Rabu, 24 Mei 2017

KUASA FIRMAN TUHAN (BAGIAN-2)












Rabu, 24 Mei 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
KISAH 17:15,22-18;1 

Paulus memberitakan Yesus Kristus dan kebangkitanNya kepada orang-orang di Atena tetapi mereka mengejeknya sebab mereka tidak mau mendengar. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 148:1-2,11-14 

Pujilah Tuhan di Sorga dan malaikatNya serta segala tentaraNya. 

C. BACAAN INJIL 
YOHANES 16:12-15 

Yesus mengatakan Roh Kebenaran akan datang untuk memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran dan memberitakan segala sesuatu yang diterimanya dari pada-Ku dan hal-hal yang akan datang. 

RENUNGAN HARI INI 

Hari ini kita menyaksikan orang-orang Atena tidak mau mendengar tentang Yesus dan kebangkitanNya sebab lebih percaya menyembah pada dewa-dewa. 

Mengapa mereka tidak mau mendengar berita yang baru tentang Yesus? 

Ada baiknya kita coba menyelami sikap hati orang yang telah memliki keyakinan imannya dan umumnya tidak mudah berubah oleh sesuatu ajaran baru yang memberitakan tentang kebenaran lain dari kebenaran agama atau kepercayaan yang bertahun-tahun diimaninya. 

Ada beberapa penyebab seseorang mau melepaskan keyakinan imannya dengan menerima ajaran iman lainnya sebagai kepercayaan imannya yang baru

Pertama 
Mengalami mukjizat dari ajaran iman yang baru; apakah itu menerima berkat rejeki ataukah kesembuhan penyakitnya atau bisa juga pemulihan dari masalah keluarganya. 

Kedua 
Mengalami kekecewaan karena tidak diperhatikan atau tidak ditolong oleh keyakinan imannya yang lama atas penderitaan dialaminya sekian lama. 

Ketiga 
Mengalami sesuatu yang menyentuh hatinya dari ajaran iman baru dimana ia memang kurang mengenal ajaran iman lama yang sebelumnya diyakininya. 

Keempat 
Demi sesuatu tujuan yang diinginkannya maka ia mau pindah keyakinan imannya 
misalnya : menikah beda agama atau demi jabatan atau uang/harta. 

Ke-4 hal ini biasanya sering dialami oleh seseorang yang masih labil imannya sebab terpengaruh situasi hidupnya. 

Pandangan umum lainnya tentang sikap seseorang yang berubah keyakinan iman dari satu agama atau kepercayaan ke agama atau kepercayaan lainnya adalah 

Bagi agamanya atau kepercayaan yang lama dianggap murtad karena pindah agama atau pindah keyakinan imannya. 

Bagi agama atau keyakinan yang baru, ia diterima dengan gembira oleh agama atau kepercayaannya yang baru. 

Itu sebabnya pandangan banyak orang yang mengatakan semua agama atau kepercayaan adalah baik adanya. 

Tetapi kenyataannya ada yang merasa agama atau kepercayaannya saat ini adalah yang terbaik dan yang lain itu salah atau dianggap sesat. 

Jadi tidak aneh bila Paulus ditolak oleh orang-orang Atena ketika memberitakan ajaran baru bagi mereka tentang Yesus. 

Selanjutnya mari kita selidiki hati nurani kita masing-masing tentang keyakinan iman kita kepada Yesus Kristus. 

Pertanyaannya adalah
Apa yang menyebabkan anda bersedia percaya pada Yesus Sang Juruselamat sehingga anda melepaskan keyakinan iman yang lama? 

Jika sebelumnya anda memang belum pernah meyakini agama/kepercayaan tertentu maka welcome dengan agama atau kepercayaan anda yakini saat ini. 

Yesus yang diberitakan dalam Injil tidak pernah kita lihat namun dengan iman, kita percaya kepadaNya karena begitu banyak pengalaman iman yang kita alami yang menyatakan kehadiranNya di dalam hidup kita lewat peristiwa hidup dan mengalami kasihNya lewat berbagai berkatNya dan pertolonganNya. 

Injil Yohanes hari ini Yesus menegaskan bahwa Roh Kebenaran atau disebut Roh Kudus datang setelah Yesus pergi meninggalkan dunia ini. 

Artinya Roh Kudus menyertai hidup kita seperti halnya Yesus menyertai hidup kedua-belas murid utamaNya. 

Hal-hal apa saja yang dikerjakan oleh Roh Kebenaran atau Roh Kudus bisa kita baca dalam Injil Yohanes pasal 16. 

Garisbawahi Yoh 16:13 alinea terakhir : 
Roh Kebenaran akan memberitakan hal-hal yang akan datang

Hal-hal yang akan datang mengandung makna sesuatu yang menyempurnakan hal-hal sebelumnya yang sudah ada atau bisa dikatakan bahwa perwahyuan akan berlangsung dilakukan Roh Kebenaran. 

Kita bisa lihat dan alami wahyu pribadi yang terjadi pada seseorang meskipun memerlukan bimbingan dan peneguhan dari Pastor dalam Gereja Katolik. 

Disamping itu kita hendaknya menekuni Firman Tuhan yang tertulis di kitabsuci supaya menjadi pedoman hidup kita. 

Bagi umat Katolik, ada pedoman hidup lainnya selain kitabsuci yaitu Tradisi yang telah ada sebelum kanonisasi Alkitab seperti bentuk sekarang ini. 

Firman Tuhan memiliki daya kuasa Ilahi bagi orang yang percaya kepada Yesus karena mau menanggapi kebenaran Firman di dalam pertumbuhan imannya sehingga sepanjang hidupnya dituntun oleh kebenaran Firman Tuhan. 

Semoga kita semua terus bersandar pada Firman Tuhan. Amin. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com