Kamis, 17 September 2020

BERBAHAGIALAH DOSAMU DIAMPUNI











KAMIS, 17 SEPTEMBER 2020

1 KORINTUS 15:1-11 

Saudara-saudara, aku mau mengingatkan kamu kepada Injil yang aku beritakan kepadamu dan yang kamu terima, dan yang di dalamnya kamu teguh berdiri. 

Oleh Injil itu kamu diselamatkan, asal kamu teguh berpegang padanya, seperti yang telah kuberitakan kepadamu — kecuali kalau kamu telah sia-sia saja menjadi percaya. 

MAZMUR 118:1-2,16-17,28 

Bersyukurlah kepada Tuhan, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setiaNya. Biarlah Israel berkata: "Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setiaNya!" 

LUKAS 7:36-50 

Di kota itu ada seorang perempuan yang terkenal sebagai seorang berdosa. Ketika perempuan itu mendengar, bahwa Yesus sedang makan di rumah orang Farisi itu, datanglah ia membawa sebuah buli-buli pualam berisi minyak wangi. 

Sambil menangis ia pergi berdiri di belakang Yesus dekat kakiNya, lalu membasahi kakiNya itu dengan air matanya dan menyekanya dengan rambutnya, kemudian ia mencium kakiNya dan meminyakinya dengan minyak wangi. 

RENUNGAN 

Menurut anda, dosa itu apa? 
Sebab sering terdengar komentar orang bahwa gak usah fanatiklah, hidup hanya sekali koq mikirin dosa setiap hari. 

Justru setiap hari kita harus menjaga diri agar tidak berbuat dosa sebab kita telah ditebus oleh Yesus Kristus. 

1 Yohanes 3:4,6 
Setiap orang yang berbuat dosa, melanggar juga hukum Allah, sebab dosa ialah pelanggaran hukum Allah. Karena itu setiap orang yang tetap berada di dalam Dia, tidak berbuat dosa lagi; setiap orang yang tetap berbuat dosa, tidak melihat dan tidak mengenal Dia. 

Lihatlah disekitar kita, mereka tidak takut berbuat dosa demi memenuhi keinginan kedagingan oleh hawa nafsunya, bahkan segala hal mereka lakukan itu bukanlah dosa, menurut pendapat mereka. 

Sekarang ini semakin banyak yang tidak peduli dan tidak merasa bersalah, jika mereka tidak membaca Firman Allah tertulis di Alkitab sebab kitabsuci mereka adalah pengetahuan dunia tentang kiat meeaih kesuksesan dan menjadi kaya. 

Tidak heran bila dosa bukan lagi sesuatu hal ditakuti sebab mereka takut menjadi miskin atau tidak sukses meraih ambisi. 

Saudara/i-ku dalam Yesus Kristus, 

Mari sejenak saja kita baca Injil hari ini dimana seorang perempuan diampuni dosanya oleh Yesus telah berbuat kasih untuk membalas kebaikan Yesus. 

Dia mengurapi Yesus dengan membasuh kaki Yesus dengan rambutnya kemudian meminyaki kaki Yesus dengan minyak wangi sebagai ungkapan perasaannya berterimakasih dosanya diampuni. 

Lukas 7:38 
Sambil menangis ia pergi berdiri di belakang Yesus dekat kakiNya, lalu membasahi kakiNya itu dengan air matanya dan menyekanya dengan rambutnya, kemudian ia mencium kakiNya dan meminyakinya dengan minyak wangi. 

Bagaimana dengan kita? 
Apakah ungkapan terimakasih kita pada Tuhan Yesus? sungguhkah kita menangis telah diampuni dosa kita? 

Mazmur 32:1 
Berbahagialah orang yang diampuni pelanggarannya, yang dosanya ditutupi! 
Berbahagialah manusia, yang kesalahannya tidak diperhitungkan Tuhan, dan yang tidak berjiwa penipu! 

Seringkali kita mengulangi dosa yang sama bahkan lebih berdosa lagi dengan perbuatan semakin hari semakin jahat. 

Contohlah perempuan tersebut, dengan menangis menyesali dosanya dan dia berusaha menyenangkan hati Yesus lewat perbuatannya membasuh dan meminyaki kaki Yesus. 

Lukas 7:47 
Sebab itu Aku berkata kepadamu: Dosanya yang banyak itu telah diampuni, sebab ia telah banyak berbuat kasih. Tetapi orang yang sedikit diampuni, sedikit juga ia berbuat kasih. 

Semoga kita disadarkan bahwa jangan lagi berbuat dosa dan bangunlah relasi intim dengan Tuhan agar kita setiap hari berusaha menjaga diri tidak berbuat dosa lagi melainkan melakukan perbuatan yang menyenangkan Hati Tuhan. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com