Rabu, 10 Mei 2017

SANG TERANG HIDUP









Rabu, 10 Mei 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
KISAH 12:24-13:5a 

Pada saat jemaat di Antiokhia beribadah dan berpuasa, Roh Kudus berkata : 
"Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagiKu untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka."  (Kis 13:2b) 

Mereka berdua memberitakan Injil di rumah ibadat orang Yahudi di Siprus. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 67:2-3,5-6,8 

Mazmur ini memohon belas kasihan Tuhan dan memberkati segala bangsa dan menyinari kita dengan wajahNya menyelamatkan kita semua. 

C. BACAAN INJIL 
YOHANES 12:44-50 

Barangsiapa percaya kepada Yesus berarti percaya kepada Bapa, sebaliknya barangsiapa tidak percaya kepada Yesus berarti Firman Tuhan menghakiminya. 

Orang yang mendengar perkataan Yesus tetapi tidak melakukannya berarti firman Tihan menghakiminya. 

Yesus datang sebagai Terang agar setiap orang percaya kepadaNya tidak berada di dalam kegelapan. 

RENUNGAN HARI INI 

Bacaan Injil hari ini mengenai perikop tentang Firman Tuhan yang menghakimi yang disampaikan Yesus di Yerusalem. 

Yesus mengatakan kedatanganNya di dunia ini, bukan untuk menghakimi tetapi untuk menyelamatkan dunia sebab : 

Yohanes 12:46 
Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepadaKu, jangan tinggal di dalam kegelapan. 

Sebelumnya Yesus telah menyatakan siapa dirinya yaitu pada ayat : 

Yohanes 8:12 
Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kataNya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."  

Kebenaran firman Tuhan ini hendaknya semakin menguatkan iman percaya kita kepada Yesus. 

Pertanyaannya adalah
Mengapa sebagian besar orang Yahudi tidak percaya kepada Yesus padahal mereka telah melihat perbuatan mukjizat dan mendengar pengajaran Yesus? 

Dan mengapa bangsa lain diluar Israel justru percaya kepada kesaksian para Rasul dan murid-murid lainnya yang giat memberitakan Injil Yesus Kristus? 

Atas dasar apa, Yesus mengatakan : 
1) diriNya adalah Terang dunia 
2) setiap orang percaya kepadaNya tidak
     akan berjalan dalam kegelapan tetapi
     mempunyai terang hidup? 

Sampai sekarang pertanyaan ini masih ditanyakan oleh orang-orang yang belum percaya kepada Yesus. 

Setiap umat kristiani boleh memberikan kesaksian pengalaman rohani masing-masing mengalami perubahan hidup dari kegelapan menjadi terang hidup. 

Bagaimana Yesus menolong hidupmu dari kesesakan penderitaan dan masalah hidupmu? 

Semua itu berawal dari iman percaya kepada Yesus Kristus sehingga kita mau menyerahkan seluruh hidupku dituntun oleh Yesus melalui FirmanNya karena kita yakin Yesus memberikan terang hidup dan melepaskan kita dari kegelapan hidup yang selama ini terus membutakan mata hati kita sehingga tidak mampu melihat terang hidup. 

Ibrani 11:1 
Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. 

Jelaslah iman merupakan pendorong utama kita percaya kepada Yesus dan buktinya adalah berkat pertolongan Tuhan yang membebaskan kita dari segala persoalan dan penderitaan hidup 

Orang yang mengalami pertolongan dan menerima berkat Tuhan dalam hidupnya biasanya semakin teguh iman percaya kepada Yesus Kristus. 

Terkadang ada yang bersikap seperti benalu yakni ketika menerima berkat dan pertolongan Tuhan maka ia katakan imannya percaya kepada Yesus. 

Tetapi ketika ia mengalami masalah hidup dan doa-doanya belum dijawab Tuhan maka iman percayanya kepada Yesus goyah dan tidak sedikit tergoncang dan beralih iman percayanya kepada hal-hal lain diluar Yesus. 

JADI 

Orang harus melihat cahaya terang yang menyingkapkan kegelapan hidupnya, artinya orang harus mengalami kasih Tuhan melalui berkat-berkat Tuhan dan pertolongan Tuhan di dalam hidupnya

 Bagi orang2 Yahudi yang mau jujur telah menerima pertolongan Yesus ataupun yang menyaksikan perbuatan kasih yang dilakukan Yesus, maka di dalam hatinya pasti mengakui kebaikan Yesus dan mereka yang mengerti hukum Taurat mengakui Yesus adalah Mesias

Namun sayangnya mereka tidak berani mengakuinya karena takut dan mencari aman bagi dirinya. 

Yohanes 12:42-43 
Namun banyak juga di antara pemimpin yang percaya kepadaNya, tetapi oleh karena orang-orang Farisi mereka tidak mengakuinya berterus terang, supaya mereka jangan dikucilkan. Sebab mereka lebih suka akan kehormatan manusia dari pada kehormatan Allah

Hal seperti ini berulangkali terjadi karena memilih keamanan dan kepentingan diri sendiri daripada terlibat masalah hidup. 

Tidak heran mereka tidak melihat cahaya terang yang menyinari hidupnya dan sepanjang hidup diliputi kecemasan, dan kekhawatiran sehingga kegelapan hidup semakin membungkus dirinya. 

Yesus adalah Terang Hidup sebab Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat/Mesias. 

Setiap orang yang percaya kepada Yesus hendaknya tidak bimbang, khawatir, dan takut menghadapi tantangan, rintangan hidup wewaktu-waktu menimpa dirinya. 

Disinilah ujian iman; apakah imannya tetap percaya kepada Yesus dan yakin kegelapan hidup atau penderitaan hidup akan segera lenyap disinari oleh cahaya terang hidup yang memancar dari Sang Terang Hidup di dalam Yesus Kristus. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com