Jumat, 09 September 2016

RENCANA ALLAH PADA MARIA









Kamis, 8 September 2016 

Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel" — yang berarti: Allah menyertai kita
               (Mat 1:23)


Hari ini Gereja Katolik merayakan pesta kelahiran Santa Perawan Maria. 
Penetapan tgl 8 September sebagai hari kelahiran Maria, Bunda Yesus untuk menghormati beliau sebagai manusia tentunya ada hari kelahiran meskipun di Alkitab tidak dicantumkan. 

Dari berbagai sumber, kita dapat ketahui sedikit tentang diri Maria, misalnya siapa orangtua Maria. 

Orangtua Maria ialah
1) menurut sumber non kanonik 
     Yoakim dan Anna (Hana) 

Anna sebelumnya mandul dan pada usia lanjut mengandung janin Maria. 
Saat Maria berusia 3 tahun, orangtuanya bawa Maria ke Bait Allah di Yerusalem. 
Mirip dengan peristiwa Hana membawa Samuel untuk tinggal di Tabernakel. 

2) menurut catatan dalam Talmud 
     Heli atau Eli 

Talmud adalah catatan tentang diskusi para rabi yang berkaitan hukum Yahudi. 
Kita tidak membahas sumber Talmud dan hanya sekedar pengetahuan saja. 

Kita umat Katolik sudah sangat familiar mengenal Bunda Maria dan yang penting adalah bagaimana mencontoh teladan dari sikap Bunda Maria. 

Kita mengerti sekarang bahwa segala sesuatu sudah dirancang dan diatur oleh Tuhan Allah, termasuk rencana Allah menyelamatkan manusia dari alam maut akibat perbuatan dosa, melalui Yesus. 

Maka Allah mempersiapkan kedatangan Yesus sebagai Mesias (=Juru Selamat), salah satunya adalah melalui nubuatan nabi Mikha tentang seorang perempuan akan melahirkan Sang Mesias di dalam diri Yesus dan di kemudian hari ternyata nubuat tersebut digenapi. 

Mikha 5:3 
Sebab itu ia akan membiarkan mereka sampai waktu perempuan yang akan melahirkan telah melahirkan; lalu selebihnya dari saudara-saudaranya akan kembali kepada orang Israel. 

Perempuan tersebut adalah Maria. 
Peranan Maria di dalam perencanaan Allah menjadi sentral sebab Maria terpilih mengandung dan melahirkan Yesus Sang Mesias. 

Galatia 4:4 
Tetapi setelah genap waktunya, maka Allah mengutus AnakNya, yang lahir dari seorang perempuan dan takluk kepada hukum Taurat. 

Apa yang kita pelajari dan merenungkan dari peristiwa kelahiran Maria dimana kelak kemudian hari menjadi ibu Yesus? 

Pertama 
Rencana Allah pasti digenapi 

Yesaya 55:8,11 
Sebab rancanganKu bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalanKu, demikianlah firman TUHAN. demikianlah firmanKu yang keluar dari mulutKu: ia tidak akan kembali kepadaKu dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya

Ada yang mengatakan bahwa rencana Allah tidak selalu berhasil sebab Allah pernah gagal karena manusia berontak dan berbuat dosa. 

Pendapat ini tidak bertanggung-jawab sebab kenyataannya rencana Tuhan Allah mencapai puncaknya di dalam diri Yesus; yang rela mengorbankan diriNya demi menebus dosa manusia. 

Kita sekarang beroleh kehidupan kekal karena pengorbanan Yesus sampai di Kayu Salib dan inilah iman kepercayaan kita kepada Yesus. 

Maria menyimpan segala sesuatu yang dilihatnya di dalam diri Yesus, yang ia ketahui adalah Mesias yang dijanjikan. 

Oleh sebab itu Maria mempercayai Yesus meskipun secara manusia, 
Yesus adalah anaknya. 

Maria menyaksikan peristiwa demi peristiwa yang terjadi pada Yesus, sejak lahir sampai kebangkitanNya. 

Jelaslah bahwa rencana Allah pasti di genapi dan tidak pernah gagal

Tuhan Allah memberikan kebebasan kepada setiap orang untuk memilih : 
hidup di dalam KerajaanNya dan 
hidup di dalam KebenaranNya ataukah memilih hidup diluar Tuhan Allah. 

Manusia memberontak dan berbuat dosa, itu adalah pilihan manusia dan bukan disebabkan rencana Allah gagal. 


Kedua 
Allah bekerja sampai tuntas 

Roma 8:28 
Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah

Kita mesti yakin pada Allah. 
Segala sesuatu yang dikerjakan Allah masih berlangsung sampai hari terakhir dimana penghakiman terjadi dilakukan Yesus mengadili perbuatan manusia. 

