Kamis, 06 Agustus 2020

TRANSFIGURASI










KAMIS, 6 AGUSTUS 2020

DANIEL 7:9-10,13-14  

Aku terus melihat dalam penglihatan malam itu, tampak datang dengan awan-awan dari langit seorang seperti anak manusia; datanglah ia kepada Yang Lanjut Usianya itu, dan ia dibawa ke hadapanNya.

Lalu diberikan kepadanya kekuasaan dan kemuliaan dan kekuasaan sebagai raja, maka orang-orang dari segala bangsa, suku bangsa dan bahasa mengabdi kepadanya. Kekuasaannya ialah kekuasaan yang kekal, yang tidak akan lenyap, dan kerajaannya ialah kerajaan yang tidak akan musnah. 

MAZMUR 97:1-2,5-6,9 

Tuhan adalah Raja! Biarlah bumi bersorak-sorak, biarlah banyak pulau bersukacita! Sebab Engkaulah, ya Tuhan, Yang Mahatinggi di atas seluruh bumi, Engkau sangat dimuliakan di atas segala allah. 

MATIUS 17:1-9 

Yesus berubah rupa; wajahnya bercahaya dan terdengar suara dari dalam awan:  inilah Anak yang Kukasihi, kepadaNyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia. 

RENUNGAN 

Gereja Katolik menetapkan hari ini Pesta Yesus Menampakkan KemuliaanNya. 

Peristiwa Yesus berubah rupa dengan wajahNya bercahaya dan pakaianNya putih bersinar terang, kemudian suara terdengar dari dalam awan, mengatakan bahwa Yesus adalah Anak yang Kukasihi adalah peristiwa Transfigurasi yang kian menunjukkan Yesus adalah Allah dalam Trinitas sebagai Allah Putera. 

Matius 17:2,5 
Lalu Yesus berubah rupa di depan mata mereka; wajahNya bercahaya seperti matahari dan pakaianNya menjadi putih bersinar seperti terang. Dan tiba-tiba sedang ia berkata-kata turunlah awan yang terang menaungi mereka dan dari dalam awan itu terdengar suara yang berkata: "Inilah Anak yang Kukasihi, kepadaNyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia." 

Bagi orang yang belum beriman kepada Yesus Kristus sulit mengerti tentang hal ini namun umat kristiani harusnya sudah memahami Allah Trinitas atau Tritunggal. 

Nabi Daniel telah menubuatkan peristiwa transfigurasi ini pada ribuan tahun lalu (Daniel 7:13-14) dan hal ini menunjukkan Firman Tuhan adalah ya dan amin. 

Diluar sana memang masih banyak yang tidak mengakui Yesus itu Tuhan yang jadi manusia untuk menyelamatkan sebab mereka hanya mengakui Yesus adalah seorang Nabi. 

Jangan sampai umat kristiani ikut-ikutan meragukan Yesus adalah Tuhan bila tidak mau tahu tentang Firman Tuhan. 

Ada begitu banyak peristiwa menunjukan Yesus adalah Tuhan jika kita tekun baca Firman Tuhan, terlebih Injil Yohanes yang menuliskan relasi Yesus dengan Bapa. 

Yohanes 14:10 
Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diriKu sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaanNya. 

Selanjutnya bila kita perhatikan bahwa Petrus menginginkan tetap berada diatas gunung dengan mendirikan kemah. 

Matius 17:4 
Kata Petrus kepada Yesus: "Tuhan, betapa bahagianya kami berada di tempat ini. Jika Engkau mau, biarlah kudirikan di sini tiga kemah, satu untuk Engkau, satu untuk Musa dan satu untuk Elia." 

Yesus turun gunung karena tugasNya belum selesai yakni menyelamatkan manusia dengan tebusan nyawaNya sebelum bangkit dan kembali ke Surga. 

Matius 17:9 
Pada waktu mereka turun dari gunung itu, Yesus berpesan kepada mereka: "Jangan kamu ceriterakan penglihatan itu kepada seorangpun sebelum Anak Manusia dibangkitkan dari antara orang mati."  

Kita juga seperti Petrus, maunya tinggal di zona kenyaman di dalam Berkat Tuhan dan melupakan tugas perutusan untuk memberitakan Injil dan tugas pelayanan. 

Matius 28:19 
Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus

Yohanes 13:34-35 
Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi. Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-muridKu, yaitu jikalau kamu saling mengasihi. 

Lebih banyak yang tidak mau tahu urusan pelayanan dan pengInjilan karena merasa bukan tugasnya melainkan tugas Pastor, rohaniwan, pewarta, orang lain. 

Dirinya lebih sibuk mengumpulkan harta bahkan menimbun harta dunia dan tidak ada waktu untuk urusan rohani. 

Lukas 12:18-19 
Lalu katanya: Inilah yang akan aku perbuat; aku akan merombak lumbung-lumbungku dan aku akan mendirikan yang lebih besar dan aku akan menyimpan di dalamnya segala gandum dan barang-barangku. Sesudah itu aku akan berkata kepada jiwaku: Jiwaku, ada padamu banyak barang, tertimbun untuk bertahun-tahun lamanya; beristirahatlah, makanlah, minumlah dan bersenang-senanglah! 

Beriman kepada Yesus jangan setengah hati tetapi percayalah segenap hati dan jangan ada keraguan tentang Yesus adalah Tuhan yang penuh kemuliaanNya 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com