Rabu, 31 Oktober 2018

SIAPA YANG DISELAMATKAN TUHAN?








Rabu, 31 Oktober 2018 

EFESUS 6:1-9 
MAZMUR 145:10-14 
LUKAS 13:22-30 

Lukas 13:23  
Dan ada seorang yang berkata kepadaNya: "Tuhan, sedikit sajakah orang yang diselamatkan?"  

Berbicara soal keselamatan, tidak banyak orang tertarik membahasnya dan dapat menimbulkan pertentangan pendapat karena perbedaan keyakinan iman orang tentang keselamatan. 

Umat kristiani meyakini keselamatan itu adalah Anugerah Allah bagi setiap orang percaya kepada Yesus Kristus. 

Yohanes 3:16 
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. 

Ada yang berpandangan bahwa hanya dengan iman percaya kepada Yesus maka dirinya diselamatkan sedangkan yang lain mengatakan; iman dan perbuatan yang menyelamatkan. 

Bacaan Injil hari ini, Yesus menjawab pertanyaan tentang sedikitkah orang yang diselamatkan? 

Lukas 13:24 
Jawab Yesus kepada orang-orang di situ: Berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu! Sebab Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat. 

Mengapa banyak orang tidak berhasil masuk melalui pintu yang sesak? 

Memang tidak dijelaskan penyebabnya tetapi kita bisa ketahui bila mencermati perkataan, pengajaran, serta nasehat Yesus disepanjang Injil, diantaranya: 

Yohanes 10:9 
Akulah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput. 

Artinya melalui Yesuslah, kita beroleh keselamatan
Yohanes 14:6 
Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. 

Untuk masuk melalui pintu yang sesak maka kita harus berjuang : 
1) meninggalkan perbuatan dosa 
2) menanggalkan keterikatan kedagingan 
3) taat/setia melakukan kehendak Tuhan 

Ketiga hal ini penyebabnya banyak orang yang tidak berhasil melalui pintu sesak karena kecenderungan manusia ingin mengatur dirinya sendiri dan tidak mau diatur oleh Tuhan sehingga rentan sekali terhadap dosa. 

Roma 3:23 
Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah 

Meskipun tahu Tuhan melarang tidak boleh melakukan perbuatan dosa tetapi karena tidak mau mengendalikan nafsu kedagingan maka kita kompromi dosa. 

Kenikmatan dan kesenangan dunia amat sangat mengiurkan sehingga sulit sekali menolaknya bila relasi kita tidak dekat dengan Tuhan. 

Itu sebabnya Yesus mengatakan melalui pintu yang lebar menuju kebinasaan. 
Matius 7:13 
Masuklah melalui pintu yang sesak itu, karena lebarlah pintu dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya 

Kita pikir Tuhan maklum kelemahan kita dan mengampuni dosa yang kita lakukan karena Tuhan sangat mengasihi kita karena kita tidak setia dan taat untuk hidup di dalam kebenaran Tuhan. 

Lukas 13:26-27 
Maka kamu akan berkata: Kami telah makan dan minum di hadapanMu dan Engkau telah mengajar di jalan-jalan kota kami. Tetapi Ia akan berkata kepadamu: Aku tidak tahu dari mana kamu datang, enyahlah dari hadapanKu, hai kamu sekalian yang melakukan kejahatan! 

Ketaatan dan kesetiaan itu amat penting dan menentukan keselamatan kita. 

Banyak orang, awalnya mau melakukan kehendak Tuhan tetapi tidak mampu menyelesaikannya hingga akhir karena tergoda pesona dunia dan tidak menjaga relasinya dengan Tuhan. 

Sebab ia melakukan kehendak Tuhan untuk kepentingan dirinya dan bukan untuk menyenangkan Hati Tuhan yang telah mengasihi dirinya. 

Lukas 13:30 
Dan sesungguhnya ada orang yang terakhir yang akan menjadi orang yang terdahulu dan ada orang yang terdahulu yang akan menjadi orang yang terakhir 

JADI 

Kita harus kerjakan keselamatan itu dengan berjuang melawan keinginan berbuat dosa supaya kita tetap berada di dalam Anugerah Keselamatan yang kita peroleh dari Yesus Kristus. 

Filipi 2:12a,13  
Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, ... karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaanNya. 

Semoga kita semua termasuk bilangan yang diselamatkan karena kita bersiap sedia memperjuangkan keselamatan. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com