Allah bekerja melalui Roh Kudus dan hal ini disampaikan Yesus menjelang akan menuntaskan tugas perutusanNya. 

Yohanes 15:26 
Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku

Melalui kelahiran Maria maka persiapan menjadi ibu Yesus dapat terwujud dan kemudian Yesus dapat menyelesaikan Karya Penyelamatan yang dirancang Tuhan Allah, menyelamatkan manusia. 


Ketiga 
Allah mengasihi kita manusia 

Allah merancang sedemikian rupa sejak manusia Adam jatuh ke dalam dosa dengan berbagai upaya agar manusia diselamatkan dari jurang alam maut karena Allah mengasihi manusia. 

Allah membuat pakaian dari kulit binatang untuk melindungi manusia. 

Kejadian 3:21 
Tuhan Allah membuat pakaian dari kulit binatang untuk manusia dan untuk isterinya itu, lalu mengenakannya kepada mereka. 

Manusia terus berbuat dosa dan Allah terus menyelamatkan manusia. 
Allah membuat perjanjian tidak akan lagi mendatangkan air bah. 

Kejadian 9:11 
Maka Kuadakan perjanjianKu dengan kamu, bahwa sejak ini tidak ada yang hidup yang akan dilenyapkan oleh air bah lagi, dan tidak akan ada lagi air bah untuk memusnahkan bumi. 

Kemudian Allah mengutus nabi-nabi untuk menasehati manusia agar tidak berbuat dosa lagi dan mendekat kepada Tuhan Allah namun manusia kurang menanggapinya. 

Sampai akhirnya Tuhan Allah berencana mengutus PuteraNya menyelamatkan manusia maka diutuslah nabi-nabi untuk menyampaikan kedatangan Mesias. 

Darisinilah dirancang kelahiran Maria dan kemudian dipersiapkan menjadi ibu dari Sang Mesias yang menjadi manusia di dalam diri Yesus. 

Yohanes 1:14 
Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaanNya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepadaNya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran

Sedemikian dalam Tuhan mengasihi kita, apakah kita masih tidak menanggapinya dan mencari kasih dari dunia ini. 

Padahal Kasih Tuhan Allah adalah Kasih Agape, Kasih yang Kekal tercurah kepada kita karena Tuhan Allah sangat mengasihi kita manusia. 

Kesimpulan 

Rencana Tuhan Allah atas diri Maria sudah digenapi. 
Maria menanggapi panggilan Allah dan sudah menyelesaikan tugasnya. 

Oleh sebab itu, 
seharusnya kita tetap yakin kepada Tuhan Allah bahwa rancanganNya atas hidup kita adalah semata-mata untuk kebaikan kita. 

Apabila saat ini keadaan hidup anda sedang menuruni lembah maka sabarlah Tuhan akan menyertaimu untuk menaiki gunung yang tinggi. 

Maria dengan segala penderitaannya selama menyertai Yesus di dunia ini, menerima Anugerah dari Allah atas kesetiaannya melaksanakan tugasnya sebagai ibu Yesus. 

Demikian hendaknya kita bersikap setia seperti Maria setia kepada Yesus agar kita menerima Anugerah Allah yakni beroleh hidup yang kekal di Sorga. 

Segala penderitaan tatkala mengerjakan tugas perutusan, terima sajalah sebab kita yakin Tuhan Allah menyertai kita agar dapat menyelesaikan tugas seperti Maria yang dipilih Allah untuk genapi suatu Maha Karya Penyelamatan. 

Roma 8:29 
Sebab semua orang yang dipilihNya dari semula, mereka juga ditentukanNya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran AnakNya, supaya Ia, AnakNya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara

Roma 8:30 
Mereka yang ditentukanNya dari semula, mereka itu juga dipanggilNya. Dan mereka yang dipanggilNya, mereka itu juga dibenarkanNya. Dan mereka yang dibenarkanNya, mereka itu juga dimuliakanNya. 

REFLEKSI DIRI 

Apakah aku meneladani Maria yang taat kepada Allah, dimulai saat kelahirannya hingga menerima Anugerah Allah yakni kehidupan kekal di Sorga? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ ============

Kalender Liturgi Katolik 
Pesta Kelahiran SP Maria 
Warna Liturgi : Putih 

Mikha 5:1-4a 
Roma 8:28-30 
Mazmur 13:6 
Matius 1:1-16,18-23 
BcO : Kejadian 3:9-20 
          Sirakh 24:2-12,16-22 

============= ☆☆☆ ============

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com