Jumat, 19 Mei 2017

PERINTAH SALING MENGASIHI (BAGIAN-2)










Jumat, 19 Mei 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
KISAH 15:22-31 

Para rasul dan panatua beserta seluruh jemaat di Yerusalem memilih beberapa orang menemani Paulus dan Barnabas ke Antiokhia yakni Barsabas dan Silas. 

Mereka menuliskan surat yang berisikan nasehat agar tidak makan daging dan darah yang dipersembahkan kepada berhala dan supaya jemaat di Antiokhia berbuat kebaikan. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 57:8-12 

Mazmur ini bersyukur kepada Tuhan sebab kasih setiaNya diantara suku-suku bangsa. 

C. BACAAN INJIL 
YOHANES 15:12-17 

Perintah Yesus agar saling mengasihi seperti Yesus memberikan nyawaNya karena mengasihi kita. 

Yesus menghendaki kita menghasilkan buah tetap jika kita berbuat seperti apa yang diperintahkan Yesus. 

RENUNGAN HARI INI 

Yohanes 15:12 sangat jelas perintah Yesus, agar kita saling mengasihi sebab Yesus tahu manusia kehilangan kasih akibat dosa sehingga kasih itu sesuatu langka sulit didapat dan tidak banyak orang merasakan dan mengalami kasih di dalam hidupnya. 

Buktinya bisa kita lihat hingga saat ini, manusia semakin hari semakin egois mementingkan diri sendiri dan semakin menipis perasaan belas kasihan kepada orang lain dan tindakan kasih jarang bisa diwujudkan karna terbentur kepentingan diri sendiri. 

Manusia semakin tega membiarkan orang lain hidupnya memderita sebab yang penting dirinya hidup berlimpah ruah kekayaan dan kesenangan duniawi. 

Jadi kasih itu tidak bergantung pada harta kekayaan sebab bisa saja orang sanggup mengumpulkan banyak harta dunia tetapi ia tidak merasakan dikasihi dan ia juga tidak dapat memberi kasih. 

Pengkhotbah 6:2 
Orang yang dikaruniai Allah kekayaan, harta benda dan kemuliaan, sehingga ia tak kekurangan suatupun yang diingininya, tetapi orang itu tidak dikaruniai kuasa oleh Allah untuk menikmatinya, melainkan orang lain yang menikmatinya! Inilah kesia-siaan dan penderitaan yang pahit. 

Terbukti banyak orang kaya mati dalam kesepian dan ada yang bunuh diri karena tidak mengalami kasih dari keluarganya, isteri dan anak-anaknya meninggalkan dirinya yang disebabkan mereka merasa tidak menerima perhatian/kasih darinya. 

Itu sebabnya Yesus memerintahkan agar kita saling memberi kasih kepada orang lain agar saling melengkapi kekurangan diri kita dengan kelebihan orang lain atau kelebihan kita menutupi kekurangan orang lain atau sesama kita. 

2 Korintus 8:14 
Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan. 

Ingatlah !!! 
Kasih itu memberi dengan setulus hati dan bukan menuntut orang lain memberi kepada diri kita. 

Yesus memberi bahkan korbankan diri demi kasihNya kepada kita manusia. 

Yohanes 15:13 
Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya. 

Yesus tidak menuntut tetapi berharap agar kitapun mengasihiNya supaya kita mengalami hidup dipenuhi kasihNya. 
Jadi semua itu untuk kepentingan kita. 

Yohanes 15:11 
Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacitaKu ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh. 

Yesus memberitahu bagaimana agar kita mengalami kasih Yesus dan kasih Bapa Sorgawi adalah menuruti perintah Yesus, apa saja yach perintah Yesus? 

Contohnya: 

Pertama 
Ampunilah kesalahan orang lain 

Matius 12:25 
Jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di sorga mengampuni kesalahan-kesalahanmu. 

Seringkali kasih Tuhan terhalangi karena kita tidak mau mengampuni orang lain. 
Tuhan menghendaki kita ampuni orang lain terlebih dahulu dan sesudah itu kita menerima kasih Tuhan. 
(baca Matius 18:21-25) 

Pengampunan itu adalah bentuk kasih Tuhan paling berharga bagi kita manusia sebab menyelamat kita dan membawa kita keoada kehidupan kekal di Sorga 

1 Petrus 1:18-19 
Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat. 

Oleh sebab itu turutilah perintah Tuhan mengampuni sesama sebab dengan berbuat demikian maka dosa kita juga diampuni Tuhan dan kita menerima kasih Tuhan berupa hidup kekal. 

Kedua 
Berbagilah dengan orang lain 

2 Korintus 9:7-8 
Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita. Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan. 

Dengan berbagi kepada sesama berarti kita telah memberi kasih dan kitapun akan menerima kasih dari orang lain dan Tuhan juga membalas kasih kita dengan kasihNya. 

Simple perintah Yesus dan sangat jelas. 
Terserah kita, apakah mau menurutiNya ataukah tidak menuruti perintah Yesus? 

Amsal mengingatkan agar kita tidak meremehkan firman Tuhan yang juga memuat perintah Yesus tentang kasih. 

Amsal 13:13 
Siapa meremehkan firman, ia akan menanggung akibatnya, tetapi siapa taat kepada perintah, akan menerima balasan. 

Sebaiknya kita hendaknya tunduk dan turuti firman Tuhan supaya mengalami berkat dan kasib Tuhan. 

Mazmur 119:105-106 
FirmanMu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku
Aku telah bersumpah dan aku akan menepatinya, untuk berpegang pada hukum-hukumMu yang adil. 

Yesaya 48:18 
Sekiranya engkau memperhatikan perintah-perintahKu, maka damai sejahteramu akan seperti sungai yang tidak pernah kering, dan kebahagiaanmu akan terus berlimpah seperti gelombang-gelombang laut yang tidak pernah berhenti 

Semoga kita menanggapi firman Tuhan hari ini tentang perintah Yesus agar kita saling mengasihi supaya menghasilkan buah-buah kasih dan setiap orang akan mengalami kasih Tuhan dalam hidupnya 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com