Selasa, 13 September 2016

KITA ADALAH TUBUH KRISTUS










Selasa, 13 September 2016 

Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya
         (1Korintus 12:27) 


Kesatuan umat kristiani di dalam Tubuh Kristus adalah sangat penting sebab hal ini menunjukan kedewasaan rohani yang berpusat kepada Yesus Kristus. 

Rasul Paulus mengingatkan kepada jemaat di Korintus tentang hal ini sebab mereka terpecah-belah oleh pemahaman yang berbeda tentang ajaran Kristus. 
(baca 1 Korintus pasal 3). 

1 Korintus 3:5,9 
Jadi, apakah Apolos? Apakah Paulus? Pelayan-pelayan Tuhan yang olehnya kamu menjadi percaya, masing-masing menurut jalan yang diberikan Tuhan kepadanya. Karena kami adalah kawan sekerja Allah; kamu adalah ladang Allah, bangunan Allah. 

Seringkali perbedaan pemikiran dan cara melakukan pelayanan menyebabkan timbulnya gesekan di antara sesama anggota tubuh Kristus. 

Hendaklah tidak mengakibatkan perpecahan bila masing-masing pelayan Tuhan sadari akan tujuan melayani adalah membawa orang lain datang kepada Yesus dan mengalami Kasih Tuhan dalam hidupnya

Demikian juga dalam hal pembaptisan, rasul Paulus mengatakan bahwa : 

1 Korintus 12:13 
Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh. 

Rasul Paulus menasehati jemaat di Korintus agar mereka bersatu padu dan masing-masing mereka telah menerima Anugerah Karunia dari Tuhan Allah untuk membangun jemaat. 

 1 Korintus 12:28 
Allah telah menetapkan beberapa orang dalam Jemaat: pertama sebagai rasul, kedua sebagai nabi, ketiga sebagai pengajar. Selanjutnya mereka yang mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, untuk menyembuhkan, untuk melayani, untuk memimpin, dan untuk berkata-kata dalam bahasa roh

Setiap orang yang terlibat dalam suatu pelayanan rohani, diberikan karunia oleh Tuhan Allah untuk memperlengkapi diri di saat melaksanakan tugas perutusan maupun tugas pelayanan. 

1 Korintus 12:29-30 
Adakah mereka semua rasul, atau nabi, atau pengajar? Adakah mereka semua mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, atau untuk menyembuhkan, atau untuk berkata-kata dalam bahasa roh, atau untuk menafsirkan bahasa roh? 

Suatu berita gembira bagi kita yang mau terlibat dalam pelayanan rohani bahwa kita bisa memohon Anugerah Tuhan agar diberikan karunia-karunia Roh untuk membangun umat. 

1 Korintus 14:12 
Kamu memang berusaha untuk memperoleh karunia-karunia Roh, tetapi lebih dari pada itu hendaklah kamu berusaha mempergunakannya untuk membangun Jemaat

Ada beberapa karunia Roh, yaitu :  

1) karunia berkata-kata dengan hikmat 
2) karunia berkata-kata dengan 
     pengetahuan 
3) karunia iman 
4) karunia untuk menyembuhkan 
5) kuasa untuk mengadakan mujizat 
6) karunia untuk bernubuat 
7) karunia untuk membedakan 
     bermacam-macam roh (=discerment) 
8) karunia untuk berkata-kata dengan 
     bahasa roh 
9) karunia menafsirkan bahasa roh 
(baca 1Korintus 12:8-10)

Suatu realita yang terjadi di kalangan umat katolik yang merasa "alergi" pada karunia berbahasa roh dan menganggap aneh, bahkan tak jarang menghakiminya dengan mengatakan : itu sesat. 

Sudah waktunya umat katolik beranjak dari kebiasaan tidak tertarik membaca Sabda Tuhan di Alkitab dan terpaku hanya pada devosi-devosi saja. 

Masih buanyak kekayaan rohani di gereja katolik yang perlu kita dalami dan maknai untuk pertumbuhan iman kita supaya tergerak hati terlibat aktif dalam kegiatan pelayanan di lingkungan, paroki ataupun di komunitas rohani lainnya. 

Iman kita membutuhkan asupan Sabda Tuhan dan nafas doa yang lahir dari kedalaman hati kita dan tidak hanya doa hafalan atau doa tekstual saja. 

Sudah puluhan tahun kita umat katolik hanya tertarik devosi, liturgi ekaristi dan sekarang mulai ramai beradorasi. 
Atau 
kesana kemari mengejar rohaniwan dan orang awam yang terkenal mempunyai karunia penyembuhan, karunia mukjijat, dan yang bisa mengusir roh jahat. 

Tidak tergerakkah anda umat katolik untuk memohon karunia-karunia Roh agar melengkapi iman semakin kuat mengatasi masalah di dalam hidup anda dan juga untuk menopang perbuatan kasih melalui pelayanan kepada sesama 

Demikian juga, 
Tidak tergerakkah anda umat katolik untuk membangun relasi intim dengan Tuhan Allah di dalam doa penyembahan, doa pujian, bersaat teduh bersamaNya. 

