Rabu, 03 Mei 2017

MAKNA KRISTUS BANGKIT










Rabu, 3 Mei 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
1 KORINTUS 15:1-8 

Paulus memberitakan kebangkitan Yesus kepada jemaat di Korintus bahwa bagi orang yang percaya kepada Injil maka mereka beroleh keselamatan. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 19:2-5 

Mazmur ini memuji kemuliaan Tuhan dalam pekerjaan yang dilakukanNya. 

C. BACAAN INJIL 
YOHANES 14:6-14 

Filipus bertanya dimanakah Bapa seperti yang dikatakan Yesus sehingga Filipus ditegur Yesus karena belum mengerti dan mengenal diriNya. 

Lalu Yesus menjelaskan bahwa diriNya dan Bapa adalah satu (ayat 10) dan menasehati : 

Ayat 12 
Sesungguhnya barangsiapa percaya kepadaKu, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. 

RENUNGAN HARI INI 

Kembali kita diajak merenungkan bahwa melalui iman percaya kepada Yesus maka beroleh Anugerah keselamatan dan berita ini berulangkali kita dengar sampai hafal. 

Namun kenyataannya tidak semua umat kristiani meresponi berita keselamatan ini dengan kesungguhan hati dan hal ini terlihat bagaimana sikap hidup sehari2 yang dijalani umat kristiani; apakah telah sesuai dengan kehendak Tuhan ataukah sesuai keinginan sendiri? 

Kita percaya bahwa Yesus telah bangkit tetapi apakah kita juga bangkit dari dosa yang kerapkali kita masih lakukan. 

Padahal seharusnya kita tahu tidak boleh kita lakukan perbuatan dosa lagi karena kita telah menjadi manusia baru dimana manusia lama dikuburkan oleh kematian Yesus di kayu Salib. 

1 Yohanes 3:6 
Karena itu setiap orang yang tetap berada di dalam Dia, tidak berbuat dosa lagi; setiap orang yang tetap berbuat dosa, tidak melihat dan tidak mengenal Dia. 

Hendaknya kita tidak terjebak pada suatu pandangan dari sebagian umat kristiani bahwa dengan percaya kepada Yesus maka pasti beroleh hidup kekal. 

Penafsiran ini sangat dangkal sebab hanya terbatas pada satu bagian saja dan tidak mendalami makna firman Tuhan secara keseluruhan. 

Coba pelajari makna firman Tuhan berikut ini lebih mendalam. 

Yohanes 14:12 
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepadaKu, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu

Sangat jelas Yesus menghendaki setiap orang yang percaya kepadaNya akan melakukan juga pekerjaan yang telah IA lakukan selama berada di dunia ini. 

Jadi tidak sebatas percaya kepada Yesus maka jaminan beroleh hidup kekal pasti terjadi melainkan harus lakukan pekerjaan Yesus yakni beritakan Injil dan melakukan pelayanan rohani kepada banyak orang agar mereka mengalami kesembuhan dan cintakasih Tuhan. 

Momentum kebangkitan Kristus menjadi awal kebangkitan dari belenggu dosa yang mengikat hidup kita. 
Kemudian kita menjalani hidup didalam kebenaran Tuhan dan melakukan tugas pewartaan Injil Tuhan. 

Para Rasul dan pendahulu sebelum kita telah melaksanakan pemberitaan Injil sehimgga kita adalah salahsatu orang yang diaelamatkan karena upaya mereka dan sekarang giliran kita berbuat serupa 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com