Senin, 03 Agustus 2020

TAKUTLAH KEPADA TUHAN ALLAH











SENIN, 3 AGUSTUS 2020

YEREMIA 28:1-17 

Nabi Yeremia mengatakan kepada nabi Hananya bahwa dia tidak diutus Allah dan karenanya dia akan mati akhir tahun ini karena telah menyebarkan dusta kepada bangsa Israel tentang nubuatan bahwa Allah akan memulihkan bangsa Israel dari raja Babel yakni Nebukadnezar padahal belum saatnya tiba. 

MAZMUR 119:29,43,79-80,95 

Jauhkanlah jalan dusta dari padaku, dan karuniakanlah aku TauratMu. 
Biarlah hatiku tulus dalam ketetapan-ketetapanMu, supaya jangan aku mendapat malu. Aku tidak menyimpang dari hukum-hukumMu, sebab Engkaulah yang mengajar aku. 

MATIUS 14:22-36 

Murid-murid ketakutan dikiranya hantu padahal Yesus berjalan diatas air. 
Petrus meminta Yesus agar dirinya dapat datang mendekati Yesus namun karena ada tiupan angin membuat Petrus hanpir jatuh jika tidak dipegang oleh Yesus. 

RENUNGAN 

Takut kepada Tuhan berarti tunduk kepada Tuhan; melakukan kehendak dan perintah Tuhan dengan taat dan setia karena percaya kepada Tuhan mengasihi dan menyelamatkan hidup kita. 

Perasaan takut justru timbul karena tidak percaya atau tidak yakin kepada Tuhan melindungi dan mengasihi dirinya. 

Orang yang tidak dapat mengendalikan dirinya dari perasaan takut disebabkan pikirannya dipengaruhi pendapat dunia tentang takut kepada hantu, seperti yang dialami murid-murid Yesus dalam perahu yang sedang diterjang angin sakal melihat Yesus berjalan diatas air dikira hantu. 

Matius 14:24-26 
Perahu murid-muridNya sudah beberapa mil jauhnya dari pantai dan diombang-ambingkan gelombang, karena angin sakal. Kira-kira jam tiga malam datanglah Yesus kepada mereka berjalan di atas air. Ketika murid-muridNya melihat Dia berjalan di atas air, mereka terkejut dan berseru: "Itu hantu!", lalu berteriak-teriak karena takut. 

Jika tidak bergaul karib dengan Firman Tuhan maka pikiran dan hati dikuasai oleh pendapat/falsafah dunia yang diakui sebagai standar kebenaran dan hati juga dikuasai oleh kesenangan dunia yang sarat dengan hawa nafsu kedagingan. 

Lihatlah bangsa Israel yang hancur luluh dijajah bangsa Asyur dan bangsa Babel karena mengabaikan perintah Allah yang disampaikan lewat para nabi agar mereka bertobat dan kembali kepada Allah. 

Kitapun demikian bila mengabaikan Injil yang diberitakan setiap hari dan tidak ada waktu untuk berdiam diri dengan Tuhan maka tunggu waktunya akan hancur luluh dicengkeram Iblis dan antek2nya. 

Selain itu masalah hidup menggoyahkan iman percaya pada Yesus sehingga jadi bimbang dan ragu untuk terus bertekun menjalani hidup dalam kebenaran Tuhan 

Seperti Petrus menjadi goyah saat ditiup angin ketika hendak menghampiri Yesus. 

Matius 14:30-31 
Tetapi ketika dirasanya tiupan angin, takutlah ia dan mulai tenggelam lalu berteriak: "Tuhan, tolonglah aku!" Segera Yesus mengulurkan tanganNya, memegang dia dan berkata: "Hai orang yang kurang percaya, mengapa engkau bimbang?" 

Itulah tiupan angin yang menerpa Petrus akan kita mengalami juga yaitu ketika muncul kesadaran mendekat kepada Tuhan maka seketika itu juga ada hal-hal lain yang membelokkan fokus kita mau bertobat dan kembali kepada Tuhan. 

Kenyataan seperti ini harus kita ketahui dan kita sadari, agar kita tidak kehilangan fokus kepada Tuhan. 

Hal-hal yang membelokkan kita biasanya berupa uang, pekerjaan menyita waktu, hiburan duniawi, dan sebagainya. 

Jangan sampai kita tenggelam ke dalam hiruk pikuk dunia dan melupakan damai sejahtera Tuhan yang jauh daripada damai sejahtera yang dunia berikan. 

Yohanes 14:27 
Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahteraKu Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu. 

Oleh sebab itu jangan takut menghadapi segala tantangan dan rintangan dunia sebab yakin dan percayalah Tuhan selalu menyertai kita, asalkan kita hidup didalam kebenaran Tuhan. 

Lebih baik kita takut kepada Tuhan dari pada takut kepada Iblis dan takut akan masalah hidup di dunia ini. 

Sebab takut kepada Tuhan membawa kita kepada jalan keselamatan menuju hidup kekal di Sorga. 

Yakobus 4:7-8 
Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu! Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu. Tahirkanlah tanganmu, hai kamu orang-orang berdosa! Dan sucikanlah hatimu, hai kamu yang mendua hati! 


Salam Kasih, 
Surya Darma 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com