Kamis, 25 Mei 2017

YESUS TERANGKAT KE SORGA












Kamis, 25 Mei 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
KISAH 1:1-11 

Selama 40 hari Yesus menampakkan diri dan berbicara kepada muridNya tentang Kerajaan Allah dan untuk membuktikan diriNya hidup setelah Ia di Salib. 

Yesus mengatakan sebentar lagi mereka akan dibaptis dengan Roh Kudus dan akan menerima kuasaNya dan mereka akan menjadi saksi Kristus di Yerusalem di Yudea, Samaria, sampai ke ujung bumi

Sesudah itu Yesus terangkat ke Sorga dan disaksikan murid2Nya dimana awan menutupNya dari pandangan mereka. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 47:2-3, 6-9 

Bermazmurlah bagi Allah, Raja seluruh bangsa-bangsa di bumi dimana Allah bersemayam diatas tahtaNya kudus. 

C. BACAAN INJIL 
MATIUS 28:16-20 

Kesebelas murid berangkat ke Galilea ke bukit yang ditunjukkan Yesus kepada mereka dan Yesus berkata bahwa segala kuasa di Sorga dan di bumi ada padaNya dan kemudian mereka diperintahkan untuk pergi memberitakan Injil dan Yesus berjanji akan menyertai mereka. 

RENUNGAN HARI INI 

Hari ini Gereja Katolik memperingati hari raya kenaikan Tuhan dan bagi kita umat kristiani sangat penting dimana Yesus terangkat ke Sorga. 

Ada satu pesan penting disampaikan oleh Malaikat dalam wujud dua orang yang berpakaian putih, yaitu : 

Kisah 1:10-11 
Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? 
Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga." 

Darisini kita ketahui bahwa kedatangan Yesus kedua-kali ke dunia akan sama seperti caranya seperti Yesus terangkat ke Sorga. 

Apa maknanya bagi kita umat kristiani? 

Peristiwa Agung Mulia ini menunjukkan bahwa Yesus adalah sungguh Allah yang turun ke dunia menjadi manusia untuk maksud menyelamatkan manusia dari kematian kekal di neraka

Mengapa demikian? 

Kita mesti menelusuri kitabsuci dalam Perjanjian Lama yaitu kitab Kejadiaan yang memuat sejarah manusia. 

Kejadiaan 6:5-8 
Ketika dilihat Tuhan, bahwa kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata, maka menyesallah Tuhan, bahwa Ia telah menjadikan manusia di bumi, dan hal itu memilukan hatiNya. Berfirmanlah Tuhan: "Aku akan menghapuskan manusia yang telah Kuciptakan itu dari muka bumi, baik manusia maupun hewan dan binatang-binatang melata dan burung-burung di udara, sebab Aku menyesal, bahwa Aku telah menjadikan mereka." Tetapi Nuh mendapat kasih karunia di mata Tuhan. 

Entahlah dibandingkan dengan jaman sekarang ini, manakah yang lebih bejat perilaku kebobrokan manusia? 

Allah telah berjanji kepada Nuh bahwa umat manusia tidak akan dimusnahkan lagi setelah Allah menenggelamkan dunia beserta isinya kecuali Nuh dan anggota keluarganya (=8 orang). 

Kejadian 8:21 
Ketika Tuhan mencium persembahan yang harum itu, berfirmanlah Tuhan dalam hatiNya: "Aku takkan mengutuk bumi ini lagi karena manusia, sekalipun yang ditimbulkan hatinya adalah jahat dari sejak kecilnya, dan Aku takkan membinasakan lagi segala yang hidup seperti yang telah Kulakukan

Setelah ribuan tahun bumi diciptakan namun perilaku manusia hampir tidak berubah dan terus mengulangi dosa yang sama dari jaman ke jaman. 

Pengkhotbah sudah mengingatkan hal ini bahwa tidak ada sesuatu yang baru di muka bumi ini sebab yang ada sekarang ini, sebelumnya sudah ada, termasuk hal kebejatan manusia terus masih ada. 

Pengkhotbah 1:9-10 
Apa yang pernah ada akan ada lagi, dan apa yang pernah dibuat akan dibuat lagi; tak ada sesuatu yang baru di bawah matahari. Adakah sesuatu yang dapat dikatakan: "Lihatlah, ini baru!"? Tetapi itu sudah ada dulu, lama sebelum kita ada

Yang berubah adalah kecanggihan dari bidang tehnologi tetapi perilaku manusia dari dulu coraknya sama, misalnya : 

iri hati melihat apa yang ada pada orang lain dimana ia tidak memilikinya. 
ada yang sombong karena mengklaim dirinya hebat melebihi orang lain, dsbnya

Allah telah mengutus para nabi dan para hakim-hakim, namun manusia menolak bahkan Yesus ditolak karena mungkin mereka pikir : sama-sama manusia dan siapa kamu berani-beraninya nasehati orang lain dan terhadap Yesus dikiranya menghujat Allah sebab Yesus mengaku diriNya dengan Bapa Surgawi adalah satu, artinya Yesus mengaku diriNya juga adalah Allah. 

Dengan peristiwa pengangkatan Yesus yang disaksikan banyak orang berarti sungguh nyata terbukti bahwa Yesus adalah Allah yang turun ke dunia. 

Sampai sekarang masih ada yang tidak yakin Yesus terangkat ke Sorga padahal Allah sanggup melakukan segala cara. 

Jika Henokh diangkat tubuh dan jiwanya oleh Allah dan nabi Elia juga maka seharusnya tidak meragukan yang terjadi pada pengangkatan Yesus ke Sorga. 

Kejadian 5:24 
Henokh hidup bergaul dengan Allah, lalu ia tidak ada lagi, sebab ia telah diangkat oleh Allah. 

2 Raja 2:11 
Sedang mereka berjalan terus sambil berkata-kata, tiba-tiba datanglah kereta berapi dengan kuda berapi memisahkan keduanya, lalu naiklah Elia ke sorga dalam angin badai

Dalam Tradisi Katolik disebutkan bahwa Bunda Maria juga diangkat ke Sorga meski di kitabsuci tidak dituliskan. 

Semoga tidak ada lagi keraguan atau mempertanyakan peristiwa Yesus terangkat ke Sorga. 

Hal terpenting adalah makna terdalam dari peristiwa ini hendaknya kita sadari bahwa Yesus adalah Juruselamat umat manusia supaya kita beroleh kehidupan kekal di Sorga jika kita hidup di dalam kebenaranNya. 

Yohanes 3:16 
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com