Kamis, 11 Mei 2017

MELAKUKAN TUGAS PERUTUSAN







Kamis, 11 Mei 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
KISAH 13:13-25 

Paulus berkotbah di rumah ibadat di Antiokhia dan menjelaskan tentang perjalanan bangsa Israel keluar dari Mesir hingga kedatangan Sang Mesias di dalam diri Yesus dari keturunan Daud sesuai dengan janji Allah kepada Daud. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 89:2-3,21-22,25,27 

Mazmur ini memuji kesetiaan Allah akan janjiNya kepada Daud. 

C. BACAAN INJIL 
YOHANES 13:16-20 

Dalam perjamuan malam terakhir Yesus membasuh kaki murid-muridNya, ada dua hal yang disampaikan Yesus yakni: 

Pertama 
Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamupun wajib saling membasuh kakimu (Yohanes 13:14) 

Kedua 
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa menerima orang yang Kuutus, ia menerima Aku, dan barangsiapa menerima Aku, ia menerima Dia yang mengutus Aku (Yohanes 13:20) 

RENUNGAN HARI INI 

Ayat Yohanes 13:20 menegaskan bahwa barangsiapa menerima Yesus maka ia juga menerima orang yang Yesus utus untuk memberitakan Injil. 

Pertanyaannya adalah
Bagaimana kita tahu seseorang diutus oleh Tuhan? 

Para Rasul dan murid-murid lainnya telah mengalami penolakan; demikian juga yang dialami Yesus. 

Yesus diutus Bapa dan tanda-tanda yang menyertai Yesus ketika melaksanakan tugas perutusan adalah Kuasa Allah di dalam diri Yesus ketika mengajar. 

Markus 1:22 
Mereka takjub mendengar pengajaranNya, sebab Ia mengajar mereka sebagai orang yang berkuasa, tidak seperti ahli-ahli Taurat. 

Kuasa Tuhan terlihat jelas, terlebih di saat menyembuhkan orang sakit, mengusir setan, membangkitkan orang mati menjadi hidup kembali dan tanda-tanda mukjizat lainnya. 

Lukas 4:36 
Dan semua orang takjub, lalu berkata seorang kepada yang lain, katanya: "Alangkah hebatnya perkataan ini! 
Sebab dengan penuh wibawa dan kuasa Ia memberi perintah kepada roh-roh jahat dan merekapun keluar." 

Demikian juga para Rasul dan murid2 diberi kuasa saat mereka beritakan Injil. 

Markus 16:20 
Merekapun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya

Tanda-tanda menyertai orang percaya adalah sebagai berikut : 

Markus 16:17-18 
Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi namaKu, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh. 

Dengan demikian kita tidak ragu-ragu menerima orang yang diutus Tuhan sebab tanda-tanda berupa kuasa Tuhan menyertai orang yang diutus. 

Ketika seseorang mengajar dan memberitakan Injil, maka kuasa Tuhan menyertainya sehingga ketika orang lain mau mendengar pewartaannya maka kuasa firman Tuhan menyentuh hati dan pikiran bahkan mengubah sikap hidup orang lain tersebut. 

Gereja menyadari akan tugas perutusan memberitakan Injil secara lisan, tulisan, pengajaran, dan melalui kesaksian hidup sebagai saksi Kristus. 

Kita umat kristiani harus yakin bahwa Tuhan menyertai kita dan memampukan kita saat memberitakan Injil maupun saat kita berjuang mengatasi persoalan dan tantangan hidup. 

Roma 8:28 
Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. 

Kenyataannya di jaman sekarang ini tidak banyak umat kristiani bersedia melaksanakan tugas perutusan dengan berbagai alasan dan disebabkan oleh tidak mau memikul salib, menyangkal diri, dan mengikuti Yesus. 

Sebagian besar umat kristiani memilih mengejar kenikmatan duniawi dan mencari kenyamanan pribadi daripada mematuhi perintah Yesus menjadi saksi Kristus dan mewartakan Injil. 

Sepertinya kisah orang kaya dan Lazarus (Lukas 16:19-31) akan terus berlanjut dan sikap pengecut dan pengkhianatan Yudas juga terulang kembali. 

Semoga anda pembaca renungan ini bukan termasuk kedua sikap ini sebab anda memutuskan taat kepada Yesus yang telah berjanji memberikan hidup kekal bagi orang yang mempercayakan hidupnya kepada Yesus. 

Kitab Mazmur dan kitab para rasul pada hari ini menjelaskan bahwa Tuhan Allah setia pada janji-janjiNya sehingga kita hendaknya tidak meragukan Yesus yang telah menyelamatkan hidup kita dan mengAnugerahkan hidup kekal di Sorga.

Oleh karena itu, bagian kita adalah taat melaksanakan perintah Yesus yakni mewartakan Injil dan mengasihi sesama 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com