Sabtu, 09 Maret 2019

YESUS DATANG SUPAYA KITA BERTOBAT


Sabtu, 9 Maret 2019

YESAYA 58:9b-14 
MAZMUR 86:1-6 
LUKAS 5:27-32

Lukas 5:31-32 
Lalu jawab Yesus kepada mereka, kataNya: "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, tetapi orang berdosa, supaya mereka bertobat."  

Garis bawahi kata : supaya bertobat. 
Inilah maksud Yesus mengatakan Aku datang memanggil orang berdosa dan Aku datang untuk orang sakit. 
Sekali lagi, supaya bertobat !!! 

Tidak mudah seseorang untuk bertobat. 
Seringkali merasa tidak berdosa sehingga tidak merasa perlu untuk bertobat. 
Kebiasaan pendapat ini merasa tidak berdosa masih terjadi sampai saat ini. 

Surat Yohanes mengingat bahwa: 
1 Yohanes 1:8,10 
Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita. Jika kita berkata, bahwa kita tidak ada berbuat dosa, maka kita membuat Dia menjadi pendusta dan firmanNya tidak ada di dalam kita. 

Kita ini manusia berdosa, akui saja dan tidak perlu sombong di hadapan Allah. 
Roma 3:23 
Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah 

Tuhan Allah sangat mengasihi manusia sehingga Yesus datang ke dunia ini.untuk menyelamatkan manusia. 

Yohanes 3:16 
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. 

Dengan bertobat maka kita diampuni dosa kita dan diselamatkan. 
1 Yohanes 1:9 
Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan..

Inilah yang dikehendaki Yesus sehingga Ia katakan datang untuk orang berdosa agar mau bertobat dan kemudian beroleh keselamatan dan hidup kekal. 

Seperti Daud mau mengakui dosanya karena dia tahu Tuhan sangat baik mau mengampuni dosanya. 

Mazmur 86:5 
Sebab Engkau, ya Tuhan, baik dan suka mengampuni dan berlimpah kasih setia bagi semua orang yang berseru kepadaMu. 

Satu hal yang mesti kita lakulan dengan sungguh-sungguh yaitu agar kita tidak berbuat dosa lagi tetapi berbuatlah banyak kebaikan yang Tuhan berkenan. 

Yesaya 1:16 
Basuhlah, bersihkanlah dirimu, jauhkanlah perbuatan-perbuatanmu yang jahat dari depan mataKu. Berhentilah berbuat jahat, belajarlah berbuat baik. 

Mikha 6:8 
"Hai manusia, telah diberitahukan kepadamu apa yang baik. Dan apakah yang dituntut Tuhan dari padamu: selain berlaku adil, mencintai kesetiaan, dan hidup dengan rendah hati di hadapan Allahmu?" 

Rasul Paulus juga menasehati agar kita tidak berbuat dosa terus menerus tetapi kita menjaga diri kita agar tidak berbuat dosa melainkan berbuat kebaikan. 

Roma 6:12-13 
Sebab itu hendaklah dosa jangan berkuasa lagi di dalam tubuhmu yang fana, supaya kamu jangan lagi menuruti keinginannya. Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran. 

Maka dari itu, 
Janganlah mencobai Tuhan Allah dengan sengaja berbuat dosa sebab memang Tuhan itu baik dan mau mengampuni tetapi ada saatnya Tuhan juga Hakim Adil yang menghakimi setiap perbuatan kita. 

Ibrani 10:26-27 
Sebab jika kita sengaja berbuat dosa, sesudah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran, maka tidak ada lagi korban untuk menghapus dosa itu. Tetapi yang ada ialah kematian yang mengerikan akan penghakiman dan api yang dahsyat yang akan menghanguskan semua orang durhaka. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com