Kamis, 27 Agustus 2020

HAMBA SETIA VS HAMBA JAHAT














KAMIS, 27 AGUSTUS 2020

1 KORINTUS 1:1-9 

Sebab di dalam Dia kamu telah menjadi kaya dalam segala hal: dalam segala macam perkataan dan segala macam pengetahuan, sesuai dengan kesaksian tentang Kristus, yang telah diteguhkan di antara kamu. 

MAZMUR 145:2-7 

Setiap hari aku hendak memuji Engkau, dan hendak memuliakan namaMu untuk seterusnya dan selamanya. 
Besarlah Tuhan dan sangat terpuji, dan kebesaranNya tidak terduga. 

MATIUS 24:42-51 

Yesus memakai perumpamaan tentang hamba jahat dan hamba setia untuk menjelaskan kesiapan menjelang hari kedatangan Anak Manusia (=Yesus). 

RENUNGAN 

Hari-hari semakin jahat dimana dunia ini dipenuhi oleh berbagai jenis kejahatan sehingga kita tidak habis pikir, hati nurani sepertinya tidak ada lagi sebab tertutup oleh keinginan memuaskan hawa nafsu. 

Sering terjadi kebaikan dibalas dengan kejahatan karena konflik kepentingan diri meracuni hati seseorang merencanakan perbuatan merugikan orang lain. 

Seperti terjadi pada seorang hamba yang jahat yang merencanakan akan memukul hamba lain dan bermabuk-mabukan bila tuannya tidak datang. 

Matius 24:48-49 
Akan tetapi apabila hamba itu jahat dan berkata di dalam hatinya: Tuanku tidak datang-datang, lalu ia mulai memukul hamba-hamba lain, dan makan minum bersama-sama pemabuk-pemabuk 

Hamba yang jahat ini adalah gambaran sikap hidup orang yang mengutamakan uang dan harta dunia yang ingin dia dapatkan di saat mengerjakan sesuatu pekerjaan, kemudian menghamburkan uang untuk pesta pora. 

Firman Tuhan mengingatkan bahwa
Lukas 21:34 
Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat. 

Sampai sekarang masih banyak orang tidak peduli tentang hari kiamat atau hari kedatangan Yesus kedua-kali ke dunia yang mengadili perbuatan kita manusia. 

Matius 24,42,44 
Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang. Sebab itu, hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga. 

Padahal Yesus menghendaki kita adalah hamba yang setia dan bijaksana. 

Ada tiga hal dikemukan Yesus untuk menjadi hamba setia dan bijaksana

Pertama 
Bermurah hati melayani kepada sesama 

Matius 24:45 
"Siapakah hamba yang setia dan bijaksana, yang diangkat oleh tuannya atas orang-orangnya untuk memberikan mereka makanan pada waktunya? 

Kedua 
Tekun melakukan tugas/perintah Allah 

Matius 24:46 
Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang. 

Ketiga 
Bertanggung-jawab menggembalakan umat yang dipercayakan kepadanya 

Matius 24:47 
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya tuannya itu akan mengangkat dia menjadi pengawas segala miliknya. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


1 komentar:

MATIUS YERIKHO, OFM mengatakan...

Mks...atas renungan slm persaudaraaan

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com