Selasa, 29 September 2020

MALAIKAT MIKAEL, GABRIEL, RAFAEL





SELASA, 29 SEPTEMBER 2020
 
DANIEL 7:9-10,13-14  
 
Daniel mendapat penglihatan bahwa Yang Lanjut Usianya memberikan kekuasaan, kemuliaan, dan kekuasaan sebagai raja kepada anak manusia dihadapanNya. 
 
MAZMUR 138:1-5  
 
Aku hendak sujud ke arah baitMu yang kudus dan memuji namaMu, oleh karena kasihMu dan oleh karena setiaMu; sebab Kaubuat namaMu dan janjiMu melebihi segala sesuatu. Pada hari aku berseru, Engkaupun menjawab aku, Engkau menambahkan kekuatan dalam jiwaku. 
 
YOHANES 1:47-51  
 
Natanael berkata bahwa Yesus adalah Anak Allah, Engkau Raja orang Israel. 
Tetapi Yesus katakan bahwa engkau akan melihat yang lebih besar daripada itu dimana langit terbuka dan malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia. 
 
RENUNGAN 
 
Gereja Katolik menetapkan hari ini Pesta S.Mikael, Gabriel, Rafael Malaikat Agung. 
 
Mikael 
 
Peranan malaikat Mikael sebagai utusan Allah untuk membela manusia beriman dari segala serangan musuh yang jahat yakni Iblis dan antek-anteknya. 
 
Mikael bersama malaikat baik lainnya telah mengalahkan Iblis yang dipimpin oleh Lusifer yang berusaha menjatuhkan manusia di hadapan Tuhan dengan cara menjauhkan manusia dari Tuhan. 
 
Wahyu 12:7-9 
Maka timbullah peperangan di sorga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu dibantu oleh malaikat-malaikatnya, tetapi mereka tidak dapat bertahan; mereka tidak mendapat tempat lagi di sorga. Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya. 
 
Wahyu 12:10 
Dan aku mendengar suara yang nyaring di sorga berkata: "Sekarang telah tiba keselamatan dan kuasa dan pemerintahan Allah kita, dan kekuasaan Dia yang diurapiNya, karena telah dilemparkan ke bawah pendakwa saudara-saudara kita, yang mendakwa mereka siang dan malam di hadapan Allah kita. 
 
Gabriel 
 
Peranan malaikat Gabriel sebagai utusan Allah untuk menyampaikan pada manusia tentang berita keselamatan dari Allah dan jmemberi penerangan Ilahi pada manusia sehingga terbukalah budi & batin manusia untuk memahami dan meyakini kehendak Allah. 
 
Daniel 9:21-22 
sementara aku berbicara dalam doa, terbanglah dengan cepat ke arahku Gabriel, dia yang telah kulihat dalam penglihatan yang dahulu itu pada waktu persembahan korban petang hari. Lalu ia mengajari aku dan berbicara dengan aku: "Daniel, sekarang aku datang untuk memberi akal budi kepadamu untuk mengerti. 
 
Lukas 1:26,30-31 
Dalam bulan yang keenam Allah menyuruh malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nazaret, Kata malaikat itu kepadanya: "Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah. Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus. 
 
Rafael 
 
Peranan malaikat Rafael sebagai utusan Allah untuk menyembuhkan manusia dari penyakit, menguatkan kelemahan jiwanya, dan dari penghambaan setan 
 
Tobit 4:14-15 
Lagipula aku diutus oleh Allah untuk menyembuhkan baik engkau sendiri maupun Sara, menantumu. Aku ini Rafael, satu dari ketujuh malaikat yang melayani di hadapan Tuhan yang mulia."  
 
Selanjutnya, 
 
Apa yang bisa kita pelajari dari peranan malaikat Mikael, Gabriel, dan Rafael ini. 
 
Dari sini kita mengetahui bahwa manusia dikasihi Allah sehingga Allah menyuruh malaikat-Nya menjaga diri manusia. 
 
Dengan demikian bukankah selayaknya kita manusia melayani Allah melebihi seperti malaikat yang melayani Allah. 
 
Mazmur 91:9-11 
Tuhan tempat perlindunganmu Yang Mahatinggi telah kaubuat tempat perteduhanmu, malapetaka tidak akan menimpa kamu, dan tulah tidak akan mendekat kepada kemahmu; sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu. 
 
Pertanyaannya adalah
Melayani Allah seperti apakah? Allah itu serba Maha ...apakah perlu kita melayani-Nya sedangkan IA bisa segalanya. 
 
Mari kita simak perkataan Yesus 
 
Matius 25:44-45 
Lalu merekapun akan menjawab Dia, katanya: Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar, atau haus, atau sebagai orang asing, atau telanjang atau sakit, atau dalam penjara dan kami tidak melayani Engkau? maka Yesus akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang tidak kamu lakukan untuk salah seorang dari yang paling hina ini, kamu tidak melakukannya juga untuk Aku. 
 
Yohanes 14:12 
Aku berkata kepadamu: sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan
melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. 
 
Dari kedua ayat Firman ini menunjukkan kepada kita bahwa Yesus mau kita layani DIA untuk meneruskan pekerjaan-pekerjaan yang telah dilakukan-Nya. 
 
Jadi banyak hal dimana kita dapat melayani Yesus atau melayani Tuhan Allah dan kita akan dituntun dan diberi Kuasa dari-Nya pada saat kita sedang melayani-Nya. 
 
Hendaknya dengan kesungguhan hati kita mendengarkan Tuhan supaya kita tidak salah melayani sebab ada tiga enis melayani yaitu : 
1) melayani Tuhan 
2) melayani diri sendiri & keluarga sendiri 
3) melayani keinginan Iblis 
 
REFLEKSI DIRI 
 
Tanyakan pada diri kita : sudahkan aku melayani Tuhan dengan hati bersih dan setulus hati untuk menyenangkan DIA?
 
 
Salam Kasih, 
Surya Darma 
renunganpdkk.blogspot.co.id 
https://renunganhariankatolik.video.blog 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com