Jumat, 23 September 2016

INDAH PADA WAKTUNYA TUHAN












Jumat, 23 September 2016 

Allah membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. 
Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir
             (Pengkhotbah 3:11) 


Ayat ini sungguh menguatkan iman kita di kala sedang dalam pergumulan sebab memberikan dorongan semangat untuk tidak mudah menyerah oleh situasi dan kondisi yang menerpa diri kita. 

Tidak mudah sih tetapi inilah solusi yang terbaik sebab menantikan sesuatu perlu ekstra kesabaran. 

Dalam banyak hal di dalam hidup ini pada umumnya orang ingin segera mendapatkan apa yang diinginkannya padahal kenyataannya seringkali tidak seperti yang diharapkan. 

Indah pada waktunya terkadang hanya di bibir saja tetapi di dalam hatinya galau dan ada yang panik ketika persoalannya telah sekian lama tidak ada tanda-tanda dapat terselesaikan. 

Memang begitulah, kita harus pandai memompa semangat hidup supaya tidak terpuruk ke dalam jurang keputus-asaan sebab situasi hidup sekarang ini makin hari makin sulit. 

Kita semua tahu bahwa segala sesuatu ada waktunya namun masih ada saja yang lupa nasehat ini bila sedang hadapi persoalan hidup yang pelik. 

Pengkhotbah 3:1 
Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun di bawah langit ada waktunya
(baca selanjutnya ayat 2 sd 8). 

Yesus saja melarang murid-muridNya memberitahukan siapa diriNya adalah Mesias, sebelum waktunya tiba. 

Lukas 9:20-21 
Yesus bertanya kepada mereka: "Menurut kamu, siapakah Aku ini?" Jawab Petrus: "Mesias dari Allah." Lalu Yesus melarang mereka dengan keras, supaya mereka jangan memberitahukan hal itu kepada siapapun

Itu gunanya kita membaca Firman Tuhan yang tertulis di Alkitab sehingga kita tahu kebenaran sesungguhnya maka dengan demikian ada semacam petunjuk atau pedoman bagi kita tentang segala hal bidang kehidupan. 

Alkitab yang ditulis ribuan tahun lalu masih relevan dengan kehidupan jaman modern saat ini, bahkan di masa akan datang masih tetap uptodate

Sangat disayangkan jika umat kristiani terutama umat Katolik masih enggan alias tidak mau bergaul karib dengan Firman Tuhan di Alkitab. 

Setidaknya ini adalah patokan dasar kita mengenal dan memahami kehendak Tuhan, kemudian selanjutnya barulah kita bisa peroleh dari relasi intim dengan Tuhan berupa kepekaan mendengarkan suara Tuhan melalui karunia discerment atau bisa melalui pewahyuan pribadi dari Tuhan Allah kepada kita. 

Seperti halnya hari ini, Firman Tuhan menegaskan bahwa segala sesuatu ada waktunya dan pada akhirnya segalanya menjadi indah ketika waktunya tiba. 

Kita harus berserah kepada Tuhan dan bergantung kepadaNya bahkan Tuhan adalah kekuatan dalam hidup kita. 

Jangan pernah berpaling dari Tuhan dengan mengikuti dan mengandalkan kekuatan lain diluar Tuhan. 

Kuncinya adalah kesabaran menunggu waktunya Tuhan seraya menjaga diri agar hidup di dalam kebenaran Tuhan yang bisa kita ketahui dari FirmanNya di Alkitab sebagai pedoman hidup kita. 

Semoga kita menanggapi Firman Tuhan hari ini dengan sungguh-sungguh dan segera mengambil keputusan untuk bergaul karib dengan SabdaNya. 

Mazmur 119:2-3 
Berbahagialah orang-orang yang memegang peringatan-peringatanNya, yang mencari Dia dengan segenap hati, yang juga tidak melakukan kejahatan, tetapi yang hidup menurut jalan-jalan yang ditunjukkanNya. 


REFLEKSI 

Apakah aku menantikan Tuhan dengan penuh kesabaran dan penuh kerinduan? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ ============

Kalender Liturgi Katolik 
Hari Biasa Pekan XXV  
Warna Liturgi : Hijau 

Pengkhotbah 3:1-11 
Mazmur 144:1-4 
Lukas 9:18-22 
BcO : Tobit 7:1,8b-17; 8:5-13 

============= ☆☆☆ ============

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com