Sabtu, 13 Mei 2017

JALAN -> KEBENARAN -> HIDUP (BAGIAN-1)








Jumat, 12 Mei 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
KISAH 13:26-33 

Paulus berkhotbah di rumah ibadat Yahudi di Antiokhia bahwa Allah telah menggenapi janjiNya mengAnugerahkan keselamatan dan menggenapi nubuat nabi-nabi bahwa Yesus dibangkitkan. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 2:6-11 

Mazmur ini menyatakan Raja diurapi Tuhan bahwa : 

"Akulah yang telah melantik rajaKu di Sion, gunungKu yang kudus!" Aku mau menceritakan tentang ketetapan Tuhan; Ia berkata kepadaku: "AnakKu engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini.  (Mzm 2:6-7) 

C. BACAAN INJIL 
YOHANES 14:1-6 

Yesus mengatakan diriNya adalah Jalan, Kebenaran, dan Hidup bagi setiap orang percaya kepadaNya serta menyediakan tempat di rumah Bapa. 

RENUNGAN HARI INI 

Di dunia ini banyak jalan bisa dipilih oleh setiap orang dan selalu berpusat pada dua pilihan yang kontradiksi dan saling bertentangan pengaruh masing2 pilihan. 

Memang ada jalan kompromi diantara kedua pilihan jalan tersebut dengan alasan netral, tak memilih ke2 jalan itu. 

Masing-masing mengklaim pilihannya benar, bahkan merasa paling benar dan terkadang memaksa orang lain untuk berpindah pilihan kepada pilihannya. 

Berarti masalah kebenaran menjadi hal utama yang memicu perbedaan pilihan dan menjadi pokok utama menentukan satu pilihan yang sesuai keyakinannya. 

Setiap orang seharusnya mengakui bahwa kebenaran sesungguhnya adalah kebenaran Tuhan paling sempurna. 

Amsal 3:5 
Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. 

Namun seringkali orang mengandalkan kebenaran menurut pengertian sendiri dan tidak bersandar kepada kebenaran Tuhan. 

Persoalannya adalah di dunia ini ada begitu banyak keyakinan iman seseorang kepada Tuhan menurut sudut pandang agamanya atau kepercayaannya. 

Masing2 agama atau aliran kepercayaan lainnya mengajarkan kebenaran yang memberikan kehidupan supaya setiap orang percaya memperoleh keselamatan

Oleh sebab itu Yesus mengatakan : 
Yohanes 14:6 
Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku

Kita umat kristiani percaya dan yakin kepada Yesus; mengikuti jalan Yesus, berpedoman pada kebenaran yang Yesus ajarkan dan hidup di dalam Yesus sehingga kita memperoleh keselamatan dan menerima Anugerah hidup di rumah Bapa di Sorga. 

Yohanes 14:1-2 
Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepadaKu. Di rumah BapaKu banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. 

Inilah keyakinan iman kristiani yang kita pilih melalui jalan, kebenaran, dan hidup sebab kita percaya kepada Yesus. 

Jadi umat kristiani memilih jalan menuju keselamatan melalui Yesus sebagai suatu kebenaran yang menuntun dan membimbing jalan hidup kita sehari-hari 

Suatu ironi bila ada umat kristiani yang mempercayai kebenaran lain yang bukan kebenaran yang Yesus ajarkan dan mau mengikuti jalan yang ditunjukkan oleh kebenaran lain tersebut. 

Misalnya : 
Percaya pada ramalan nasib atau zodiak atau ilah-ilah lain atau mengikuti prinsip kebenaran dunia dan sekaligus percaya kepada Yesus dan hal ini berarti telah mendua-hati. 

Matius 6:24 
Tak seorangpun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon

Padahal Yesus mengingatkan bahwa kita tidak boleh ragu, bimbang, dan gelisah melainkan percayalah kepada Yesus. 

Yohanes 14:1 
Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepadaKu 

Semoga kita umat kristiani memegang teguh keyakinan iman percaya kepada Yesus Kristus dan yakin memilih jalan kebenaran dan hidup bersama Yesus. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com