Minggu, 14 Mei 2017

JALAN -> KEBENARAN -> HIDUP (BAGIAN-2)










Sabtu, 13 Mei 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
KISAH 13:44-52 

Di Antiokhia banyak orang yang belum mengenal Allah tetapi mereka menerima pemberitaan Firman Tuhan yang Paulus dan Barnabas sampaikan. 

Orang-orang Yahudi iri hati, menghujat, membantah pemberitaan Paulus dan menghasut serta menganiaya orang2 yang percaya kepada Allah. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 98:1-4 

Mazmur ini menyatakan keselamatan Tuhan terhadap bangsa Israel dan juga kepada bangsa-bangsa lain. 

C. BACAAN INJIL 
YOHANES 14:7-14 

Yesus berkata kepada Filipus tentang hubungan diriNya dengan Bapa adalah satu dan menasehatinya supaya percaya kepadaNya atau setidaknya percayalah karena pekerjaan2 yang Yesus lakukan. 

Yesus juga mengatakan bahwa setiap orang percaya kepadaNya melakukan pekerjaan2 yang Yesus lakukan dan akan melakukan jika mereka meminta sesuatu dalam namaNya. 

RENUNGAN HARI INI 

Setelah Yesus mengatakan dirinya Jalan Kebenaran, Hidup dan menjanjikan tempat di rumah Bapa, kemudian Yesus menjelaskan hubungan diriNya dan Bapa serta pekerjaan yang dilakukanNya. 

Memang tidak mudah bagi orang yang masih ragu-ragu atau yang belum yakin untuk percaya kepada Yesus jika ia tidak membuka hatinya dan menyaksikan perbuatan ajaib atau mengalami sesuatu pertolongan Tuhan di dalam hidupnya. 

Setelah percaya kepada Yesus, 
belum tentu orang mau mengenal Yesus lebih mendalam dan mau mengikuti jalan Yesus sebab banyak pergumulan untuk merubah konsep hidup yang telah terpatri di pikirannya sebelum memilih percaya kepada Yesus dan dibaptis. 

Ada beberapa proses yang dilalui untuk mengetahui jalan Yesus menuntun pada kebenaran dan memberi kehidupan menuju keselamatan melalui kebenaran Firman Tuhan dan relasi intim melalui doa dan saat teduh bersama Yesus. 

Setelah mengetahui jalan dan kebenaran Yesus maka langkah selanjutnya adalah bagaimana jalan dan kebenaran tersebut memberikan kehidupan atau dengan kata lain adalah bagaimana menghidupi jalan dan kebenaran Yesus supaya kita sampai kepada keselamatan dan tiba di rumah Bapa di Sorga. 

Tentu kita juga harus melakukan perintah Yesus yakni perintah mengasihi dan perintah memberitakan Injil kepada sesama manusia. 

Pergumulan melawan keinginan daging merupakan persoalan utama berpotensi menghalangi pengenalan dan keputusan menempuh jalan, kebenaran, hidup, yang Yesus ajarkan dan kehendaki agar kita melakukannya. 

Kunci utamanya adalah keyakinan iman kita mempercayai segala hal menurut perkataan dan kehendak Yesus. 

Selanjutnya kita menghadapi berbagai tekanan dan rintangan hidup namun jika keyakinan iman tetap teguh niscaya kita akan dimampukan Tuhan menghadapi semua hal yang mengganggu jalan yang sedang kita tempuh yang bertumpu pada kebenaran Tuhan sehingga hari-hari yang kita jalani dalam hidup ini berada dalam tuntunan dan bimbingan Tuhan. 

Kolose 2:7 
Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.  

Semoga kita berhasil sampai akhirnya beroleh Anugerah hidup kekal di Sorga, asalkan kita tetap berpegang teguh pada iman percaya kepada Yesus dan hidup di dalam jalan dan kebenaran Tuhan. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com