Senin, 22 Mei 2017

JADILAH SAKSI KRISTUS










Senin, 22 Mei 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
KISAH 16:11-15 

Lidia penjual kain ungu beserta keluarga dibaptis Paulus di kota Filipi. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 149:1-6a,9b 

Mazmur ini mengenai nyanyian syukur kemenangan bangsa Israel kepada Allah 

C. BACAAN INJIL 
YOHANES 15:26-16:4a 

Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah. Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku. 
(Yohanes 16:2-3) 

Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.  (Yohanes 15:26) 

RENUNGAN HARI INI 

Jaman sekarang banyak pesona duniawi menarik keinginan kedagingan yang menghambat dan menghalangi umat kristiani untuk menjadi saksi Kristus. 

Sebagian besar orang sibuk mengurusi kepentingan sendiri dan sibuk mencari duit meskipun harta kekayaan pribadi sudah lebih dari cukup kebutuhan hidup yang ia perlukan. 

Urusan gereja bukan priortias hidupnya, yach hanya sebagai penyeimbang saja antara duniawi dan rohani walau sering tidak pernah seimbang kenyataannya. 

Padahal Yesus menghendaki setiap orang percaya kepadaNya menjadi saksi Kristus  bagi orang dunia supaya mereka mengalami kasih Kristus

Kisah 1:8 
Kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan 
kamu akan menjadi saksiKu di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi

Jujur saja, kita lebih suka cari aman dan berada di zona kenyamanan daripada menanggung resiko kehilangan harta dan takut hidup menderita; apalagi harus memanggul salib Kristus. 

Menyangkal diri atas kepentingan pribadi saja kagak mau, apalagi menghadapi intimidasi dan aniaya karena menjadi saksi Kristus.. ngeri membayangkannya. 

Berapa banyak orang mengingkari iman percayanya kepada Yesus Kristus demi: 

1) mendapatkan duit dan harta dunia 
2) kesenangan dan kenikmatan duniawi 
3) mengumbar nafsu sex dan narkoba 
4) jabatan dan kuasa 
5) nikah dengan pasangannya 
6) menyelamatkan dirinya dari ancaman 

Seperti Esau menjual hak kesulungan kepada Yakub demi makanan masakan kacang merah sebab tidak menghargai hak kesulungan. 

Kejadian 25:31-34 
Kata Yakub: "Juallah dahulu kepadaku hak kesulunganmu." Sahut Esau: "Sebentar lagi aku akan mati; apakah gunanya bagiku hak kesulungan itu?" Kata Yakub: "Bersumpahlah dahulu kepadaku." Maka bersumpahlah ia kepada Yakub dan dijualnyalah hak kesulungannya kepadanya. Lalu Yakub memberikan roti dan masakan kacang merah itu kepada Esau; ia makan dan minum, lalu berdiri dan pergi. 
Demikianlah Esau memandang ringan hak kesulungan itu

Begitupun orang-orang yang menjual iman percaya kepada Kristus karena ia tidak menghargai keselamatan yang ia terima dari pengorbanan Yesus di Salib karena dikiranya ke-6 hal diatas lebih berharga baginya dan tunggu saja suatu saat pasti menyesal seperti Esau. 

Amsal 14:12 
Ada jalan yang disangka orang lurus, tetapi ujungnya menuju maut

Dalam bacaan pertama dikisahkan Lidia memutuskan percaya kepada Yesus dan mengajak seluruh keluarganya dibaptis. 

Kisah 16:14-15a 
Seorang dari perempuan-perempuan itu yang bernama Lidia turut mendengarkan. Ia seorang penjual kain ungu dari kota Tiatira, yang beribadah kepada Allah. Tuhan membuka hatinya, sehingga ia memperhatikan apa yang dikatakan oleh Paulus. Sesudah ia dibaptis bersama-sama dengan seisi rumahnya... 

Inilah contoh hasil pengInjilan Paulus dan masih banyak lagi orang dunia yang bertobat setelah mendengar kesaksian Paulus tentang Yesus Kristus. 

Anda perlu menyaksikan orang dunia menjadi percaya kepada Yesus Kristus setelah mendengar kesaksian anda tentang bagaimana Yesus mengubah hidup anda dan mengalami hidup dalam kasih Kristus? 

Dibaptis menjadi seorang kristiani adalah awal yang baik namun ada yang lebih penting yaitu bagaimana orang itu hidupnya berubah dan mengalami kasih Kristus di dalam hidupnya hingga suatu hari nanti ia menjadi saksi Kristus. 

Roma 12:2 
Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. 

Sesungguhnya kunci utama mendorong kita memutuskan menjadi saksi Kristus

Pertama 
Kesadaran kita bahwa tujuan hidup kita di dunia ini adalah menuju kepada kekekalan hidup. 

Yohanes 14:2-4 
Di rumah BapaKu banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempatKu, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada. Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ. 

Kedua 
Mentaati perintah Yesus 

Yohanes 14:12 
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepadaKu, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu

Semoga menjadi permenungan kita agar memutuskan menjadi saksi Kristus yang setia sampai kesudahannya dan kita berada di dalam rumah Bapa di Sorga. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com