Jumat, 12 Oktober 2018

HATI BAPA MENGASIHI ANAKNYA










Kamis, 11 Oktober 2018 

GALATIA 3:1-5  
LUKAS 1:69-75 
LUKAS 11:5-13 

Injil hari ini lanjutan dari Injil kemarin tentang hal berdoa : Doa Bapa Kami. 
Hari ini kita diajak untuk semakin mengenal Allah sebagai BAPA yang mengasihi kita sebagai anak-anakNya. 

Figur BAPA merekatkan hubungan kita manusia dengan Allah; sebelumnya Allah itu sangat jauh menurut pemikiran kita. 

Orang yang mengalami perlakuan keras dari orangtuanya terutama dari ayahnya, biasanya tidak merasakan kasih sayang ayahnya sehingfa akibatnya kepada Allah juga, ia tidak mampu menganggap Allah seperti figur BAPA sayang kepadanya. 

Tidak hanya orang yang terluka batinnya atas perlakuan ayahnya tetapi bisa terjadi juga pada orang yang tidak pernah mau membaca kebenaran Firman Allah sehingga mereka pikir Allah itu tidak peduli dan tidak adil. 

Coba saja kita dengar ada sebagian orang berkata begini : "jika kasih Allah memang ada, kenapa hidupku menderita atau jika Allah itu peduli, kenapa kejahatan dan ketidak-adilan dibiarkan meraja-lela dan sepertinya Allah mendiamkan saja ..." 

Ayat2 firman Allah tidak menyentuh hati sanubarinya, hanya numpang lewat dari telinganya padahal bacaan Injil hari ini sangat jelas, Yesus mengatakan bahwa: 

Lukas 11:9 
Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. 

Berarti ada 3 langkah yang dapat kita lakukan yaitu mintalah, carilah, dan ketoklah, artinya : 

Mintalah 
dengan iman, kita berdoa memohon apa yang kita butuhkan kepada Allah 

Carilah 
tidak cukup berdoa tetapi kita mencari dengan melakukan sesuatu yang menjadi bagian yang dapat kita kerjakan 

Ketoklah 
kita terus fokus membawa diri kita memasuki rumah Tuhan dengan cara mengikuti kehendak Tuhan 

Sama halnya seperti seorang anak yang berusaha menyenangkan hati ayahnya dengan melakukan apa yang ayahnya mau ia lakukan. 

Dengan demikian anak tersebut berbakti kepada ayahnya sehingga tanpa dimintapun si ayah akan senang memberi sesuatu hadiah kepada anaknya.

itu sebabnya Yesus berkata : 
Lukas 11:11-13 
Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan? atau jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking?
Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya. 

Kemudian Rasul Paulus dalam bacaan pertama mengingatkan kita konsisten dan menjaga diri kita tetap setia kepada Allah, dengan cara menjaga perilaku kita. 

Galatia 3:3 
Adakah kamu sebodoh itu? Kamu telah mulai dengan Roh, maukah kamu sekarang mengakhirinya di dalam daging 

Suatu peringatan bagi kita agar jangan sampai kita kembali kepada sikap hidup dalam "kedagingan" yang sarat dipenuhi nafsu duniawi yang telah kita tinggalkan ketika bertobat melainkan tetap menjaga sikap hidup berpaut kepada Allah. 

MAKNA RENUNGAN HARI INI 

Kita harus mengenal dan memahami Allah sebagai BAPA kita. 
Dengan demikian dalam hati kita akan semakin menyayangi BAPA dengan berbuat hal-hal yang menyenangkan hati BAPA kita dan menjauhi hal-hal yang tidak berkenan bagi BAPA kita. 

Semakin kita mengasihi BAPA maka yang ada dalam hati kita dipenuhi oleh kerinduan untuk selalu dekat dan bersama dengan BAPA. 

Hal-hal lain diluar BAPA, sudah tidak menarik perhatian kita lagi karena kerinduan berkumpul bersama BAPA sudah menjadi segala-galanya bagi kita. 

Dan menarik diri kita untuk segera menyelesaikan tugas perutusan agar cepat meninggalkan dunia ini dan kembali kedalam PangkuanNyA. 

Semoga bacaan hari ini semakin menyadarkan kita bahwa sepanjang hari ini hati dan pikiran kita hanya tertuju kepada BAPA dan mulut kita berseru :
BAPA, aku mengasihiMu. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com