Bukan berarti apa yang anda lakukan sekarang ini tidak benar ...bukan itu maksudnya tapi alangkah bijaksananya jika kita meneladani Yesus yang terus memberitakan Injil dan melayani banyak orang dengan perbuatan KasihNya. 

Mari kita renungkan : 
Apa saja yang telah diperbuat selain pergi ke gereja dan memberikan kolekte seminggu sekali, berdoa sehari 3x, dan berdevosi kepada Bunda Maria yang isinya berjuta permohonan meminta Bunda Maria menyampaikan kepada Yesus, segala keinginan dapat rejeki dan sebagainya. 

Tidak cukup kita kagumi Santo-Santa dan seminggu yang lalu, Bunda Teresa ditetapkan sebagai Santa. 

Bacalah Sabda Tuhan di Alkitab, 
Yesus dan para Rasul serta murid2 lain begitu bersemangat memberitakan Injil dan melayani dengan rela mati demi menyelamatkan orang lain. 

Mengapa hanya menonton dan melipat tangan seraya berdecak kagum melihat mukjijat dan mendengar kesaksian hidup seperti Santa Teresa dari Kalkuta yang melayani orang-orang miskin dan yang terkucilkan dari masyarakat. 

Bukankah Yesus meminta kita untuk segera melayani sesama dan hasilkan buah-buah pelayanan. 

Yohanes 15:12-14 
Inilah perintahKu, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya. Kamu adalah sahabatKu, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu

Mosok sepanjang hidup hanya meminta diberkati Tuhan tetapi tidak memberkati orang lain ..begitu egoiskah hanya fokus pada kepentingan diri sendiri? 

Tidak adakah belas kasihan di hati kita menyaksikan betapa banyak orang lain yang menderita sedangkan anda sedang berpesta-pora menumpuk harta dunia dan sedang asyik berliburan berwisata dimana orang lain sedang mengais makanan sisa dari tong sampah???? 

Seperti yang kita baca dari Injil hari ini, bagaimana seorang janda ditinggal mati oleh anaknya satu-satunya dan juga oleh suaminya sebelum kematian anaknya. 

Coba bayangkan kesedihan janda ini dan bersyukurlah karena banyak orang mau menolong hendak menguburkan anaknya 

Lukas 7:12 
Setelah Yesus dekat pintu gerbang kota, ada orang mati diusung ke luar, anak laki-laki, anak tunggal ibunya yang sudah janda, dan banyak orang dari kota itu menyertai janda itu. 

Melihat hal ini, Yesus berbelas kasihan dan segera membangkitkan anak ini dan hidup kembali. 

Lukas 7:13-15 
Dan ketika Tuhan melihat janda itu, tergeraklah hatiNya oleh belas kasihan, lalu Ia berkata kepadanya: "Jangan menangis!" Sambil menghampiri usungan itu Ia menyentuhnya, dan sedang para pengusung berhenti, Ia berkata: "Hai anak muda, Aku berkata kepadamu, bangkitlah!" Maka bangunlah orang itu dan duduk dan mulai berkata-kata, dan Yesus menyerahkannya kepada ibunya. 

Itulah gunanya ada orang yang tergerak hatinya untuj melayani orang lain yang sedang kesusahan. 

Kitapun dapat berbuat banyak menolong orang lain jika saja mau dan yakinlah Tuhan Allah akan mencurahkan Kuasa dan memberikan karunia-karuniaNya. 

Markus 16:17-18,20 
Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi namaKu, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh." Merekapun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya. 

Tunggu apalagi, 
yuk kita pergi kita diutus ! 

Kita ini satu tubuh di dalam Kristus Yesus maka sudah sepantasnya kita mau pergi diutus dan melayani sesama. 

Hendaknya kita tidak disibukkan oleh urusan dunia yang cenderung akan menghalangi dan menghambat kita melakukan tugas perutusan/pelayanan. 

Jika Yesus bertanya kepada anda, 
seperti Yesus bertanya kepada Petrus : 

Yohanes 21:17 
Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?" Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: "Apakah engkau mengasihi Aku?" Dan ia berkata kepadaNya: "Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-dombaKu. 

Kita juga bisa mencontoh teladan dari Santo Yohanes Krisostomus yang rela mati sebagai saksi Kristus dimana beliau semula ahli pidato, kemudian wartakan Injil dan juga melalui tulisan-tulisannya yang memperjuangkan keadilan. 

Gereja Katolik menghormati perjuangan beliau dan menetapkan hari ini untuk memperingati Yohanes Krisostomus. 

Saking hebatnya beliau berkhotbah dan tulisannya berbobot maka diberi gelar : 
Krisostomus = si mulut emas. 

Bagaimana dengan anda ? 


REFLEKSI DIRI 

Apakah aku sebagai bagian Tubuh Kristus mau diutus dan yakin bahwa Tuhan memperlengkapiku dengan kuasa dan karunia-karunia Roh ? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ ============

Kalender Liturgi Katolik 
PW St Yohanes Krisostomus 
Warna Liturgi : Putih 

1 Korintus 12:12-14,27-31a 
Mazmur 100:2-5 
Lukas 7:11-17
BcO : Ester 4:1-16 

============= ☆☆☆ ============

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com