dalam hidup yang sedang terjadi. 

Di bagian awal sudah dituliskan bahwa selagi masih ada uang dan harta untuk memenuhi kebutuhan hidup maka mudah saja berkata : iman saya teguh dan pasti taat/setia kepada Tuhan. 

Sudah terbukti sejak ribuan tahun bahwa ketika datang masalah menekan hidup maka seringkali imam seseorang goyah dan berapa banyak iman menjadi mati karena tidak tahan menanggung derita. 

Hendaknya kita mawas diri dan tidak takabur mengatakan iman saya kokoh jika setiap hari engkau tidak fokus dan menjalani hidup di dalam kebenaran Tuhan; melalui FirmanNya tertulis di Alkitab maupun secara langsung Roh Tuhan menegur melalui hati nurani kita

2 Timotius 3:15-16 
Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus. 
Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran

Yohanes 14:26 
tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam namaKu, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu

Semoga semakin hari iman kita kokoh karena kita bertekun menjalani hidup di dalam kebenaran Tuhan dengan taat dan setia sampai akhir hayat dimana kita di panggil pulang meninggalkan dunia ini. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com