Jumat, 21 Agustus 2020

MENGASIHI TUHAN DAN SESAMA














JUMAT, 21 AGUSTUS 2020

YEHEZKIEL 37:1-14 

Yehezkiel disuruh Allah untuk bernubuat bahwa kamu akan mengetahui bahwa Akulah Tuhan, pada saat Aku membuka kubur-kuburmu dan membangkitkan kamu, hai umatKu, dari dalamnya. 

Aku akan memberikan RohKu ke dalammu, sehingga kamu hidup kembali dan Aku akan membiarkan kamu tinggal di tanahmu. Dan kamu akan mengetahui bahwa Aku, Tuhan, yang mengatakannya dan membuatnya. 

MAZMUR 107:2-9 

Biarlah mereka bersyukur kepada Tuhan karena kasih setiaNya, karena perbuatan-perbuatanNya yang ajaib terhadap anak-anak manusia, sebab dipuaskanNya jiwa yang dahaga, dan jiwa yang lapar dikenyangkanNya dengan kebaikan. 

MATIUS 22:34-40 

Perintah Tuhan agar kita mengasihi Tuhan Allah dan mengasihi sesama. 

RENUNGAN 

Bicara tentang kasih sangat mudah tetapi berbuat kasih itu sulit dilakukan karena ada peperangan rohani antara keinginan roh dengan keinginan daging di dalam diri kita sehingga seringkali hati tertutup oleh belas kasihan. 

Padahal Allah menghendaki mengasihi sesama dan mengasihi Tuhan Allah. 

Matius 22:37-39 
Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. 

Mengasihi Sesama 

Langkah pertama kita mengasihi adalah kepada orang lain dan apabila kita tidak berhasil mengasihi sesama maka tidak mungkin bisa mengasihi Tuhan Allah 

1 Yohanes 4:20 
Jikalau seorang berkata: "Aku mengasihi Allah," dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta, karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya. 

Hal apa saja menghalangi berbuat kasih kepada sesama

Pertama 
Tidak peduli kepentingan orang lain 

Filipi 2:4 
Janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga. 

Kedua 
Mengasihi diri sendiri karena menuruti keinginan hawa nafsu kedagingan 

2 Timotius 3:2-4 
Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama, tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik, suka mengkhianat, tidak berpikir panjang, berlagak tahu, lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah

Ketiga 
Menjauh dari Allah karena memendam akar pahit kekecewaan dan luka batin sehingga menutupi kasih dalam dirinya 

Ibrani 12:15 
Jagalah supaya jangan ada seorangpun menjauhkan diri dari kasih karunia Allah, agar jangan tumbuh akar yang pahit yang menimbulkan kerusuhan dan yang mencemarkan banyak orang. 

Mengasihi Tuhan Allah 

Dengan berupaya tidak berbuat dosa lagi adalah langkah awal mengasihi Allah. 

1 Yohanes 3:6 
Karena itu setiap orang yang tetap berada di dalam Dia, tidak berbuat dosa lagi; setiap orang yang tetap berbuat dosa, tidak melihat dan tidak mengenal Dia. 

Sebab dosa adalah pelanggaran hukum Allah sehingga dengan tidak berbuat dosa berarti tidak mau mengecewakan Allah karena ada kasih kepada Allah. 

1 Yohanes 3:4 
Setiap orang yang berbuat dosa, melanggar juga hukum Allah, sebab dosa ialah pelanggaran hukum Allah. 

Sedangkan Tuhan Allah sangat mengasihi kita dan perbuatan kasihNya begitu besar di dalam kehidupan kita. 

Inilah saatnya kita mengasihi Tuhan Allah dengan tidak berbuat dosa lagi dan kita menuruti kehendakNya dan melakukan perintahNya di sepanjang hidup kita. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com