Selasa, 27 November 2018

BAIT ALLAH AKAN DIRUNTUHKAN












Selasa, 27 November 2018 

WAHYU 14:14-20 
MAZMUR 96:10-13 
LUKAS 21:5-11 

Lukas 21:5-6 
Ketika beberapa orang berbicara tentang Bait Allah dan mengagumi bangunan itu yang dihiasi dengan batu yang indah-indah dan dengan berbagai-bagai barang persembahan, berkatalah Yesus: "Apa yang kamu lihat di situ — akan datang harinya di mana tidak ada satu batupun akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain; semuanya akan diruntuhkan. 

Injil Lukas hari ini memuat perikop Bait Allah akan diruntuhkan dan sebagian perikop tentang permulaan penderitaan.

Sekilas saya termenung membaca perkataan Yesus mengenai bangunan Bait Allah yang akan diruntuhkan. 

Sekarang ini di kota besar dapat kita saksikan bangunan gereja megah dan menghabiskan dana puluhan milyar bahkan di Pontianak, bangunan gerejanya tidak kalah megah dengan gereja yang ada di Jakarta. 

Namun ada juga bangunan gereja yang sudah tua dan tidak layak lagi dipakai tetapi berhubung dananya kurang maka terpaksa digunakan juga. 

Ternyata di dunia ini di segala bidang termasuk bangunan gereja, perbedaan antara yang megah dan yang apa adanya terlihat jelas. yah inilah dunia ... jurang pemisah selalu ada yang miskin dengan yang kaya. 

Membangun gedung gereja itu tidak perlu harus megah, yang sederhana saja dan ada AC sudah cukup. 
toch lebih baik dananya digunakan untuk keperluan membangun umat agar bertumbuh dan dapat berbuah. 

Bait Allah atau Gereja disini maksudnya tidak hanya berupa gedung/bangunan Gereja melainkan berbicara mengenai umat kristiani adalah Gereja. 

1 Korintus 3:16-17 
Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu? Jika ada orang yang membinasakan bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia. Sebab bait Allah adalah kudus dan bait Allah itu ialah kamu 

Apabila Bait Allah/Gereja diruntuhkan, apakah itu bangunan Gereja ataukah kesatuan umat beriman maka artinya terlepas dari Allah atau menjauh dari Allah; lehidupan kerohanian kita. 

Selanjutnya, mari kita simak, ayat 7: 
murid-murid bertanya kepada Yesus, katanya: "Guru, bilamanakah itu akan terjadi? Dan apakah tandanya, kalau itu akan terjadi?"

dan kita dengar jawaban Yesus
ayat 8
Waspadalah, supaya kamu jangan disesatkan. Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Dia, dan: Saatnya sudah dekat.Janganlah kamu mengikuti mereka. 

Rupanya Yesus mau menyampaikan bahwa Ia akan pergi meninggalkan murid-muridNya menuju Salib untu menyelesaikan tugasNya di dunia ini. 

Untuk kita yang hidup di jaman ini, perikop ini mengingatkan kita agar waspada dan mempersiapkan diri melalui tanda2 kedatangan Yesus kedua kalinya. 

Mazmur 96:13b 
Ia datang menghakimi dunia dengan keadilan dan bangsa-bangsa dengan kesetiaanNya. 

JADI 

Ketika gereja akan mengalami aniaya berupa penghancuran gedung gereja seperti yang terjadi di Tiongkok dan juga terjadi di negeri kita maka kita tidak perlu panik sebab hal itu merupakan tanda-tanda sebelum Yesus datang kedua kalinya. 

Memang ngeri membayangkan jika sudah tiba waktunya akan terjadi hal-hal seperti yang telah dikatakan Yesus dalam bacaan injil hari ini. 

Semoga kita segera sadar dan segera bersiap-siap menghadapi semua tanda-tanda yang sepertinya sudah mulai terjadi, seraya kita memohon penyertaan Roh Kudus agar kita dapat bertahan dan melewatinya. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com