Selasa, 12 Maret 2019

BAPA TAHU YANG KAMU PERLUKAN


Selasa, 12 Maret 2019

YESAYA 55:10-11 
MAZMUR 34:4-7,16-19  
MATIUS 6:7-15 

Matius 6:8b 
Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepadaNya

Membaca Firman Tuhan ini membuat hati kita senang dan berharap Bapa Surgawi mengabulkan doa permohonan kita artinya memberikan segala hal yang kita perlukan. 

Tetapi mungkin diantara anda pembaca renungan ini, ada yang komplain karena hidupnya saat ini menderita padahal doa permohonan sering dipanjatkan namun belum dikabulkan. 

Saking lama doanya belum ada hasilnya maka imannya menjadi lemah dan nyaris tidak lagi percaya doa2-nya dikabulkan. 

Bahkan ada yang mempertanyakan
benarkah Bapa Surgawi mengasihi dirinya sebab sekian lama hidupnya menderita dan tidak mendapatkan pertolongan. 

Firman Tuhan tidak mau didengarnya lagi sebab menurutnya, tak ada gunanya dan buktinya, Firman Tuhan tidak digenapi di dalam hidupnya. 

Yesaya 55:11 
Demikianlah firmanKu yang keluar dari mulutKu: ia tidak akan kembali kepadaKu dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya. 

Benarkah demikian? 

Mari kita kupas dan temukan makna dari kedua ayat Firman Tuhan yang ada kaitan dengan terkabulnya doa permohonan. 

Matius 6:7-8 menekankan bahwa
1) Jangan berdoa bertele-tele 
2) Bapa tahu apa yang kita perlukan 

Yesaya 55:11 menekankan bahwa
Pertama 
Firman Tuhan akan melaksanakan apa yang Tuhan kehendaki 
Kedua 
Firman Tuhan akan berhasil sesuai yang Tuhan perintahkan 

Bapa tahu yang kita perlukan (Mat 6:8b) tetapi akan diberikan sesuai dengan kehendakNya (Yesaya 55:11) yang telah dinyatakan dalam FirmanNya. 

Kita tidak bisa menuntut janji Tuhan Allah yang kita panggil Bapa karena iman kita pada Yesus Kristus (Roma 8:14-16) tetapi kita mesti yakin dan percaya bahwa Bapa memberikan yang terbaik kepada kita (Matius 7:11) menurut kehendakNya (Yohanes 15:7) dan waktuNya (Yesaya 55:11). 

Matius 7:11 
Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepadaNya. 

Yohanes 15:7 
Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firmanKu tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya. 

Masih banyak ayat Firman Tuhan lainnya yang tertulis di Alkitab (kitabsuci) yang menyatakan kebaikan Tuhan kepada kita manusia untuk menunjukkan KasihNya. 

Yesus menuangkan semua itu dengan mengajarkan doa Bapa kami supaya kita mengerti, Bapa sangat mengasihi kita dan menghendaki hidup kita bahagia 

Doa Bapa kami ada dua bagian yaitu

Bagian Pertama 
Kita mengakui kedaulatan Bapa dan kita menerima segala sesuatu sesuai dengan kehendak Bapa. 

Matius 6:9-10 
Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah namaMu, datanglah KerajaanMu, jadilah kehendakMu di bumi seperti di sorga. 

Bagian Kedua 
Kita memohon kepada Bapa dan berharap dikabulkan doa-doa kita. 

Matius 6:11-13 
Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. [Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.] 

Dengan demikian, jelaslah bahwa Bapa tidak hanya tahu keperluan kita tetapi Bapa sangat mengasihi kita dengan memberikan yang terbaik untuk kita menurut waktu dan kehendakNya. 

Bagian kita sebagai anak-anakNya adalah melakukan segala sesuatu perintahNya dengan taat dan setia supaya hubungan kita semakin intim dan mesra bersamaNya. 

Semoga kita semua menyadari betapa pentingnya relasi kita dengan Bapa agar tidak mudah digoyahkan oleh tipu daya si Iblis yang berusaha menjauhkan kita dari Kasih Bapa dengan memberikan segala sesuatu dari dunia ini yang sementara dan akan menjerumuskan kita ke alam maut sehingga kita tidak beroleh hidup kekal di Surga. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com