Minggu, 13 September 2020

JAGALAH HATI, PIKIRAN, DAN PERBUATAN


SABTU, 12 SEPTEMBER 2020

1 KORINTUS 1:14-22a 

Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, jauhilah penyembahan berhala! Aku berbicara kepadamu sebagai orang-orang yang bijaksana. Pertimbangkanlah sendiri apa yang aku katakan! 

MAZMUR 116:12-13,17-18 

Aku akan mengangkat piala keselamatan, dan akan menyerukan nama Tuhan, akan membayar nazarku kepada Tuhan di depan seluruh umatNya. 

LUKAS 6:43-49 

Ada dua hal dikatakan Yesus yaitu
Karena tidak ada pohon yang baik yang menghasilkan buah yang tidak baik, dan juga tidak ada pohon yang tidak baik yang menghasilkan buah yang baik. Sebab setiap pohon dikenal pada buahnya. 

Mengapa kamu berseru kepadaKu: Tuhan, Tuhan, padahal kamu tidak melakukan apa yang Aku katakan? Setiap orang yang datang kepadaKu dan mendengarkan perkataanKu serta melakukannya. 

RENUNGAN 

Bacaan Injil Lukas hari ini mengenai: 

Pertama 
Yang diucapkan mulut berasal dari hati 

Lukas 6:45 
Orang yang baik mengeluarkan barang yang baik dari perbendaharaan hatinya yang baik dan orang yang jahat mengeluarkan barang yang jahat dari perbendaharaannya yang jahat. Karena yang diucapkan mulutnya, meluap dari hatinya. 

Kedua 
Setelah mendengar perkataan Yesus maka hendaklah melakukannya. 

Lukas 6:47 
Setiap orang yang datang kepadaKu dan mendengarkan perkataanKu serta melakukannya — Aku akan menyatakan kepadamu dengan siapa ia dapat disamakan — 

Suatu pelajaran berharga bagi kita bahwa hendaknya membangun pondasi iman yang kokoh dengan mendengarkan dan menjadi pelaku firman Tuhan sebab tanpa perbuatan, iman timbul dari pendengaran Firman Tuhan (Roma 10:17) tidak akan bertumbuh (Yakobus 1:22-25). 
Begitu juga, hendaknya kita menjaga hati kita supaya perkataan yang kita ucapkan sesuai dengan hati kita agar supaya kita dapat melakukan perbuatan baik.

Kita percaya setiap Firman yang kita baca/dengar mempunyai kuasa yang akan mengubah hati dan menyejukan jiwa bagi orang yang menanggapinya. 

Yesaya 55:11 
Demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya. 

Hati yang baik adalah hati yang penuh dengan aliran air kehidupan dan yang menghasilkan buah-buah Roh dan akan meluap keluar melalui ucapan/perkataan baik sehingga perbuatannya juga baik. 

Hati yang baik membangun hubungan harmonis dengan Roh Kudus dan makin menyatukan hati kita dengan Tuhan. 

Hati yang baik tidak dapat bercampur dengan keinginan daging, apalagi bila ada keinginan ditungganggi oleh roh-roh jahat sebab akan menyebabkan hati dijangkiti oleh "virus-virus kanker" yang mematikan hati dan iman kita. 

1 Korintus 10:21
Kamu tidak dapat minum dari cawan Tuhan dan juga dari cawan roh-roh jahat. Kamu tidak dapat mendapat bagian dalam perjamuan Tuhan dan juga dalam perjamuan roh-roh jahat. 

Itu sebabnya kita dinasehati agar selalu menjaga kemurnian hati kita. 

Amsal 4:23 
Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan. 

MAKNA RENUNGAN HARI INI 

Sumber masalah ada pada pikiran yang tidak sejalan dengan hati nurani sehingga seringkali perilaku kita lebih dikuasai pikiran daripada hati kita. 

Pikiran dan hati yang telah mengalami pembaharuan sesuai pikiran Allah maka perbuatan kita dipenuhi kasih. 

Filipi 2:5 
Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus. 

Apapun yang kita lakukan dalam hidup ini, tidak dapat membalas begitu mulianya Tuhan mencintai kita selain mengucap syukur dan hati kita penuh belas kasihan kepada sesama. 

Mazmur 116:12, 17 
Bagaimana akan kubalas kepada Tuhan segala kebajikan-Nya kepadaku?
Aku akan mempersembahkan korban syukur kepada-Mu, dan akan menyerukan nama Tuhan. 

Semoga sepanjang hari ini perbuatan yang kita lakukan merupakan wujud nyata dari isi hati dan pikiran kita yang sejalan dengan pemahaman yang telah kita dengar dari kebenaran Firman Tuhan. 

Salam Kasih, 
Surya Darma 

Sent from my Samsung Galaxy smartphone.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com