Kamis, 07 Maret 2019

SYARAT MENGIKUTI YESUS

Kamis, 7 Maret 2019

ULANGAN 30:15-20 
MAZMUR 1:1-4,6 
LUKAS 9:22-25 

Lukas 9:23 
KataNya kepada mereka semua: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinyamemikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku

Menyangkal dirinya secara hurufiah artinya tidak membenarkan diriya atau  menolak dirinya. 

Apa yang disangkal yakni kebenaran diri sendiri atau dengan katalain, menyangkal dirinya berarti orang tersebut mengakui di.dalam dirinya tidak ada kebenaran sehingga mengakui kebenaran Tuhan yang menjadi pegangan hidupnya dan bukan kebenaran dirinya

Salib = dua balok kayu disilangkan yakni satu balok kayu berdiri dan satu balok melintang sejajar dari kiri ke kanan. 

Memikul salib berarti menaruh beban berupa beban balok kayu berupa salib diatas bahunya/pundaknya. 

Dengan katalain: memikul salib setiap hari artinya bersedia memikul beban dalam hidupnya setiap hari

Yesus mengatakan bahwa setiap orang yang mau mengikut diriNya maka orang tersebut harus mengakui kebenaran Allah sebagai kebenaran di dalam dirinya (=menyangkal diri) dan menerima beban di dalam hidupnya (=memikul salib) dan menuruti apa yang diajarkan Yesus dan yang dikehendaki Yesus (=mengikut Yesus). 

Hal ini harus dimengerti, dilakukan dan ditaati namun sayangnya banyak yang tidak taat melakukannya. 

Kita umat kristiani diingatkan kembali untuk mengikuti teladan Yesus yang telah mengorbankan dirinya demi untuk menyelamatkan kita manusia. 

Itu sebabnya Yesus berkata: 
Lukas 9:24. 
Barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan menyelamatkannya. 

Kitapun hendaknya mau mengorbankan diri untuk orang lain seperti dilakukan oleh Yesus agar orang lain menerima keselamatan dari Tuhan Allah. 

Mengapa demikian? 

Karena kita mengakui kebenaran Allah dan menerima beban hidup maka kita menuruti kehendakNya dan mengikuti segala sesuatu yang dilakukan Yesus. 

Salahsatu yang dikehendaki Yesus adalah kita mengasihi Tuhan Allah dengan cara mengikuti jalan yang ditunjukNya dan berpegang pada ajaran, perintah, dan ketetapan/peraturanNya. 

Ulangan 30:16 
Pada hari ini aku memerintahkan kepadamu untuk mengasihi Tuhan, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkanNya dan berpegang pada perintah, ketetapan dan peraturanNya, supaya engkau hidup dan bertambah banyak dan diberkati oleh Tuhan, Allahmu, di negeri ke mana engkau masuk untuk mendudukinya. 

Kemarin kita diingatkan dengan tanda abu (=rabu abu) supaya sadar diri bahwa kita harus hidup di dalam Tuhan. 

Dan hari ini kita diingatkan untuk fokus mengikut Yesus dengan cara sangkal diri dan pikul salib. 

Kedua hal menunjukkan bahwa kita mesti menjalani hidup menurut jalan Yesus dan sesuai dengan kehendak dan perintahNya serta kebenaran Tuhan Allah. 

Sangkal diri, pikul salib, mengikut Yesus (=sangkuli) adalah gaya hidup setiap orang yang percaya kepada Yesus. 

Permenungan kita hari ini sehubungan dengan masa pra-paskah maka fokusnya pada pengorbanan Yesus agar kita juga mengikuti teladan Yesus yakni kita mau mengorbankan diri untuk orang lain demi keselamatan diri orang lain. 

Jika tidak melakukan seperti yang Yesus kehendaki (sangkuli) maka akibatnya atau konsekwensinya akan merugikan diri kita sendiri bahkan dapat membinasakan diri sendiri. 

Lukas 9:25  
Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia, tetapi ia membinasakan atau merugikan dirinya sendiri? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com