Jumat, 28 Agustus 2020

BERJAGA-JAGALAH







JUMAT, 28 AGUSTUS 2020

1 KORINTUS 1:17-25  

Kami memberitakan Kristus yang disalibkan: untuk orang-orang Yahudi suatu batu sandungan dan untuk orang-orang bukan Yahudi suatu kebodohan, tetapi untuk mereka yang dipanggil, baik orang Yahudi, maupun orang bukan Yahudi, Kristus adalah kekuatan Allah dan hikmat Allah. 

MAZMUR 33:1-2,4-5,10-11 

Sebab firman Tuhan itu benar, segala sesuatu dikerjakanNya dengan kesetiaan. Ia senang kepada keadilan dan hukum; bumi penuh dengan kasih setia Tuhan. tetapi rencana Tuhan tetap selamanya, rancangan hatiNya turun temurun 

MATIUS 25:1-13 

Perumpamaan tentang gadis bijaksana dan gadis bodoh menjelaskan bagaimana kita mempersiapkan diri menjelang Yesus datang keduakali ke dunia. 

RENUNGAN 

Lima gadis bijaksana dan llima gadis bodoh membawa pelita artinya mereka menyosong kedatang mempelai laki-laki akan hadir pada perjamuan kawin artinya kita umat kristiani juga tahu Yesus akan datang keduakalinya ke dunia ini. 

Matius 25:1-2 
Pada waktu itu hal Kerajaan Sorga seumpama sepuluh gadis, yang mengambil pelitanya dan pergi menyongsong mempelai laki-laki Lima di antaranya bodoh dan lima bijaksana

Mengapa lima gadis itu bodoh? 
Karena tidak membawa minyak

Matius 25:3 
Gadis-gadis yang bodoh itu membawa pelitanya, tetapi tidak membawa minyak 

Mungkin anda mengatakan dasar bodoh, kenapa bawa pelita tanpa minyak? tetapi nanti dulu jangan buru-buru mengejek lima gadis bodoh tersebut. 

Coba anda tanya pada diri sendiri; apakah setelah dibaptis menjadi umat kristiani, anda tekun berdoa, membaca kitabsuci, beribadah di Gereja, di komunitas rohani? 

Jika belum, berarti anda tidak membawa 'minyak' sebab pelita anda hanya sebatas benda saja yang tidak dapat menyala, artinya status anda umat kristiani tetapi iman anda kekeringan tanpa minyak dari Roh Kudus... 

Lima gadis bijaksana mengerti bahwa minyak adalah sumber energi bagi pelita artinya sama dengan Roh Kudus adalah sumber kuasa Tuhan di dalam diri kita. 

Yohanes 14:26 
tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam namaKu, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. 

Roma 8:26 
Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. 

Sekarang kita tahu bahwa 'minyak' adalah lambang kehadiran Roh Kudus di dalam diri kita yang memancar Sinar kemuliaan Tuhan, seperti gambaran dari minyak yang diperlukan pelita untuk menyala. 

Lima gadis bodoh mencari minyak saat mempelai laki-laki datang merupakan gambaran orang yang terlambat sadar diri bahwa selama ini ia mengabaikan Roh Kudus di dalam dirnya yang menegur dan menasehati, mengajarkan tentang kebenaran Tuhan (Yohanes 14:26)

Masih ingat kisah tentang orang kaya mati dan melihat Lazarus di pangkuan Abraham (baca Lukas 16:19-31). 

Orang kaya ini menyesal mengabaikan Roh Kudus yang seringkali menegurnya lewat perantaraan pemberitaan Injil dari orang-orang yang datang menasehatinya. 

Setelah mati, tak ada gunanya menyesal sebab bertobatlah sebelum mati alias meninggalkan dunia ini, dan setiap orang pasti tahu hal ini tetapi kenapa dicuekin! 

Maka dari itu berjaga-jagalah sebelum terlambat sebab tiba saatnya mempelai laki-laki (=Yesus Kristus) datang maka kita memiliki minyak untuk pelita kita. 

Matius 25:13 
Karena itu, berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu akan hari maupun akan saatnya 

Berulangkali dinasehati, baca kitabsuci yang menuliskan Firman Tuhan, baca... baca...baca.... renungkan dan lakukan !!! 

Heran ya sebagai umat kristiani tidak mau baca Firman Tuhan itu maunya apa sih? 
Sudah pinter dan merasa diri hebat sebab merasa tanpa baca kitabsuci, hidupmu sukses banyak harta dunia, jadi orang top terkenal dan dipuja-puji banyak orang. 

Coba simak Firman Tuhan berikut ini

1 Korintus 1:18-19 
Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah. Karena ada tertulis: "Aku akan membinasakan hikmat orang-orang berhikmat dan kearifan orang-orang bijak akan Kulenyapkan. 

Yesus sudah peringatkan bahwa: 
Matius 25:13 
Karena itu, berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu akan hari maupun akan saatnya 

Masih bandel n ngeyel dan mengabaikan peringatan Yesus, ya sudah; tanggung sendiri akibatnya. 

Amsal 13:13-14 
Siapa meremehkan firman, ia akan menanggung akibatnya, tetapi siapa taat kepada perintah, akan menerima balasan. Ajaran orang bijak adalah sumber kehidupan, sehingga orang terhindar dari jerat-jerat maut. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com