Senin, 11 Maret 2019

HIDUP KEKAL ATAU API KEKAL, PILIHANMU?


Senin, 11 Maret 2019

IMAMAT 19:1-2,11-18  
MAZMUR 18:8-10,15 
MATIUS 25:31-46 

Bacaan Injil hari ini dari perikop tentang penghakiman terakhir dimana pada hari itu setiap orang akan dipisahkan seperti gembala memisahkan domba di sebelah kanan dan kambing di sebelah kiri (baca ayat 31-33). 

Domba-domba adalah lambang dari orang-orang diberkati Bapa Surgawi dan menerima Kerajaan atau menerima hidup kekal (ayat 46b)

Matius 25:34 
Raja itu akan berkata kepada mereka yang di sebelah kananNya: Mari, hai kamu yang diberkati oleh BapaKu, terimalah Kerajaan yang telah disediakan bagimu sejak dunia dijadikan. 

Kambing-kambing adalah lambang dari orang-orang terkutuk dan yang masuk ke dalam api yang kekal (ayat 46a). 

Matius 25:41 
Dan Raja akan berkata juga kepada mereka yang di sebelah kiriNya: Enyahlah dari hadapanKu, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya. 

Pertanyaannya adalah
Mengapa ada orang yang diberkati dan ada orang terkutuk? apa kriterianya? 

Orang-orang diberkati Bapa Surgawi ialah orang-orang yang melakukan perbuatan baik atau kasih (ayat 35-36) sedangkan orang-orang terkutuk ialah yang tidak melakukan perbuatan baik (ayat 42-43). 

Matius 25:35-36 
Sebab ketika Aku lapar, kamu memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu memberi Aku minum; ketika Aku seorang asing, kamu memberi Aku tumpangan; ketika Aku telanjang, kamu memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit, kamu melawat Aku; ketika Aku di dalam penjara, kamu mengunjungi Aku. 

Aku disini maksudnya adalah
Raja = Anak Manusia = Tuhan Yesus 

Bila kita berbuat baik atau berbuat kasih kepada seseorang berarti melakukannya untuk Tuhan Yesus. 

Matius 25:40 
Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudaraKu yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku. 

Dalam surat Yohanes ditegaskan kembali bahwa tidak akan bisa mengasihi Allah bila tidak berbuat kasih terhadap saudaranya yang bisa dilihat. 

1 Yohanes 4:20 
Jikalau seorang berkata: "Aku mengasihi Allah," dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta, karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya. 

Kolose 3:23 
Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. 

JADI 

Hari ini kita diingatkan akan pilihan hidup yang telah kita pilih atau bila belum maka silahkan tentukan pilihan hidupmu. 

Hanya ada pilihan yakni : 
1) hidup kekal (=surga) 
2) api kekal (=neraka) 

Setelah memilih maka berbuatlah sesuai dengan pilihan kita masing-masing; 
menjadi orang terberkati atau menjadi orang terkutuk di hadapan Allah? 

Tanpa komitmen dan perjuangan maka kita tidak akan mencapai keberhasilan. 

Pilihan terbaik dalam hidup ini adalah berbuatlah kasih sesuai dengan kehendak Tuham Allah maka kita beroleh hidup kekal di Surga. 

Akan tiba waktu penghakiman terakhir yang menghakimi setiap orang untuk mempertanggung-jawabkan perbuatan selama hidup di dunia ini. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com