Selasa, 25 Agustus 2020

LAKUKAN SEMUA KEWAJIBANMU














SENIN, 24 AGUSTUS 2020

WAHYU 21:9b-14 

Malaikat berkata kepadaku, katanya: "Marilah ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu pengantin perempuan, mempelai Anak Domba." Lalu, di dalam roh ia membawa aku ke atas sebuah gunung yang besar lagi tinggi dan ia menunjukkan kepadaku kota yang kudus itu, Yerusalem, turun dari sorga, dari Allah. 

MAZMUR 145:10-13,17-18 

Segala yang Kaujadikan itu akan bersyukur kepadaMu, ya Tuan, dan orang-orang yang Kaukasihi akan memuji Engkau. 

KerajaanMu ialah kerajaan segala abad, dan pemerintahanMu tetap melalui segala keturunan. Tuhan setia dalam segala perkataanNya dan penuh kasih setia dalam segala perbuatanNya. 

YOHANES 1:45-51

Natanael meragukan berita dari Filipus yang mengatakan Mesias dari Nazaret. 
Akhirnya Natanael percaya Yesus adalah Mesias setelah Yesus katakan mengenal Natanael. 

RENUNGAN 

Gereja Katolik menetapkan hari ini hari Pesta Santo Bartolomeus, Rasul. 

Bartolomeus adalah Natanael berasal dari Kana, salahsatu ke-12 murid utama Yesus dan dikenal sebagai seorang yang jujur dan tulus bahkan Yesus menyebutnya 'orang Israel aejati.' 

Yohanes 1:47 
Kata Filipus kepadanya: "Mari dan lihatlah!" Yesus melihat Natanael datang kepadaNya, lalu berkata tentang dia: "Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!" 

Natanael jarang disebut di Injil dan hanya sekali-kali dia hadir di tengah para Rasul lainnya, yaitu saat Yesus menampakkan diri di pantai danau Tiberias. 

Yohanes 21:1-2 
Kemudian Yesus menampakkan diri lagi kepada murid-muridNya di pantai danau Tiberias dan Ia menampakkan diri sebagai berikut. Di pantai itu berkumpul Simon Petrus, Tomas yang disebut Didimus, Natanael dari Kana yang di Galilea, anak-anak Zebedeus dan dua orang muridNya yang lain. 

Setelah Yesus wafat, bangkit, naik ke Surga, Natanael atau Bartolomeus pergi memberitakan Injil ke Asia Kecil hingga belahan timur Asia yakni ke India. 

Kita lihat perintah Yesus dilakukan oleh para murid Yesus dengan rela korbankan nyawa namun alangkah bedanya dengan situasi di jaman sekarang ini sebagian umat kristiani tidak peduli perintah Yesus memberitakan Injil (Matius 28:19-20). 

Kita umat kristiani percaya kepada Yesus adalah Tuhan yang menyelamatkan kita dari alam maut akibat dosa (Roma 6:23) 

Hendaknya kita tunduk pada Tuhan yang berarti kita menghormatiNya dengan cara melakukan kehendakNya. 

Para murid menghormati Guru mereka dengan melaksanakan perintah Yesus yakni memberitakan Injil agar banyal orang percaya kepada Yesus Kristus. 

Natanael atau Bartolomeus adalah murid Yesus yang setia sampai mati korbankan diri demi melaksanakan tugas pengInjilan dan demi Sang Maha Guru mereka yakni Yesus Kristus. 

Bagaimana dengan kita umat kristiani di jaman sekarang ini? Sudahkan hormati Yesus Kristus dengan menuruti perintah dan kehendakNya? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com