Rabu, 13 Maret 2019

TANDA NABI YUNUS


Rabu, 13 Maret 2019

YUNUS 3:1-10 
MAZMUR 51:3-4,12-13,18-19 
LUKAS 11:29-32  

Lukas 11:29 
Ketika orang banyak mengerumuniNya, berkatalah Yesus: "Angkatan ini adalah angkatan yang jahat. Mereka menghendaki suatu tanda, tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus. 

Sering sekali kita diingatkan tentang apa yang terjadi pada nabi Yunus dan tentang penduduk kota Niniwe termasuk rajanya. 

Ada dua hal pokok menjadi peringatan bagi kita dari tanda nabi Yunus yaitu

Hal Pertama 
Jangan menolak perintah Tuhan tetapi lakukanlah dengan segenap hati 

Yunus 1:2-3 
"Bangunlah, pergilah ke Niniwe, kota yang besar itu, berserulah terhadap mereka, karena kejahatannya telah sampai kepadaKu." Tetapi Yunus bersiap untuk melarikan diri ke Tarsis, jauh dari hadapan Tuhan; ia pergi ke Yafo dan mendapat di sana sebuah kapal, yang akan berangkat ke Tarsis. Ia membayar biaya perjalanannya, lalu naik kapal itu untuk berlayar bersama-sama dengan mereka ke Tarsis, jauh dari hadapan Tuhan. 

Hal Kedua 
Jangan berbuat dosa dan bertobatlah 

Yunus 3:10 
Ketika Allah melihat perbuatan mereka itu, yakni bagaimana mereka berbalik dari tingkah lakunya yang jahat, maka menyesallah Allah karena malapetaka yang telah dirancangkanNya terhadap mereka, dan Iapun tidak jadi melakukannya. 

Ada yang beralasan bahwa dirinya tidak tahu perintah dan kehendak Tuhan karena tidak membaca Firman Tuhan di Alkitab padahal setiap orang pasti hati nuraninya menasehati agar tidak melakukan hal-hal yang Tuhan tidak berkenan. 

Tuhan Allah pasti mengetuk pikiran dan hati setiap orang akan kebenaran yang Tuhan kehendaki namun seringkali banyak orang mengabaikannya karena tidak dapat mengendalikan keinginan daging yang sarat dengan hawa nafsu. 

Yehezkiel 36:26-27 
Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. RohKu akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapanKu dan tetap berpegang pada peraturan-peraturanKu dan melakukannya. 

Di satu sisi Tuhan menginginkan kita manusia mau hidup menurut segala ketetapan dan perintahNya. 

Di sisi lain, Tuhan memberikan pilihan bebas kepada kita manusia; apakah mau menurut dan mentaati perintah Tuhan atau menolak. 

Namun ada saatnya Tuhan menetapkan seseorang menjadi utusanNya seperti Yunus untuk menyampaikan berita pada orang lain, dalam hal ini penduduk kota Niniwe tentang kedosaan mereka. 

Demikian juga dalam hal lain, Tuhan juga memakai seseorang untuk memberitakan Injil dan tugas perutusan lainnya. 

Yohanes 15:16a 
Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. 

J A D I 

Jelaslah bahwa setiap orang pasti tahu tentang hal-hal kebaikan dan keburukan sebab Hawa dan Adam telah makan buah pengetahuan baik dan buruk. 

Tuhan mau kita manusia mau berbalik kepadaNya dan bertobat, setelah itu tinggalkan semua perbuatan dosa kita. 

Mazmur 51:3-4 
Kasihanilah aku, ya Allah, menurut kasih setiaMu, hapuskanlah pelanggaranku menurut rahmatMu yang besar! Bersihkanlah aku seluruhnya dari kesalahanku, dan tahirkanlah aku dari dosaku! 

Kebiasaan jelek kita manusia maunya berbuat dosa sehingga sering melanggar perintah Tuhan dan tidak mau menuruti Tuhan dengan taat dan setia. 

Setelah mengalami penderitaan maka biasanya kita baru sadar dan berusaha mendekat kepada Tuhan. 

Seperti Yunus, setelah ditelan perut ikan paus selama 3 hari dan akhirnya Yunus mau menuruti perintah Tuhan yakni ia pergi ke Niniwe untuk sampaikan berita dari Tuhan kepada penduduk Niniwe bahwa kota mereka akan dihancurkan oeh Tuhan Allah. 

Setelah Tuhan tidak jadi menghancurkan kota Niniwe dan mengampuni karena pertobatan mereka; justru Yunus marah pada Tuhan dan nyatakan kekecewaan Yunus pada Tuhan (baca Yunus pasal 4). 

Oleh sebab itu belajarlah dari tanda Yunus supaya kita mawas diri, menjauhi segala perbuatan dosa dan melakukan perintah dan kehendak Tuhan Allah. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com