Minggu, 07 Oktober 2018

KUASA TUHAN DICURAHKAN










Sabtu, 6 Oktober 2018 

AYUB 42:1-3,5-6,12-17 
MAZMUR 119:66,71 91,125,130
LUKAS 10:17-24 

Lukas 10:19 
Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh, sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu. 

Injil Lukas hari ini menjelaskan bahwa kuasa Allah diberikan pada saat kita melakukan tugas perutusan dariNya. 

Banyak yang ragu-ragu ketika.melakukan tugas perutusan karena mereka kurang menekuni makna kebenaran firman Allah. 

Allah itu tahu batas kemampuan kita sehingga IA memperlengkapi kita dengan kuasaNya namun kita sadari bahwa Allah memberikan kuasaNya jika kita sungguh-sungguh melayani dengan tulus hati. 

Itu sebabnya Yesus menasehati 70 murid-muridnya agar mereka bersikap rendah hati, hindari kesombongan sebab apa yang mereka kerjakan itu karena ada kuasa Allah menyertainya. 

Lukas 10:20 
Namun demikian janganlah bersukacita karena roh-roh itu takluk kepadamu, tetapi bersukacitalah karena namamu ada terdaftar di sorga. 

Pada bacaan pertama, 
Ayub mengakui bahwa Allah sanggup melakukan segala sesuatu sehingga ia menyadari bahwa sakit kusta yang dideritanya adalah bagian rencana Allah untuk mendidik dirinya menjadi semakin kuat dan teguh imannya. 

Sebelumnya Ayub hanya tahu akan keberadaan Allah dari orang lain namun sekarang ia mengalaminya betapa hebat Allah itu. 

Ayub 42;2,5 
Aku tahu, bahwa Engkau sanggup melakukan segala sesuatu, dan tidak ada rencana-Mu yang gagal. Hanya dari kata orang saja aku mendengar tentang Engkau, tetapi sekarang mataku sendiri
memandang Engkau

Dari pengalaman Ayub ini, kita ketahui bahwa : 
DIBALIK PENDERITAAN HIDUP
ADA RENCANA ALLAH YANG LEBIH INDAH TERHADAP DIRI KITA. 

Rasul Paulus sudah menangkap arti dan maksud Allah tersebut diatas dimana ia juga tadinya mengeluh atas penganiayaan yang dialaminya tetapi Allah menegornya seperti Allah juga menegor Ayub. 
(pasti Allah juga menegor kita) 

2 Korintus 12:7-9 
supaya aku jangan meninggikan diri karena penyataan-penyataan yang luar biasa itu, maka aku diberi suatu duri di dalam dagingku, yaitu seorang utusan Iblis untuk menggocoh aku, supaya aku jangan meninggikan diri. Tentang hal itu aku sudah tiga kali berseru kepada Tuhan, agar utusan Iblis itu mundur dari padaku. 
Tetapi jawab Tuhan kepadaku: "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku. 

Luar Biasa! 
Kenyataan yang dialami Rasul Paulus mencelikkan mata hati kita bahwa kuasa Allah justru menjadi sempurna disaat kita lemah dan butuh kuasa tersebut. 

Ketika kita bertugas dalam pelayanan seringkali kita tak tahu mesti berbuat bagaimana bila berhadapan dengan orang yang mengalami luka batin atau orang yang sedang kerasukan setan; maka dari itu kita butuh kuasa Allah untuk membebaskan orang tersebut. 

Jelas sudah makna firman Allah hari ini bahwa justru didalam kelemahan kita maka kuasa Allah bekerja dan yang terpenting adalah kita mau bersikap terbuka, rendah hati supaya kuasa Allah dinyatakan sehingga iman kita semakin diteguhkan melihat mukjijat Allah dan kita menjadi bagian dari terjadinya mukjijat tersebut. 

2 Korintus 12:10  
Karena itu aku senang dan rela di dalam kelemahan, di dalam siksaan, di dalam kesukaran, di dalam penganiayaan dan kesesakan oleh karena Kristus. Sebab jika aku lemah, maka aku kuat. 

Kita perlu terus menerus belajar untuk mengetahui dan mengenal Allah melalui bacaan di Alkitab agar relasi kita semakin dekat dan intim denganNya, semakin peka terhadap Kuasa Allah yang hendak dinyatakan pada saat kita sedang melakukan tugas pelayanan. 

Mazmur 119:66 
Ajarkanlah kepadaku kebijaksanaan dan pengetahuan yang baik, sebab aku percaya kepada perintah-perintahMu. 

Semoga kita menjadi perpanjangan tangan Allah untuk menjangkau banyak orang yang membutuhkan Kuasa Allah yang akan memulihkan hidup mereka. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com