Kamis, 20 Agustus 2020

BANYAK YANG DIPANGGIL, SEDIKIT YANG DIPILIH














KAMIS, 20 AGUSTUS 2020

YEHEZKIEL 36:23-28 

Aku akan menjemput kamu dari antara bangsa-bangsa dan mengumpulkan kamu dari semua negeri dan akan membawa kamu kembali ke tanahmu. Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan kamu; dari segala kenajisanmu dan dari semua berhala-berhalamu Aku akan mentahirkan kamu.  

MAZMUR 51:12-15,18-19 

Bangkitkanlah kembali padaku kegirangan karena selamat yang dari padaMu, dan lengkapilah aku dengan roh yang rela! Maka aku akan mengajarkan jalanMu kepada orang-orang yang melakukan pelanggaran, supaya orang-orang berdosa berbalik kepadaMu. 

MATIUS 22:1-14 

Perumpamaan tentang perjamuan kawin menggambarkan hal Kerajaan Sorga dimana beberapa orang menolak hadir dan ada yang tidak berpakaian pesta. 

RENUNGAN 

Banyak orang beralasan menghindar dari undangan Tuhan agar kita: 

1. Percaya kepadaNya 
2. Hidup di dalam kebenaranNya 
3. Melaksanakan perintahNya 
4. Memilih hidup kekal di Surga 

Paling banyak alasannya karena lebih tertarik hidup nyaman di dunia yang dapat dinikmati saat ini sedangkan hidup kekal di Surga itu baru berupa janji dan masih ragu; apakah betul Surga itu nyata. 

Kedagingan ini sangat menguasai hampir semua orang terikat oleh keinginannya dan sedikit orang menolak dikuasai oleh kedagingannya sehingga tidak heran hati dan pikiran dibelenggu oleh hawa nafsu keinginan dagingnya. 

Dalam bacaan Injil bisa kita lihat mereka yang menolak undangan raja dengan berbagai alasan yang intinya fokus pada keinginan kedagingan. 

Matius 22:5-6 
Tetapi orang-orang yang diundang itu tidak mengindahkannya; ada yang pergi ke ladangnya, ada yang pergi mengurus usahanya, dan yang lain menangkap hamba-hambanya itu, menyiksanya dan membunuhnya. 

Ada yang menanggapi undangan raja itu dengan tidak memakai pakaian pesta, artinya tidak menghargai undangan pesta jamuan kawin dari raja. 

Matius 22:11-12 
Ketika raja itu masuk untuk bertemu dengan tamu-tamu itu, ia melihat seorang yang tidak berpakaian pesta. Ia berkata kepadanya: Hai saudara, bagaimana engkau masuk ke mari dengan tidak mengenakan pakaian pesta? Tetapi orang itu diam saja. 

Orang yang percaya kepada Yesus Kristus adalah orang yang menerima undangan dari Tuhan namun sebagian besar tidak mengikuti keinginan Tuhan agar hidup di dalam kebenaran Tuhan. 

Sebagian umat kristiani tidak berpakaian pesta kawin Anak Domba Allah sebab memakai pakaian pesta kawin dunia. 

Memakai pakaian pesta dunia didorong oleh keinginan hati dipenuhi hawa nafsu kedagingan; ingin dipuji oleh orang lain pakaian pestanya bagus. 

Lukas 21:34 
Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat

Oleh sebab itu kita harus membuka hati menerima hal rohani agar kita dapat mengendalikan keinginan daging seperti yang diinginkan Tuhan. 

Yehezkiel 36:26-27 
Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. RohKu akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapanKu dan tetap berpegang pada peraturan-peraturanKu dan melakukannya. 

JADI 

Tak banyak orang menanggapi undangan Tuhan yang memanggil kita agar mau menghadiri pesta perjamuan kawin dan mau mengenakan pakaian pesta. 

Artinya meski mengaku percaya kepada Yesus Kristus namun keseharian hidup menuruti keinginan daging menikmati pesona dunia (=pakaian pesta dunia) dan mengabaikan hidup di dalam kebenaran Tuhan (=pakaian pesta perjamuan kawin). 

Pertanyaan adalah: bagaimana dengan anda, apakah bersedia menghadiri pesta perjamuan kawin Anak Domba Allah dan mengenakan pakaian pesta? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com